cara menghilangkan bintik putih di wajah

Cara menghilangkan bintik putih di wajah bisa kamu lakukan dengan bahan alami dan sederhana. Tidak sedikit orang yang mengalami bintik putih di wajah mulai dari wanita, pria, dewasa, anak-anak, hingga bayi. 

Bintik di wajah yang muncul secara tiba-tiba memang sangat mengganggu dan menimbulkan rasa tidak percaya diri. Setiap orang tentu ingin memiliki wajah yang mulus tanpa ada noda sedikitpun. Tapi tenang saja, masalah kulit yang satu ini bisa kamu atasi sendiri di rumah dengan cara mudah!

Apa penyebab bintik putih di wajah?

Bercak putih yang muncul di wajah umumnya adalah milia, merupakan serpihan kulit mati atau keratin yang terperangkap di bawah permukaan kulit. Keratin adalah protein yang membentuk lapisan luar kulit. 

Hal ini menyebabkan pembentukan bintik kecil berwarna putih pada kulit. Kondisi ini paling sering terjadi pada anak-anak dan orang dewasa, tetapi juga terlihat pada bayi yang baru lahir.

Milia dapat muncul di pipi, hidung, dahi, dan di sekitar mata. Beberapa orang juga membentuk bintik putih di mulut mereka. Benjolan ini biasanya tidak menyakitkan atau gatal, dan kondisi ini biasanya sembuh sendiri tanpa pengobatan dalam beberapa minggu.

Apakah bintik putih di wajah berbahaya?

Bintik putih di wajah umumnya tidak berbahaya, sehingga kamu tidak perlu khawatir akan masalah yang lebih parah. Milia akan hilang sendiri seiring dengan seringnya kamu membersihkan wajah setiap hari.

Namun jika kondisi wajah tidak membaik dalam beberapa bulan, kamu bisa pergi ke dokter untuk mendapat resep krim retinoid topikal. Kamu juga bisa mendapat rekomendasi mikrodermabrasi atau pengelupasan asam dengan tujuan memperbaiki kulit yang rusak. Dokter akan menggunakan alat khusus untuk mengekstrak benjolan.

Cara menghilangkan bintik putih di wajah

cara menghilangkan bintik putih

Berikut adalah sejumlah solusi alami untuk menghilangkan bintik-bintik putih di wajah atau milia. Namun cara ini tidak dianjurkan untuk bayi, pengobatan milia pada bayi lebih baik mendapat konsultasi bersama dokter terlebih dahulu.

Cara menghilangkan bintik putih di wajah dengan alami, yaitu;

  • Minyak pohon teh

Campurkan 5 tetes minyak pohon teh dengan 5 tetes minyak kelapa. Gunakan bola kapas dan tempelkan campuran ini ke wajah yang terkena bintik. Biarkan bekerja selama 10-15 menit sebelum menggunakan air hangat untuk membilasnya. Lakukan ini 1-2 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang efektif.

  • Bubuk cendana

Cukup campurkan satu sendok makan bubuk cendana dan air mawar untuk membuat pasta kental. Oleskan pasta ini secara merata ke area yang terkena dan biarkan selama 20-25 menit. Gunakan air dingin untuk membilas. Kamu harus melakukan ini sekali sehari selama beberapa minggu.

  • Bubuk kulit buah delima

Untuk membuat bubuk, panggang kulit buah delima sampai berwarna kecoklatan. Hancurkan mereka menjadi bubuk halus. Campurkan 1 sendok teh bubuk kulit delima dengan 1 sendok makan air mawar. Oleskan campuran ini secara merata ke kulit yang terkena. Biarkan mengering selama 20 menit sebelum dicuci. Lakukan ini sekali sehari selama beberapa minggu.

  • Oatmeal

Campurkan 1 sdm gula pasir dan madu, dan 3 sdm oatmeal sebagai cara menghilangkan bintik putih di wajah. Oleskan pasta pada area yang bermasalah dan biarkan mengering selama 5-10 menit. Gunakan air hangat untuk membilasnya. Gunakan obat rumahan ini 1-2 kali sehari untuk hasil yang efektif.

  • Lemon

Buat lemon menjadi scrub alami dengan mencampurkan 2 sdm gula, setengah sdt jus lemon, dan 1 sdt minyak zaitun. Gosok dengan lembut kulit yang terkena dengan campuran tersebut dan diamkan di kulit selama 20 menit. Cuci bersih dengan air dingin.

  • Madu

Oleskan madu mentah ke daerah yang terkena. Biarkan selama 15-20 menit sebelum dicuci. Kamu harus melakukan ini sekali sehari selama beberapa minggu.

  • Minyak jarak

Rendam bola kapas dalam minyak jarak dan oleskan dengan lembut pada area yang terkena. Biarkan selama 30 sampai 60 menit sebelum dibilas dengan air.

  • Cuka sari apel

Tambahkan satu sendok makan cuka sari apel ke satu sendok makan air. Aduk rata dan oleskan ke area yang terkena. Biarkan mengering selama 15 menit sebelum dicuci.

Cara menghilangkan bintik putih di wajah memang membutuhkan waktu yang lama. Kamu harus sabar dan rajin menggunakannya sampai bintik-bintik putih menghilang.

Share artikel ini
Reference