cara mengatasi gangguan kecemasan

Kecemasan dan kekhawatiran yang datang dalam kehidupan manusia memang merupakan hal yang wajar dan wajar terjadi, apalagi sebagai makhluk Tuhan yang dikaruniai otak dan pikiran yang dalam, tentunya manusia akan sering merasa cemas terhadap hal-hal yang telah atau akan terjadi.

Namun jika seseorang selalu merasa khawatir atau cemas akan banyak hal secara berlebihan, tentunya juga tidak normal dimana kecemasan yang berlebihan ini akan membuat seseorang mengalami gangguan jiwa. Itu sebabnya dalam artikel ini, kita akan berbicara tentang gangguan kecemasan umum dan semua itu.

Kecemasan merupakan respon alami tubuh terhadap stres yang dipengaruhi oleh berbagai faktor. Ini normal sebagai bagian dari kehidupan manusia. Namun, jika kecemasan sering terjadi, tidak terkendali, dan memengaruhi kualitas hidup kamu. Lantas, bagaimana cara mengatasi gangguan kecemasan? Yuk cari tahu selengkapnya di bawah ini!

Gangguan kecemasan adalah

Gangguan kecemasan merupakan salah satu jenis gangguan jiwa kronis yang terjadi ketika seseorang merasa selalu khawatir atau cemas terhadap segala macam hal yang ada di dalam dirinya dan disekitarnya.

Pasien tidak mampu mengatasi atau mengontrol kecemasan dan kekhawatirannya sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari orang tersebut.

Kecemasan dan kekhawatiran yang ada pada penderitanya tidak hanya kecemasan terhadap lingkungan sekitar, hubungan sosial, tetapi dapat juga kecemasan terhadap bencana alam yang belum, akan atau telah terjadi, kecemasan terhadap kondisi keuangan, kesehatan, urusan keluarga, pekerjaan. , masalah sekolah dan sebagainya.

Gangguan ini banyak ditemukan pada mereka yang sudah dewasa sekitar usia 35 tahun sampai 59 tahun dimana pada usia ini merupakan usia produktif seseorang dan usia dimana seseorang biasanya sudah memiliki keluarga atau bahkan tanggung jawab yang lebih besar dalam hidupnya baik dalam pekerjaan maupun di dalam keluarga.

Cara mengatasi gangguan kecemasan yang aman

Gangguan kecemasan

Agar tidak semakin parah, ada beberapa cara mengatasi yang bisa kamu terapkan. Beberapa cara untuk mengatasi gangguan kecemasan antara lain sebagai berikut.

Selain pengobatan dan psikoterapi, ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan secara mandiri dan terbukti membantu mengurangi gejala gangguan kecemasan, yaitu:

1. Fokus pada aktivitas yang dilakukan

Saat kamu merasa cemas, fokus kamu akan terganggu. Jika ini terjadi, cobalah untuk kembali fokus pada apa yang akan kamu lakukan. Misalnya, jika ada jadwal untuk membersihkan rumah atau mencuci pakaian, lakukanlah.

Jika kamu memiliki janji dengan teman-teman, tetap pergi. Duduk diam tidak melakukan apa-apa dan mengkhawatirkan apa yang mungkin terjadi hanya akan memperburuk kecemasan.

2. Sesuaikan pola makan dan istirahat kamu

Setelah kecemasan hilang, kamu dapat mengambil beberapa tindakan pencegahan untuk mencegah kecemasan ini datang kembali dan lepas kendali. Kamu bisa atur pola makan serta istirahat yang cukup. Pasalnya, hal ini pola makan yang sehat, serta istirahat yang cukup akan memberi dampak secara fisik dan psikis kedepannya.

3. Tetap aktif secara fisik

Gangguan kecemasan bukanlah penghalang untuk melakukan sesuatu. Kamu juga perlu mengembangkan rutinitas positif yang membuat tubuh kamu tetap aktif. Ini bisa menjadi cara untuk mengurangi kecemasan.

Cobalah berolahraga secara teratur. Kegiatan tersebut tidak hanya dapat meningkatkan kesehatan fisik, tetapi juga dapat menjadi cara untuk mengurangi gejala kecemasan dan meningkatkan mood.

4. Hindari kafein dan alkohol

Alkohol dapat memberikan sensasi relaksasi sebagai efek jangka pendek. Namun, jika dikonsumsi terlalu sering atau berlebihan, alkohol justru bisa memperburuk gangguan kecemasan.

Konsumsi kafein, baik dalam bentuk kopi, coklat, atau teh, juga dapat memicu dan memperburuk gejala kecemasan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kopi dan teh dapat membuat seseorang merasa lebih gelisah dan sulit berkonsentrasi, terutama jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan, yaitu lebih dari 2 gelas per hari.

5. Meningkatkan kualitas tidur

Meningkatkan kualitas tidur dapat menjadi cara untuk meningkatkan kesejahteraan mental dan mengurangi kecemasan. Tubuh membutuhkan tidur untuk beristirahat dan memulihkan diri dari aktivitas sehari-hari.

Tidur yang cukup juga menjadi salah satu kesehatan fisik dan mental yang baik buat kamu. Pastikan kamu tidur 7 hingga 9 jam per hari untuk fisik dan mental yang sehat dan kuat.

Apakah gangguan kecemasan bisa sembuh?

Gangguan kecemasan ini tidak akan pernah bisa disembuhkan sepenuhnya. Meski demikian, gangguan ini sebenarnya dapat dikelola secara efektif sampai tidak lagi secara signifikan mengganggu kehidupan.

Salah satu alasan mengapa gangguan dan serangan panik tidak dapat diobati adalah karena gangguan panik memiliki berbagai macam pemicu. Satu metode dapat dikatakan berhasil pada satu pasien, sedangkan pasien lain tidak dapat disembuhkan dengan metode tersebut.

Meskipun tidak ada obat yang pasti, serangan panik dapat dikurangi melalui pengobatan, kesabaran, dan ketekunan, dan kamu dapat menemukan metode yang membantu dengan gangguan panik.

Perawatan Gangguan Kecemasan Umum

Setelah melakukan cara mengatasi gangguan kecemasan, langkah selanjutnya adalah mengetahui perawatannya. Jika kamu atau keluargamu mengalami kecemasan berlebihan terhadap banyak hal, sebaiknya segera periksakan ke psikolog terdekat agar psikolog tersebut bisa meneliti apa penyebabnya dan apa penanganan yang terbaik.

Umumnya psikolog selain mengobati mereka dengan cara konsultasi dan terapi psikologis, psikolog juga akan memberikan obat penyakit dalam yang bisa dikonsumsi untuk membantu menenangkan mereka.

Beberapa contoh obat yang dapat diberikan adalah obat antidepresan, pregabalin dan benzodiazepin.

Merawat penderita GAD tidaklah mudah, diperlukan dukungan dan dukungan dari orang-orang terdekat seperti keluarga dan teman-teman dalam mendukung mental penderita serta kesabaran dan kesabaran dalam menghadapinya.

Itulah beberapa cara mengatasi gangguan kecemasan yang bisa kamu lakukan. Jangan takut untuk memberi tahu orang yang kamu percayai. Kamu juga dapat membuat janji dengan profesional untuk memastikan kondisi kesehatan mental kamu.

Share artikel ini
Reference