Apakah kamu tahu tanaman sereh? Banyak orang menggunakannya sebagai bahan masakan ataupun aromaterapi. Selain itu, tanaman multifungsi ini mudah sekali ditemukan dan sering digunakan sebagai bahan produk kosmetik, salah satunya sabun. 

Namun, tahukah kamu bahwa rebusan daun sereh bisa memberikan manfaat bagi kesehatan? Penasaran apa saja manfaatnya? Maka, simak artikel berikut sampai selesai, ya!

Apa itu sereh?

Sereh adalah tanaman tropis asli Asia Tenggara yang tinggi dan bertangkai serta memiliki aroma yang segar. Selain digunakan sebagai bahan masakan, sereh juga sering digunakan dalam aromaterapi untuk menyegarkan udara, mengurangi stres, dan meningkatkan mood.

Serai juga digunakan sebagai obat tradisional yang berfungsi untuk meningkatkan kualitas tidur, menghilangkan rasa sakit, dan meningkatkan kekebalan tubuh. 

Kandungan daun sereh untuk kesehatan

Serai mengandung beberapa nutrisi dan senyawa berikut ini.

  • Kalori
  • Karbohidrat
  • Zat besi
  • Kalsium
  • Vitamin C
  • Flavonoid
  • Fenolik
  • Quercetin

9 Manfaat rebusan daun sereh

manfaat sereh

Banyak orang percaya bahwa rebusan daun sereh menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan. Namun, masih diperlukan banyak penelitian untuk membuktikannya. Di bawah ini adalah delapan manfaat rebusan daun sereh.

1. Menangkal radikal bebas

Menurut Health Line, sereh mengandung antioksidan yang bisa membantu menangkal radikal bebas penyebab penyakit. Antioksidan dapat mencegah disfungsi sel di dalam arteri koroner.

2. Mengobati infeksi mulut dan gigi berlubang

Sereh memiliki sifat anti mikroba yang berguna untuk mengobat infeksi mulut dan gigi berlubang. Sifat anti mikroba ini dapat melawan bakteri Streptococcus mutans, yaitu bakteri yang menyebabkan kerusakan pada gigi.

3. Mengurangi risiko kanker

Sereh memiliki kemampuan anti kanker yang cukup kuat. Beberapa komponennya dapat membantu melawan kanker. Teh sereh kadang-kadang digunakan sebagai terapi tambahan selama kemoterapi dan radiasi.

4. Mengatasi masalah pencernaan

Air rebusan sereh dapat dijadikan obat untuk mengatasi sakit perut, kram perut, dan masalah pencernaan lainnya. Sebuah studi yang dilakukan tahun 2012 menunjukkan bahwa sereh juga efektif mengatasi tukak lambung.

Baca juga: Jenis Penyakit Pencernaan yang Perlu Kamu Ketahui!

5. Bertindak sebagai diuretik

Dalam dunia kesehatan, sereh dikenal sebagai diuretik. Diuretik bisa membuat seseorang sering buang air kecil, sehingga membersihkan tubuh dari kelebihan cairan dan natrium.

Diuretik sering diresepkan jika kamu mengalami gagal jantung, gagal hati, atau edema.

6. Mengatasi tekanan darah tinggi

Cara Menurunkan Hipertensi di Usia Muda

Mereka yang minum air rebusan sereh dapat mengalami penurunan tekanan darah sistolik dan sedikit peningkatan tekanan darah diastolik.

Namun, penggunaan sereh disarankan hanya digunakan secukupnya. Agar, kamu dapat terhindar dari penurunan detak jantung yang berbahaya atau peningkatan tekanan diastolik.

Baca juga: Cara Menurunkan Darah Tinggi yang Ampuh! 

7. Menurunkan berat badan

Air rebusan sereh dapat digunakan sebagai teh detoks untuk menurunkan berat badan. Walaupun begitu, sebagian besar penelitian tentang sereh dan penurunan berat badan bersifat anekdot, bukan ilmiah.

Sereh merupakan diuretik alami, sehingga jika kamu meminumnya, kemungkinan besar berat badanmu akan turun.

8. Meringankan gejala PMS

Manfaat air rebusan sereh selanjutnya adalah untuk meringankan gejala PMS. Air rebusan sereh juga dijadikan sebagai obat alami untuk mengatasi gejala PMS, seperti kram, kembung, dan hot flashes. 

9. Meredakan kecemasan

Teh sereh dapat mengurangi kecemasan. Aroma sereh dapat membantu orang yang memiliki kecemasan dan stres. Namun, para peneliti masih memerlukan lebih banyak bukti untuk mengkonfirmasi manfaat ini.

Baca juga: Cara Mengatasi Gangguan Kecemasan untuk Wanita

Risiko mengonsumsi sereh untuk rahim wanita

Mengonsumsi sereh memang dapat memberikan manfaat bagi kesehatan. Namun, sebenarnya mengonsumsi sereh dapat menimbulkan risiko pada wanita, terutama mereka yang sedang hamil.

Sebab, apabila sereh dikonsumsi ibu hamil dalam jumlah yang terlalu banyak, hal ini dapat meningkatkan risiko keguguran, kelahiran prematur, dan berat badan bayi lahir yang rendah.

Selain itu, mengonsumsi sereh dalam jumlah yang terlalu banyak dapat berdampak buruk pada liver. Maka dari itu, ketika ingin mengonsumsi sereh, sebaiknya secukupnya saja. Agar lebih aman, kamu bisa menanyakannya dengan dokter.

Air rebusan daun sereh merupakan minuman herbal yang tergolong aman sehat. Selain itu, sangat mudah untuk menemukannya.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa sereh memiliki sifat anti inflamasi, anti mikroba, dan anti kanker. Namun, diperlukan lebih banyak penelitian mengenai penggunaan air rebusan sereh. Agar lebih aman, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsinya, ya.

Share artikel ini
Reference