Cara Mencegah Osteoporosis

Tubuh kita disangga oleh ratusan tulang yang berdiri dengan kokoh. Namun, seiring berjalannya waktu dan berbagai faktor, kepadatan tulang kita juga akan mengalami penurunan. Penurunan kepadatan tulang ini dinamakan dengan osteoporosis.

Bayangkan jika tulang kamu sudah tidak padat lagi seperti biasanya. Pastinya akan mudah rapuh dan patah, kan? Jika kamu tidak ingin hal ini terjadi, kamu perlu melakukan beberapa cara mencegah osteoporosis dengan tepat. Apa saja itu? Yuk cari tahu selengkapnya berikut ini!

Apa itu osteoporosis?

Penyakit osteoporosis adalah penyakit yang membuat tulang menjadi lemah dan mudah patah. Penyakit ini terkadang sulit diketahui sedini mungkin. Sebab, kebanyakan kasus baru diketahui setelah penderitanya mengalami masalah pada tulang mereka. Misalnya, retak atau bahkan patah ketika mengalami benturan, baik ringan hingga berat.

Penyakit tulang ini membuat tulang yang seharusnya kuat dan mampu menopang berat tubuh manusia menjadi lebih lemah. Sehingga, di banyak kasus penderita mungkin mengalami nyeri di bagian punggung.

Nah, jika kamu berpikir bahwa penyakit ini hanya diderita oleh orang yang sudah tua, kamu salah besar. Penyakit ini ternyata bisa terjadi pada siapa saja. Meskipun begitu, wanita yang sudah memasuki fase menopause memang cenderung lebih mudah terkena masalah ini. Nah, selagi masih muda, ada baiknya melakukan cara mencegah osteoporosis sedini mungkin.

Penyebab osteoporosis

Sebelum mengetahui obat dan cara mencegah osteoporosis, kamu perlu mengetahui beberapa penyebabnya. Faktor utama yang menyebabkan masalah kelainan tulang ini adalah usia seseorang. Ketika sudah berusia lanjut, maka tubuh mulai kehilangan kemampuan untuk regenerasi sel tulang. Maka, bagian dalam tulang menjadi rapuh dan tidak padat lagi.

Pada dasarnya ini adalah penyakit di usia senja. Namun, ada faktor penyebab lain yang bisa memicu osteoporosis selain umur, seperti:

  • Memiliki genetik keluarga yang juga menderita osteoporosis
  • Cenderung dialami oleh wanita terutama yang sudah menopause
  • Masalah kurangnya asupan kalsium dan vitamin D
  • Gangguan absorbsi hormonal dan menderita beberapa penyakit khusus
  • Merokok dan kecanduan alkohol
  • Memakai obat-obatan dengan bahan dasar kortikosteroid dalam waktu panjang
  • BMI atau indeks massa tubuh dibawah normal
  • Jarang berolahraga

Gejala osteoporosis

Untuk mengetahui gejala osteoporosis sedini mungkin dan mencegah osteoporosis, kamu perlu melakukan medical check up. Namun, sangat jarang orang yang mau rutin melakukan medical check up. Untuk itu, ada beberapa gejala osteoporosis yang bisa kamu kenali sedini mungkin, di antaranya:

  • Nyeri pada bagian punggung. Hal ini disebabkan oleh kemungkinan tulang punggung mengalami keretakan atau bahkan patah.
  • Tulang kamu mudah retak dan patah walaupun hanya terkena benturan yang tidak terlalu keras.
  • Gigi menjadi lebih mudah keropos.
  • Kekuatan genggaman tangan menjadi lebih lemah.
  • Postur tubuh kamu tidak simetris dan membungkuk.
  • Kuku juga mudah patah namun kekuatan kuku juga dipengaruhi oleh banyak hal.
  • Tinggi badan kamu akan berkurang.

Jika, kamu mengalami beberapa gejala di atas, ada baiknya kamu konsultasikan pada dokter dan melakukan medical check up. Dengan medical check up kamu bisa lebih cepat mengetahui kondisi tulang kamu dan segera mengambil tindakan yang tepat.

Obat osteoporosis

Lantas, apa saja obat yang bisa digunakan untuk mengatasi osteoporosis? Pengobatan dipertimbangkan sesuai dengan tingkat keparahan penyakit tersebut. Obat yang biasanya digunakan untuk mengatasi osteoporosis, adalah:

  • Bifosfonat
  • Kalsitonin
  • Estrogen
  • Hormon paratiroid (PTH)

Cara mencegah osteoporosis

Walaupun penyakit ini berkaitan dengan usia, bukan berarti tidak ada yang bisa kamu lakukan untuk mencegahnya. Ada beberapa cara mencegah osteoporosis, yaitu:

  1. Lakukan olahraga secara teratur. Jika kamu melakukan olahraga secara rutin seperti 2 kali dalam seminggu, maka hal itu akan melatih massa tulang. Ini bisa menghindari kerapuhan tulang sedari dini.
  2. Lakukan pemeriksaan secara rutin apalagi jika kamu adalah wanita yang sudah menopause.
  3. Jangan sampai kekurangan kalsium. Kamu bisa konsumsi bahan makanan sumber kalsium seperti susu, keju, daging, kacang-kacangan, atau sayuran hijau.
  4. Cukupi kebutuhan vitamin D. Salah satu caranya adalah berjemur di pagi hari.
  5. Jauhi zat-zat berbahaya, baik dari makanan maupun dari skincare.
  6. Upayakan tidak terlalu sering terbentur atau terjatuh.

Osteoporosis adalah penyakit tulang yang sering terjadi tanpa disadari oleh orang banyak. Jika kamu memiliki kecenderungan untuk terkena penyakit osteoporosis, ada baiknya segera terapkan cara mencegah osteoporosis yang telah diulas, ya. Ingat, lebih baik mencegah daripada mengobati.

Share artikel ini
Reference