apa arti ngabuburit
Gaya Hidup Hidup Sehat

Apa Arti Ngabuburit? Ini Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan!

Putri Aprillia | April 6, 2022
Share

Setiap tahun, pasti ada bulan istimewa yang paling ditunggu-tunggu umat Islam, tentu saja bulan Ramadhan!

Selain sering disebut sebagai bulan terbaik untuk lomba amal, ada salah satu hal dari bulan Ramadhan yang pastinya kamu tidak mau lewatkan, yaitu ngabuburit. Nah, untuk Ramadhan kali ini kamu ada rencana ngabuburit di mana dan melakukan aktivitas apa? Bagikan ceritamu, yuk!

Tapi sebelumnya, yuk cari tahu dulu apa arti ngabuburit sebenarnya.

Apa arti ngabuburit?

Singkatnya, ngabuburit berarti waktu menunggu untuk berbuka. Kegiatan ngabuburit sangat digemari terutama oleh kalangan anak muda untuk mengisi waktu saat berpuasa. Di Indonesia, ngabuburit biasanya berlangsung pada sore hari. Banyak orang melakukan berbagai aktivitas, mulai dari olahraga ringan, melaksanakan berbagai aktivitas keagamaan, bahkan berburu takjil.

Kamu sendiri biasanya mengisi waktu ngabuburit dengan kegiatan seperti apa? Nah, buat kamu yang masih bingung, yuk baca penjelasan di bawah ini tentang aktivitas apa saja yang bisa kamu lakukan saat ngabuburit.

Aktivitas ngabuburit saat puasa

Kamu mungkin sudah bosan dengan acara ngabuburit yang sekedar berkumpul dengan keluarga atau teman tanpa melakukan aktivitas yang lebih. Nah, daripada gabut dan waktu buka puasa jadi terasa lebih lama, yuk coba lakukan beberapa aktivitas ngabuburit saat puasa ini dengan keluarga atau teman-temanmu!

Belajar resep makanan baru

Kamu hobi memasak? Ini adalah kesempatan sempurna untuk mengasah keterampilan memasak selama Ramadhan. Saat ngabuburit, kamu bisa menelusuri berbagai resep baru untuk dicoba. Kamu mau mencoba menu dessert untuk berbuka? Boleh! Selain itu, kamu juga bisa mengeksplorasi menu-menu lain untuk disantap saat sahur. Tentu saja kamu bisa ajak anggota keluarga atau teman-temanmu agar acara memasak jadi lebih seru!

Menonton ceramah

Agar ilmu agama semakin berkembang untukmu dan keluarga, tidak ada salahnya kamu dan keluarga ngabuburit dengan menonton ceramah di TV. Setiap bulan Ramadhan, hampir semua stasiun televisi di Indonesia menayangkan ceramah oleh ustadz atau ustadzah ternama Indonesia. Selain itu, saat ini banyak ustadz dan ustadzah yang sengaja membuat channel Youtube untuk berbagi ilmu agama Islam.

Membaca buku

Salah satu kegiatan yang menyenangkan saat ngabuburit adalah membaca. Kamu bisa membaca novel, ensiklopedia, komik, cerpen, atau membaca segala macam berita di media sosial. Selain menambah pengetahuan dan wawasan, membaca buku juga bisa melepaskan stres. Karena asyik membaca, waktu menunggu buka puasa pun jadi tidak terasa.

Rekomendasi makanan sehat yang ada saat ngabuburit

Selain tahu apa arti ngabuburit dan apa saja aktivitas asyik yang bisa kamu lakukan saat ngabuburit, kamu juga perlu tahu beberapa rekomendasi makanan sehat yang bisa kamu coba.

Sup Ayam Makaroni

Jika kamu ingin memilih sup untuk buka puasa, kamu bisa coba membuat sup makaroni ayam. Kehangatan kuahnya bisa jadi alternatif menu buka puasa yang enak, dan mengenyangkan di perut, apalagi setelah melawan rasa lapar seharian.

Makaroni juga memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga dapat mengembalikan energi dan membuat perut kenyang lebih lama. Mengonsumsi menu ini juga bisa membantumu untuk tidak makan terlalu banyak saat berbuka. Untuk membuatnya lebih sehat tambahkan sayuran ke dalam masakan.

Salad

Saat berpuasa, tubuh memang membutuhkan nutrisi, termasuk vitamin dan serat yang banyak. Kedua nutrisi ini berperan penting dalam menjaga kesehatan selama berpuasa, termasuk menjaga fungsi sistem kekebalan tubuh.

Karena itu, kamu bisa menyajikan salad sebagai menu buka puasa yang sehat dan lezat. Sayuran dalam salad dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin dan serat harian, serta membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh.

Gado-Gado

Jika kamu tidak suka salad, masih banyak menu sayuran yang bisa kamu coba. Salah satunya adalah makanan khas Indonesia yang satu ini, gado-gado.

Sayuran di gado-gado membantu memenuhi kebutuhan serat dan vitamin. Sayuran ini memainkan peran penting dalam menjaga kesehatanmu selama berpuasa. Selain itu, lauk pauk seperti telur dan tahu yang terdapat di dalam gado-gado merupakan sumber protein yang baik.

Tips ngabuburit sehat

Selain aktivitas asyik yang telah disebutkan di atas, kamu juga dapat melakukan berbagai aktivitas sehat saat ngabuburit, seperti:

Olahraga Ringan

Siapa bilang kamu tidak boleh berolahraga saat berpuasa? Olahraga justru membuatmu lebih energik dan sehat. Tapi saat ngabuburit, pilihlah jenis olahraga yang ringan dan lakukan dalam durasi yang tidak terlalu lama. Kamu bisa pilih antara yoga, bersepeda, atau jalan santai.

Berkebun

Berkebun memiliki berbagai manfaat kesehatan fisik dan psikologis. Berkebun juga termasuk olahraga ringan yang membantu proses pembakaran lemak tubuh. Ini karena anggota badan otomatis bergerak dua kali lebih aktif saat berkebun. Kegiatan berkebun seperti melakukan pengolahan tanah, memindahkan dan membersihkan tanaman, serta menyiram tanaman dapat memperkuat otot. Aktivitas ini juga dapat mengurangi stres karena dapat meningkatkan hormon melatonin dan serotonin.

Merawat diri

Aktivitas sehat lainnya yang bisa kamu lakukan saat ngabuburit adalah merawat diri. Kamu bisa menunggu waktu berbuka puasa dengan melakukan scrub pada tubuhmu serta merawat diri dengan masker wajah. Ini dapat membuat tubuhmu lebih rileks dan terhindar dari stres.

Nah, itu dia beberapa informasi yang perlu kamu ketahui tentang apa arti ngabuburit dan apa saja aktivitas yang bisa kamu lakuk

Reference
Share