kalori kopi kenangan

Siapa nih yang senang minum kopi kekinian seperti kopi kenangan? Kopi memang menjadi teman bekerja yang dapat menahan ngantuk seharian. Tapi, buat kamu yang senang mengkonsumsi kopi kekinian seperti ini, tahu belum sih berapa kalori kopi kenangan? Yuk, ketahui jawabannya pada ulasan berikut.

Kalori produk kopi kenangan

Setiap produk kopi kenangan memiliki kalori yang berbeda, ini karena kandungan bahan pada tiap menunya yang beragam, Berikut jumlah kalori kopi kenangan untuk setiap produknya.

  1. Kopi kenangan mantan (200 ml) mengandung 150 kalori
  2. Salted Caramel Macchiato (200g) mengandung 130 kalori
  3. Hanya Untukmu Black Aren (220ml) mengandung 190 kalori
  4. Mantancino (220g) mengandung 160 kalori
  5. Avocuddle (220g) mengandung 160 kalori

Penasaran, Ini Kalori Kopi Susu Yang Sering Kamu Minum

Rata-rata kalori kopi kekinian

kalori kopi kekinian

Selain kalori kapi kenangan, kamu juga perlu tahu nih berapa sih rata-rata kalori kopi kekinian? Kopi kekinian sendiri biasanya terdiri dari kopi, susu, gula aren atau gula putih dan kandungan lainnya. 

Salah satu jenis kopi yang biasanya disajikan dalam kopi kekinian adalah kopi dalam bentuk espresso. Kopi ini terbuat dari biji kopi yang digiling menggunakan semburan air panas. Jenis kopi espresso ini memiliki kandungan kafein yang tinggi. Selain itu, dalam setiap satu cangkir shot espresso memiliki kandungan kalori sebesar 5 mg kalori, nol protein serta 80-120 kafein.

Jenis kopi yang satu ini ternyata dapat bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Ini karena kandungan kafein yang terdapat di dalam espresso bisa merangsang sistem saraf pusat serta dapat membantu meningkatkan kinerja sebelum olahraga.

Kopi kekinian juga memiliki kandungan susu di dalamnya. Susu sendiri memiliki kandungan kalium yang bagus untuk tulang dan gigi. Namun, perlu diingat bahwa kadar kalsium dalam susu yang dicampur dengan kopi akan berkurang. 

Untuk jumlah kalori susunya sendiri juga berbeda untuk tiap jenis susu, yakni untuk susu non lemak memiliki kalori 75 kkal, sedangkan untuk susu full cream memiliki kandungan 120 kalori.

Kalori pada kopi kekinian juga bisa lebih besar karena adanya tambahan komponen lain seperti gula dan berbagai topping lainnya.

Kalori Kopi Hitam, Minuman Diet yang Serba Bisa Dan Banyak Manfaat

Cara pilih jenis kopi yang lebih sehat dan tak bikin gendut

Setelah mengetahui kalori kopi kenangan dan kopi kekinian lainnya, kamu perlu tahu nih gimana sih cara memilih jenis kopi yang lebih sehat biar gak bikin gendut. Ini dia caranya.

1. Pilih kopi hitam tanpa tambahan gula atau krim

Kopi hitam mengandung sedikit kalori dan kolesterol, sehingga lebih aman untuk dikonsumsi bagi yang sedang diet atau ingin menjaga berat badan.

Hindari menambahkan gula putih maupun gula merah. Pasalnya, gula tidak sehat dan hanya mengandung kalori kosong dan tidak memiliki nutrisi. Selain itu, menambahkan gula juga dapat meningkatkan jumlah kalori pada kopi kamu.

2. Pilih biji kopi berkualitas tinggi

Biji kopi berkualitas tinggi cenderung memiliki rasa yang lebih kuat dan kaya, sehingga kamu mungkin tidak perlu menambahkan gula atau susu untuk menikmati rasanya.

3. Kurangi konsumsi kopi instan

Sebaiknya kurangi kopi instan  atau kopi yang sudah dicampur dengan gula dan susu. Kopi instan cenderung mengandung banyak bahan tambahan dan pengawet, yang bisa merusak kesehatan tubuh.

Jika ingin menambahkan gula, cobalah menggunakan pemanis alami seperti madu atau stevia. Jangan menggunakan gula tambahan yang mengandung kalori tinggi.

4. Jangan minum kopi terlalu banyak

Membatasi jumlah konsumsi kopi juga sangat penting. Kopi mungkin dapat meningkatkan metabolisme dan membakar kalori tubuh. Namun, jika dikonsumsi berlebih dapat menyebabkan sakit perut, meningkatkan kadar asam darah, detak jantung dan masalah kesehatan lainnya.

5. Jangan tambahkan terlalu banyak susu

Susu memang dapat meningkatkan kelezatan rasa kopi. Ini sebabnya, banyak kopi kekinian menggunakan tambahan susu di dalamnya. Namun, menambahkan susu terlalu banyak dalam kopi bisa menambah kalori. 

Sebaiknya, batasi tambahan susu ini dengan maksimal 3-4 sendok teh susu dalam satu cangkir kopi.

6. Hindari mengkonsumsi kafein setelah jam 2 siang

Kopi memang sering dikonsumsi saat siang hari untuk menghilangkan rasa ngantuk. Pasalnya, secangkir kopi dapat meningkatkan energi dan konsentrasi. Namun, mengkonsumsi kopi setelah jam 2 siang sebaiknya dihindari. 

Pasalnya, ini dapat mengganggu tidur dan membuat kamu terjaga sampai larut malam. Bahkan dapat berpengaruh pada fungsi otak. Jika ingin mengkonsumsi kopi lebih dari jam 2 siang, pilihlah kopi tanpa kandungan kafein.

—-

Penulis: Intan Dwiyanti

Share artikel ini
Reference