Gigi kuning adalah kondisi perubahan warna gigi atau perubahan warna gigi yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kebersihan gigi yang kurang baik, konsumsi makanan yang dapat menyebabkan perubahan warna gigi, bertambahnya usia atau kondisi medis tertentu.

Meski terlihat tidak berbahaya, gigi yang berubah warna bisa mempengaruhi kepercayaan diri seseorang. Beberapa bentuk gigi kuning dapat diobati dengan penyesuaian gaya hidup atau produk perawatan gigi. Namun, perubahan warna gigi akibat penyakit tertentu, seperti penyakit celiac, bisa bersifat permanen.

Mengetahui penyebab gigi kuning dan gigi berubah warna secara umum dapat membantu kamu menentukan penanganan yang tepat. Pasalnya, memiliki gigi kuning bisa menurunkan rasa percaya diri lho. Berikut cara mengatasi gigi kuning dan penyebab yang perlu kamu ketahui.

Apakah gigi kuning bisa putih kembali?

Cara Menghilangkan Karang Gigi

Tentu saja bisa, hal ini karena sebagian besar noda pada gigi dapat dengan mudah dihilangkan dengan perawatan pemutihan tertentu. Jadi apakah gigi kamu menjadi sedikit kusam atau noda kuning semakin terlihat, pemutihan adalah pilihan!

Sekarang setelah kamu tahu bahwa membuat gigi kuning menjadi putih kembali itu mungkin, mari kita turun ke bagaimana kamu bisa mewujudkannya, berapa lama waktu yang dibutuhkan, berapa biayanya, dan semua hal lain yang perlu kamu ketahui tentang menjaga kesehatan, gigi putih.

Beberapa pengobatan rumahan yang menjanjikan untuk membantu mencerahkan gigi kamu termasuk menyikat gigi dengan soda kue, berkumur dengan hidrogen peroksida, dan membatasi asupan gula. Banyak orang mengklaim bahwa obat ini membantu memutihkan senyum mereka, dan cukup efektif; Namun, penggunaannya harus dibatasi.

Salah satu cara mengatasi gigi kuning adalah mencegahnya menjadi kuning sejak awal. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menjaga kebersihan mulut yang benar. Kesehatan mulut yang baik termasuk menyikat gigi setidaknya dua kali sehari selama masing-masing sekitar 2 menit.

15 Obat untuk Sakit Gigi Berlubang, Alami dan Mudah Ditemukan!

Bagaimana cara memutihkan gigi yg sudah kuning?

Perawatan untuk gigi kuning bisa berbeda-beda tergantung penyebabnya. Berikut ini adalah pilihan pengobatan umum:

  • Prosedur pemutihan gigi atau pemutihan gigi
  • Jika gigi kuning disebabkan oleh gigi berlubang, maka gigi tersebut akan ditambal terlebih dahulu
  • Menutupi permukaan gigi menggunakan veneer
  • Kurangi konsumsi makanan dan minuman yang dapat menyebabkan gigi kuning
  • Gosok gigi secara teratur dan bersihkan sela-sela gigi menggunakan benang gigi atau dental floss

Cara memutihkan gigi secara alami di rumah

Cara obati sakit gigi

Cara mengatasi gigi kuning menggunakan berbagai bahan alami dengan cara berikut ini:

1. Rajin menjaga kebersihan gigi dan mulut

Cara menjaga kebersihan gigi dan mulut yang paling mudah yang bisa kamu coba adalah menyikat gigi dua hari sekali.

Hal ini penting untuk mencegah noda menempel dan membersihkan plak gigi. Jika perlu, kamu bahkan bisa menggunakan benang gigi dan obat kumur secara rutin.

2. Menggunakan cuka sari apel

Cuka sari apel juga merupakan bahan rumah tangga yang sering digunakan sebagai bahan alami untuk memutihkan gigi. Ini karena cuka sari apel mengandung asam asetat yang dapat membunuh bakteri di mulut, membersihkan mulut, dan memutihkan gigi.

3. Menggunakan soda kue

Soda kue merupakan bahan rumah tangga yang sering digunakan sebagai bahan alami untuk memutihkan gigi. Cara menggunakannya juga cukup mudah.

Kamu bisa membuat pasta dari soda kue dan menggunakannya untuk menyikat gigi. Bahan yang kamu butuhkan untuk membuat pasta ini adalah satu sendok teh baking soda dan dua sendok teh air.

4. Menggunakan garam

Cara mengatasi gigi kuning selanjutnya kamu bisa menggunakan garam yang sering kamu gunakan di dapur. Garam ternyata bisa dijadikan bahan alami yang bisa memutihkan gigi. Caranya, kamu bisa mencampurkan garam dalam jumlah tertentu dengan air bersih secukupnya.

Garam mengandung bahan antibakteri yang dapat membunuh kuman penyebab gigi berlubang.

5. Menggunakan arang kayu

Arang kayu atau lebih populer dengan sebutan arang merupakan bahan alami yang juga dapat digunakan untuk memutihkan gigi. Arang kayu mengandung alkali yang dapat mengikis bagian luar gigi dan membersihkannya dari noda kuning yang menempel.

Sayangnya, penggunaan arang kayu tidak boleh terlalu sering karena dikhawatirkan dapat merusak enamel gigi.

10 Manfaat Kulit Pisang, Bagus untuk Gigi dan Wajah!

Penyebab gigi kuning

Perubahan warna gigi kamu dapat terjadi secara bertahap. Padahal, beberapa warna kuning pada gigi, tidak bisa dihindari. Beberapa faktor dapat menyebabkan gigi kuning, seperti berikut ini.

Ada beberapa kondisi yang dapat menyebabkan gigi menguning, antara lain:

  • Makanan dan minuman berwarna seperti kopi, teh, minuman ringan, dan anggur
  • Merokok atau mengunyah tembakau
  • Kebersihan gigi yang kurang baik, misalnya akibat tidak rajin menggosok gigi dan menggunakan benang gigi
  • Gigi berlubang, menyebabkan kerusakan saraf gigi
  • Proses penuaan yang menyebabkan lapisan enamel terkikis sehingga yang terlihat pada gigi adalah warna lapisan di bawah enamel yaitu dentin yang secara alami berwarna kuning.
  • Flourosis, yaitu perubahan warna pada gigi akibat penggunaan terlalu banyak produk fluoride. Kondisi ini dapat menimbulkan noda pada enamel, terutama jika terjadi pada anak di bawah usia 8 tahun.
  • Faktor genetik, karena beberapa orang memiliki lapisan enamel yang lebih terang atau lebih tebal dari yang lain
  • Memiliki penyakit celiac yang dapat merusak enamel gigi yang menyebabkan perubahan warna permanen pada gigi
  • Pernah mengalami benturan yang mengakibatkan gigi rusak.

Gigi yang sehat, harus putih gading. Selain mengubah warna gigi, gigi kuning tidak menimbulkan gejala spesifik lainnya. Namun, perubahan warna gigi seringkali disertai dengan bau mulut.

Share artikel ini
Reference