Kadar asam urat normal wanita

Asam urat menjadi suatu penyakit yang harus kamu diwaspadai. Kondisi ini dapat menyebabkan rasa nyeri atau sakit yang tak tertahankan pada persendian, terutama pada kaki. Untuk itu, kamu perlu mengetahui kadar asam urat normal wanita dan pria. Jadi, kamu dapat mencegah terjadinya penyakit ini.

Nah, kira-kira berapa kadar normal asam urat pada wanita? Lalu bagaimana cara mendeteksi faktor penyebab dan cara mengurangi asam urat? Simak ulasan lengkap dan detail berikut ini agar bisa menyiapkan diri melawan penyakit ini.

Apa itu asam urat?

Penyakit asam urat adalah kondisi yang menyebabkan sakit nyeri tidak tertahankan, rasa panas pada persendiaan, dan munculnya pembengkakan pada persendian. Adapun, seluruh sendi yang ada di dalam tubuh memiliki risiko untuk dapat terkena asam urat. Meskipun begitu, sendi yang umumnya terserang asam urat adalah lutut, pergelangan kaki, jari tangan, dan jari kaki.

Rasa sakit dapat terjadi 3-10 hari dengan perkembangan gejala yang sangat cepat dalam kurun waktu tertentu. Asam urat berbeda dengan rematik. Rematik sendiri merupakan istilah yang dapat menggambarkan rasa sakit sendi atau otot jika mengalami peradangan.

Kondisi ini bisa diakibatkan karena jumlah kadar asam urat dalam tubuh yang terlalu tinggi, sehingga menumpuk dan menimbulkan peradangan. Umumnya, asam urat diketahui mudah menyerang pria, khusus untuk mereka yang berusia diatas 30 tahun. Pada wanita, asam urat sering muncul setelah wanita mengalami menopause.

Meski demikian, baik wanita atau pun pria perlu mengecek kadar asam urat normal, karena penyakit ini dapat menyerang siapa saja.

Kadar asam urat normal wanita

Asam urat merupakan penyakit yang bisa terus meningkat dengan bertambahnya usia. Sebetulnya wanita mempunyai tingkat risiko yang lebih rendah karena kadar uric acid lebih sedikit dibandingkan pria. Pria lebih banyak mengalami asam urat pada rentang usia 30-50 tahun.

Asam urat pada wanita banyak terjadi setelah mereka mengalami menopause. Asam urat bisa dikatakan berbahaya jika kadarnya lebih dari normal. Normalnya untuk wanita, kadar asam urat yaitu 2 miligram/desiliter sampai 6,5 miligram/desiliter untuk wanita dengan usia 18tahun.

Sementara wanita yang sudah mendekati atau mengalami menopause mempunyai kadar normal 2-8 miligram/desiliter. Jika pada pemeriksaan darah kadarnya lebih tinggi dari kadar normal, maka hal tersebut akan memicu gejala asam urat pada wanita.

Penyebab asam urat

Kadar asam urat normal wanita dan pria memang harus selalu dicek untuk menghindari penyebab asam urat. Berikut ini adalah beberapa penyebab asam urat yang dapat menyerang, antara lain:

  • Sering makan makanan dengan tinggi purin seperti hidangan laut, daging merah, jeroan hewan.
    Sering mengonsumsi alkohol dan gula tinggi.
  • Konsumsi obat pengencer darah, obat kemoterapi, atau obat penghambat enzim
    Adanya riwayat sakit asam urat pada keluarga
  • Kadar asam urat juga bisa naik karena dipicu penyakit, seperti penyakit darah, penyakit kulit, obesitas, penyakit diabetes dan lain sebagainya. Efek penyakit ini bisa menimbulkan kadar asam diatas batas normal.

Faktor ini dapat menyebabkan asam urat pada seseorang. Selain itu, ketahui gejala asam urat sehingga dapat dilakukan penanganan yang tepat untuk penyakit asam urat.

Gejala asam urat

Asam urat bisa terjadi karena kadar asam urat normal wanita ternyata lebih tinggi. Kadar asam urat dapat diketahui dengan pemeriksaan darah. Gejala asam urat antara lain:

  • Sulit untuk berjalan, terutama di malam hari.
  • Sendi mendadak sakit.
  • Nyeri hebat, bengkak, panas, muncul ruam merah di sekitar kulit sendi.
  • Kulit di sekitar sendi tanpa gatal, bersisik dan terkelupas.

Obat untuk mengobati asam urat

Obat adalah salah satu solusi untuk dapat mengobati asam urat. Obat akan diberikan oleh dokter sesuai dengan observasi dan tingkat keparahan dari asam urat. Dokter biasanya memberikan obat asam urat berupa:

  • Obat Antiinflamasi Non Steroid atau NSAID seperti celecoxib, ibuprofen, naproxen sebagai pengobatan serangan atau gejala yang mendadak.
  • Obat kortikosteroid, seperti prednisone yang berfungsi untuk mengurangi rasa nyeri dan peradangan.
  • Obat colchicine yang dapat mengurangi kambuh dan rasa nyeri.

Pola hidup sehat untuk mencegah asam urat

Istilah mencegah lebih baik daripada mengobati tentu saja berlaku untuk hal ini. Kamu bisa mencegah terjadinya penyakit ini dengan beberapa cara. Asam urat jika sudah menyerang akan sulit untuk dikembalikan menjadi normal. Cara mencegah penyakit ini menjadi suatu hal yang harus kamu lakukan agar terhindar dari asam urat. Bagaimana pencegahannya?

  • Perbanyak konsumsi air putih
  • Hindari makanan berzat purin tinggi
  • Tidak minum alkohol
  • Minum kopi secukupnya
  • Konsumsi buah antioksidan tinggi
  • Hindari obesitas
  • Rutin olahraga
  • Mempertahankan berat badan sehat

Kadar asam urat normal wanita wajib diketahui agar dapat menghindari penyakit ini. Pengobatan dan pola hidup sehat akan menjadi solusi saat kadar asam urat lebih tinggi dari normal. Konsultasi dan tindakan dokter perlu dilakukan jika gejala penyakit sudah semakin parah dan tidak dapat ditangani sendiri.

Share artikel ini
Reference