ciri-ciri pembalut yang aman dari klorin

Saat ini, pembalut tersedia dalam 2 jenis, yaitu pembalut sekali pakai dan pembalut kain yang dapat dicuci ulang. Dalam pembuatannya, pembalut sekali pakai mungkin saja menggunakan kandungan seperti klorin. Lalu, seperti apa ciri-ciri pembalut yang aman dari klorin?

FYI, zat klorin yang terkandung bisa membuat pembalut terlihat putih dan bersih. Namun, apabila digunakan dalam jangka waktu lama, pembalut yang menggunakan zat klorin dapat menyebabkan masalah kesehatan pada wanita.

Oleh karena itu, yuk ketahui bahaya klorin dan ciri-ciri pembalut yang aman dari klorin di artikel berikut ini!

Bahaya klorin pada pembalut

Klorin adalah zat kimia yang umumnya digunakan sebagai bahan pembuat disinfektan yang memiliki peran penting dalam membunuh kuman dan membersihkan air.

Selain berbentuk gas, klorin juga tersedia dalam bentuk cair dan padat, bahkan digunakan dalam pembalut. Penggunaan klorin pada pembalut bertujuan untuk memutihkan serat, menciptakan tampilan yang bersih dan steril.

Namun, perlu diingat bahwa proses pemutihan serat menggunakan klorin dapat menimbulkan risiko. Proses ini dapat menghasilkan dioksin, senyawa yang sangat beracun. Meskipun kandungan dioksin dalam produk pembalut umumnya rendah, namun bukan berarti kandungan ini aman sepenuhnya. 

Melansir dari Jakarta Globe, pada 2015 lalu, masyarakat Indonesia mengecam Kementerian Kesehatan karena telah ditemukan sejumlah merk besar yang menggunakan klorin pada produk pembalut. Hal ini tentunya memicu ketakutan masyarakat.

Sebagai pihak yang menentang penggunaan klorin pada pembalut, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia menyatakan, apabila kandungan klorin terus digunakan pada pembalut, maka nantinya dapat menyebabkan ruam kulit, iritasi serta dalam jangka panjang dapat menyebabkan kanker. 

Pembalut Aman Dan Halal Untuk Wanita Muslim Indonesia

Ciri-ciri pembalut yang aman dari klorin

pembalut yang aman dari klorin dan rekomendasinya

Agar kamu tak lagi khawatir dalam menggunakan pembalut, kamu perlu mengetahui ciri-ciri pembalut yang aman dari klorin berikut ini:

1. Terbuat dari bahan alami

Pembalut yang aman dari kandungan klorin biasanya terbuat dari bahan-bahan alami, seperti kapas, bambu, atau serat tumbuhan lainnya sebagai bahan dasar. Bahan-bahan alami ini lebih ramah terhadap kulit dan lingkungan daripada bahan-bahan sintetis atau berbasis plastik.

Selain itu, pembalut yang terbuat dari bahan alami cenderung memiliki daya serap yang baik sehingga kamu merasa lebih nyaman saat menggunakan pembalut selama menstruasi.

Tak hanya itu, pembalut dengan bahan alami dapat mengurangi risiko iritasi kulit yang sering kali dialami saat menggunakan pembalut dengan bahan-bahan kimia.

2. Bebas pewangi dan pewarna tambahan

Ciri-ciri pembalut yang aman dari klorin biasanya tidak mengandung pewarna dan pewangi buatan. Pewarna dan pewangi tambahan dalam produk-produk kewanitaan, seperti pembalut atau pantyliner sering kali digunakan untuk memberikan produk tampilan dan aroma yang menarik. 

Namun, zat-zat ini dapat menyebabkan iritasi kulit dan reaksi alergi pada beberapa wanita. Oleh karena itu, pilihlah pembalut yang tidak menggunakan pewarna dan pewangi tambahan, terutama jika kamu memiliki kulit sensitif. 

3. Memiliki sertifikasi sebagai pembalut organik

Pembalut yang aman dari kandungan klorin biasanya tergolong ke pembalut organik, seperti pembalut Yoona. Produk organik sering kali lebih ramah lingkungan dan lebih aman untuk digunakan demi kesehatan wanita sehingga Yoonies tak perlu khawatir!

4. Biodegradable atau mudah terurai

Ciri-ciri pembalut yang aman dari klorin selanjutnya, yaitu pembalut yang dapat didaur ulang atau lebih mudah terurai oleh lingkungan. Ini berarti pembalut tidak akan mencemari lingkungan.

Pembalut yang mudah terurai adalah pilihan yang lebih ramah lingkungan karena dapat mengurangi dampak sampah plastik pada lingkungan dan mengurangi risiko pencemaran air serta tanah.

Jangan Salah, Ini Cara Membuang Pembalut yang Baik dan Benar

Nah, mengingat kandungan klorin dalam pembalut cukup berbahaya apabila digunakan jangka panjang, penting bagi kamu untuk memilih pembalut yang aman dari klorin dan juga berbahan organik demi menjaga kesehatan area kewanitaanmu.

Yuk, mulai beralih ke pembalut yang aman dari klorin, seperti pembalut organik Yoona!

@yoonawomen Kamu sudah menggunakan pembalut wanita yang aman belum, Yoonies? Pastikan kamu memperhatikan kesehatan area kewanitaan dengan memilih pantyliner dan pembalut yang tepat! #reproduksiwanita #kesehatanwanita #kesehatanreproduksi #sehatbugar #infokesehatan #serunyabelajar #pembalutwanita #pembalutorganik #pembalutsehat #pembalutaman #pembaluthalal #pembalutsehatwanita #pembalutsehatdanaman ♬ Natural Emotions – Muspace Lofi

Penulis: Silvia Wardatul

Share artikel ini
Reference