manfaat labu siam

i balik warnanya yang hijau dan cantik, labu siam ternyata memiliki sejuta manfaat kesehatan, lho! Sayuran yang mengandung getah ini mudah ditemukan di pasaran dan dapat dengan mudah dibuat menjadi berbagai hidangan seperti acar, gorengan, dan sayuran bening. Tertarik dengan kandungan nutrisi yang memberikan banyak manfaat baik pada labu siam? Yuk, simak penjelasannya pada artikel di bawah ini!

Apa itu labu siam?

Labu siam memiliki bentuk yang mirip dengan buah pir dengan kulit berwarna hijau muda dan sedikit berkerut. Dalam bahasa Latin, labu siam dikenal dengan nama Sechiumedule. Biasanya tanaman ini tidak hanya menjadi campuran berbagai sayuran dan lauk pauk, tetapi juga dapat dikonsumsi segera setelah dicuci.

Selain enak, kamu juga bisa mendapatkan berbagai manfaat labu siam bagi kesehatan. Hal ini dikarenakan labu siam mengandung berbagai nutrisi sehat seperti protein, serat, karbohidrat kompleks dan asam folat, serta berbagai mineral dan vitamin seperti vitamin B, vitamin C, vitamin E, zat besi, dan kalsium.

Kandungan dalam labu siam

Sebelum cari tahu apa saja manfaat labu siam bagi kesehatan, sebaiknya kamu tahu dulu apa saja kandungan yang terdapat dalam sayuran ini. Nah, pada setiap 100 gram labu siam, terdapat kandungan nutrisi sebagai berikut:

  • Energi: 30 kalori
  • Air: 92,3 gram
  • Protein: 0,6 gram
  • Lemak: 0,1 gram
  • Karbohidrat: 6,7 gram
  • Serat: 6,2 gram
  • Abu: 0,3 gram
  • Kalsium: 14 miligram
  • Fosfor: 25 miligram
  • Besi: 0,5 miligram
  • Natrium: 3 miligram
  • Kalium: 167,1 miligram
  • Tembaga: 0,16 miligram
  • Seng: 1,0 miligram
  • Beta-Karoten: 48 mikrogram
  • Karoten Total: 20 mikrogram
  • Thiamin: 0,02 miligram
  • Niasin: 0,6 miligram
  • Vitamin C: 18 miligram

Labu siam tidak hanya kaya akan karbohidrat, protein, serat, vitamin dan mineral, tetapi juga asam folat yang berguna untuk pembentukan sel dan sintesis DNA. Selain itu, sayuran ini mengandung sejumlah kecil antioksidan aglikon, poliponon, dan flavonoid, yang sangat penting untuk melawan radikal bebas.

Apa manfaat labu siam?

Nah, setelah membaca apa saja kandungan yang terdapat dalam labu siam, kamu pasti sudah tahu bahwa tanaman atau jenis sayuran yang satu ini pastinya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut beberapa manfaat labu siam yang perlu kamu ketahui:

1. Menjaga keseimbangan kolesterol

Seperti dijelaskan di atas, labu siam memiliki kandungan kalori yang rendah dan tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol. Hal ini menjadikan labu siam menjadi salah satu makanan terbaik untuk menjaga kadar kolesterol dalam batas normal.

Seperti yang mungkin kamu sudah ketahui, kolesterol tinggi dapat menyebabkan timbunan lemak di pembuluh darah, sehingga darah sulit mengalir melalui arteri. Kondisi ini dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

2. Membantu mengontrol tekanan darah tinggi

Manfaat lain dari labu siam adalah memiliki efek diuretik ringan yang membantu mengontrol tekanan darah. Studi yang diterbitkan dalam jurnal Pharmaceutical Biology mendukung manfaat labu siam pada hewan laboratorium.

Akibatnya, senyawa dalam labu siam membantu membuat pembuluh darah menjadi lebih rileks, meningkatkan aliran darah, dan menurunkan tekanan darah.

3. Mengatasi anemia

Salah satu penyebab anemia adalah kekurangan zat besi dari makanan yang kita makan sehari-hari, dan kekurangan zat besi dapat membuatmu lebih rentan terhadap anemia.

Menariknya, ternyata labu siam mengandung zat besi yang cukup bagi tubuhmu. Kandungan zat besi pada labu siam dapat membantu hemoglobin mengikat oksigen. Nah, mengonsumsi sayuran ini bisa membantumu terhindar dari gejala anemia.

4. Menangkal radikal bebas

Labu siam adalah sumber vitamin C yang sangat baik, yang bertindak sebagai antioksidan yang kuat. Antioksidan sendiri adalah zat yang membantu mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.

Kandungan vitamin C pada labu siam tidak hanya menetralkan radikal bebas, tetapi juga mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas penyebab penuaan dini pada kulit. Jadi, manfaat labu siam ini bisa membantu melindungimu dari berbagai penyakit akibat radikal bebas.

5. Membantu menghambat pertumbuhan sel kanker

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, antioksidan polifenol flavonoid yang terdapat pada labu siam berpotensi untuk menghilangkan radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh. Radikal bebas ini dapat menyebabkan pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients, senyawa dalam labu siam dapat membantu menghambat pertumbuhan dan perkembangan sel kanker dalam tubuh.

6. Merawat kesehatan organ hati

Manfaat labu siam selanjutnya adalah untuk mengobati kesehatan hati. Efektivitas labu siam ini telah dibuktikan dalam beberapa penelitian.

Melalui eksperimen laboratorium, Journal of Agricultural and Food Chemistry menyajikan pengamatan tentang manfaat ekstrak labu siam untuk kesehatan organ hati. Labu siam dikenal sebagai makanan kesehatan untuk pencegahan dan penyembuhan penimbunan lemak di organ hati.

Manfaat labu siam untuk diet

Kandungan serat yang tinggi pada labu siam dapat meningkatkan rasa kenyang. Selain itu, makan makanan kaya serat juga dapat meningkatkan hormon yang membuat perutmu kenyang lebih lama, seperti hormon peptida YY.

Untuk mendapatkan manfaat labu siam untuk diet, kamu bisa mengolahnya dengan cara ditumis. Tumis labu siam dengan bumbu sederhana seperti bawang putih, bawang bombay, dan garam. Setelah itu, sajikan dengan saus sesuai selera agar lebih nikmat.

Manfaat labu siam untuk ibu hamil

Kekurangan asam folat selama kehamilan menyebabkan masalah pada kesehatan bayi, termasuk cacat tabung saraf, masalah jantung, kelainan anggota badan, dan bahkan keguguran. Untungnya, kandungan asam folat pada labu siam sangat baik dalam memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil. Karena itu, jika Anda ingin menjaga kesehatan tubuh dan janin, sebaiknya masukkan labu siam dalam menu harianmu saat kamu hamil.

Apakah labu siam aman dikonsumsi setiap hari?

Meskipun manfaat labu siam untuk kesehatan sangat banyak, tapi jika makanan ini dikonsumsi secara berlebihan, kamu juga bisa mendapatkan efek samping, seperti:

Iritasi kulit

Jika kamu mengupas atau mengiris labu siam, kamu akan menemukan getah di dalamnya. Jika getah ini tidak dicuci dengan bersih, kulit akan menjadi gatal.

Diabetes mellitus

Labu siam memiliki rasa yang. Karena itu, kebanyakan mengkonsumsi labu siam dapat meningkatkan kadar gula darah. Oleh karena itu, penderita diabetes disarankan untuk mengonsumsi buah ini dalam jumlah cukup.

Saran penyajian labu siam yang baik

Berikut beberapa tips penyajian labu siam untuk meminimalkan efek sampingnya. Getah labu siam dapat dihilangkan dengan berbagai cara:

  • Belah bagian bawah labu siam
  • Bekas potongannya sehingga keluar getah berwarna putih
  • Jika getahnya sudah tidak keluar, berarti labu siam sudah siap diolah.
  • Pilihan lainnya adalah mengupas labu siam
  • Memotongnya menjadi potongan-potongan kecil
  • Merendamnya dalam air garam selama 5 menit
  • Bilas dengan baik hingga labu siam siap diolah.

Labu siam tua biasanya memiliki kulit yang tebal dan agak kaku. Kupas labu siam ini sebelum diolah. Untuk labu siam muda, kamu tidak perlu mengupas kulitnya karena labu siam muda dapat dikonsumsi sebagai lalapan tanpa harus mengupas kulitnya.

Jangan meninggalkan labu siam yang sudah dikupas dan dipotong terlalu lama di luar ruangan. Warna labu siam biasanya akan berubah menjadi kekuningan. Untuk menghindari perubahan warna ini, kamu bisa merendam labu siam di dalam air.

Jangan memasak labu siam terlalu lama. Sama seperti dalam pengolahan sayuran lainnya, memasak labu siam terlalu lama dapat mengurangi nilai gizi, terutama vitamin yang mudah rusak pada suhu tinggi.
Nah, itu dia beberapa manfaat labu siam bagi kesehatan yang perlu kamu ketahui. Yuk, bagikan artikel ini biar lebih banyak orang tahu!

Share artikel ini
Reference