sit up adalah

sit up

Berolahraga adalah salah satu cara yang paling mudah dilakukan untuk memiliki tubuh yang sehat. Namun, tidak banyak orang yang rutin berolahraga saat ini. Padahal, manfaat olahraga sendiri bisa menyehatkan tubuh dari luar maupun dalam.

Nah, salah satu jenis olahraga yang bisa kamu lakukan di rumah adalah sit up. Sit up adalah gerakan yang biasanya didesain untuk melatih otot perut.

Selain melatih otot perut, manfaat sit up adalah membakar kalori yang berlebihan. Jadi, jika kamu mencari jenis olahraga yang mudah, murah, dan menguntungkan, maka sit up adalah jawabannya.

Lalu, bagaimana cara melakukan sit up? Apakah olahraga ini boleh dilakukan jika seorang wanita sedang mengalami menstruasi? Yuk, kupas tuntas semua jawabannya di artikel ini!

Jadi, sit up adalah …

Termasuk ke salah satu jenis olahraga yang cukup klasik, sit up adalah gerakan untuk melatih otot perut yang dilakukan dengan cara berbaring telentang dan mengangkat tubuh.

Tidak memerlukan alat untuk mendukung olahraga ini, sit up hanya memerlukan berat badanmu sendiri untuk mengencangkan otot-otot perut. Selain otot perut, fungsi sit up adalah untuk merancang otot punggung.

Agar kamu lebih yakin untuk melakukan sit up, berikut beberapa manfaat yang bisa didapat dari rutin sit up setiap harinya:

  • Mengencangkan beberapa bagian tubuh sehingga mengurangi risiko seseorang untuk terkena sakit punggung
  • Meningkatkan massa otot bagian perut, pinggul, dan punggung
  • Memberikan postur serta stabilitas tubuh yang lebih baik daripada seseorang yang tidak melakukan sit up secara rutin
  • Membantu tubuh agar terus terjaga keseimbangannya
  • Meningkatkan sirkulasi darah
  • Meningkatkan konsentrasi seseorang
  • Mengurangi stres
  • Mengurangi risiko cedera atau sakit bagian punggung
  • Menguatkan diafragma atau otot yang memisahkan perut dengan dada

Secara umum, manfaat sit up adalah mengurangi risiko timbulnya berbagai jenis penyakit tulang belakang. Itulah mengapa olahraga berjenis sit up terbilang mudah dan penting untuk dilakukan secara rutin.

Apakah saat haid tidak boleh sit up?

Namun, apakah olahraga ini bisa dilakukan kapan pun? Apakah saat haid tidak boleh sit up?

Sampai sekarang, belum ada penjelasan ahli mengenai sit up yang tidak boleh dilakukan pada saat perempuan mengalami menstruasi atau haid.

Menurut wawancara yang dilakukan tim Healthline dengan dr. Christopher Holligsworth, hormon estrogen dan progesteron yang dimiliki seorang wanita saat haid tergolong sangat rendah. Akibatnya, kamu akan merasa lebih lelah daripada hari-hari biasanya.

Namun, hal tersebut bukan menjadi acuan bahwa seseorang yang mengalami haid tidak dianjurkan sit up atau berolahraga.

Malahan, olahraga ringan seperti sit up saat mengalami menstruasi sangat boleh dilakukan, lho. Namun jika badanmu merasa kelelahan, kegiatan sit up boleh diberhentikan dahulu.

Nah, melakukan olahraga seperti sit up secara rutin mampu membuat peredaran darah di tubuh menjadi lebih lancar.

Akibatnya, keram yang biasa dirasakan saat menstruasi akan berkurang. Serta, aliran menstruasi pun menjadi lebih lancar.

Pada intinya, tidak ada aturan yang melarang seseorang untuk berolahraga atau melakukan sit up pada saat haid. Tetapi, frekuensi berolahraga bisa dikurangi jika memang kamu merasa lemas saat haid.

Cara melakukan sit up

Jadi, olahraga sit up yang terbilang ringan ini sangat boleh dilakukan kapan pun kamu menginginkannya. Maka dari itu, agar latihan sit up-mu semakin lancar, kamu dapat mengikuti langkah-langkah sit up seperti berikut ini:

  • Berbaring telentang di permukaan yang rata dengan posisi lutut ditekuk
  • Selipkan bagian dagu ke arah area dada. Tujuannya, agar bagian belakang leher menjadi lebih panjang
  • Silangkan kedua tangan di belakang kepala dengan posisi telapak tangan di samping kepala
  • Angkat tubuh bagian atas ke dekat paha dan buang napas secara teratur
  • Tarik napas kembali secara teratur saat tubuh kembali ke lantai

Dengan melakukan sit up secara rutin, kamu bisa mendapatkan berbagai manfaat yang tentunya dibutuhkan tubuh juga. Apalagi, postur tubuh bisa menjadi lebih stabil jika kamu sit up, lho.

Intinya, melakukan sit up adalah salah satu kebiasaan yang bisa kamu lakukan mulai dari sekarang.

Share artikel ini
Reference