Manfaat kencur untuk kesehatan

Ternyata ada banyak manfaat kencur untuk kesehatan, lho. Salah satunya yang umum diketahui adalah sebagai obat batuk. Kencur merupakan salah satu rempah umum yang sering digunakan di Indonesia, misalnya dalam masakan dan jamu. Kencur biasanya dipakai dalam beberapa makanan seperti urap, pecel, rempeyek, dan beberapa sayuran tumis.

Selain menambah cita rasa pada masakan, kencur juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan. Apa saja manfaat kencur untuk kesehatan dan bagaimana cara mengolahnya? Yuk simak ulasan lengkapnya di sini.

Apa itu kencur?

Kencur adalah jenis rempah yang menyerupai jahe dan memiliki rasa yang khas. Kencur sering digunakan dalam masakan Indonesia. Meski mirip seperti jahe, rempah ini memiliki rasa yang berbeda dan khas. Rasanya kuat dan tajam. Ketika mengonsumsinya, kamu akan merasakan sensasi hangat, pedas, dan pahit di saat yang bersamaan.

Kencur merupakan sumber seng, pati, mineral, dan nutrisi lainnya. Rempah ini sudah digunakan sebagai obat sejak beberapa dekade. Tanaman ini tidak memiliki batang. Daunnya tumbuh langsung dari rimpang dan panjang daunnya sekitar 6 inci.

Bunganya kecil, berwarna putih, dan memiliki aroma yang harum. Tanaman ini biasanya ditemukan di negara-negara Asia Tenggara, seperti Cina, Indonesia, Kamboja, dan Taiwan.

Kandungan dalam kencur

Kencur memiliki kandungan senyawa kimia dan zat yang dapat memberikan manfaat bagi kesehatan. Kandungan yang ada pada kencur, antara lain:

  • Pati
  • Mineral
  • Sineol
  • Asam metil kanil
  • Penta dekaan
  • Asam sinamat
  • Etil ester
  • Kamfen
  • Borneol
  • Asam anisat
  • Alkaloid
  • Gom
  • Etip p-metoksisinamat
  • Paraeumarin

Manfaat kencur untuk kesehatan

Nah, karena kaya akan kandungan yang bernutrisi, kencur memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Beberapa manfaat kencur untuk kesehatan adalah:

Meningkatkan energi

Manfaat kencur untuk kesehatan yang pertama adalah mampu meningkatkan energi. Mengonsumsi kencur dapat meningkatkan energi. Rebus kencur bersama dengan segelas air. Minum air ini sebelum tidur. Hal ini bisa meningkatkan energi sekaligus mengatasi rasa lelah.

Meningkatkan nafsu makan

Kencur memiliki sifat karminatif yang bisa membantu meningkatkan nafsu makan. Jika anak-anak susah makan, coba berikan kencur untuk menambah nafsunya.

Menurunkan kolesterol jahat

Kencur dapat meningkatkan produksi empedu dalam tubuh. Empedu berfungsi untuk menyerap nutrisi dan menghilangkan racun termasuk kolesterol jahat.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Kencur merupakan sumber antioksidan. Antioksidan dapat menangkal radikal bebas dan virus. Hal ini membuat kencur dapat bermanfaat untuk daya tahan tubuh.

Mengatasi batuk

Kencur dapat digunakan sebagai obat untuk mengatasi gejala batuk. Tambahkan jeruk nipis dan madu ke dalam air perasan kencur. Minum tiga kali sehari sampai gejalanya mereda.

Mencegah kembung

Manfaat kencur selanjutnya adalah mencegah kembung. Cuci kencur dengan air hangat. Rebus kencur dengan segelas air. Minum air ini dua kali dalam sehari untuk mencegah kembung.

Mengobati otot yang terkilir

Mengobati otot yang terkilir menggunakan kencur sudah cukup lumrah di Indonesia. Biasanya, ini menjadi pertolongan pertama untuk mengatasi cedera. Ramuannya terdiri atas kencur dan beras yang dihaluskan. Campuran ini kemudian dioleskan ke area yang terkilir.

Cara mengolah kencur yang baik untuk kesehatan

Untuk memperoleh manfaat kencur untuk kesehatan, kamu bisa mengonsumsinya dengan beberapa cara mengolah sebagai berikut.

Disangrai

Jika kamu merasa lelah, kamu bisa menggunakan kencur untuk menghilangkan rasa lelah. Rebus rimpangnya bersama dengan bahan-bahan lainnya. Setelah itu, sangrai terlebih dahulu. Cara ini dilakukan agar kandungan-kandungan yang ada dalam kencur bisa keluar secara maksimal.

Ditumbuk

Menumbuk rimpang dan daun kencur hingga halus bisa dipakai untuk mengobati influenza yang dialami oleh bayi. Daun kencur yang sudah ditumbuk juga dapat dipakai untuk mengatasi sakit kepala.

Dikunyah mentah-mentah

Apabila kamu memiliki radang lambung, kamu bisa mencoba cara yang satu ini. Pasalnya, mengunyah kencur mentah-mentah berkhasiat untuk mengatasi radang lambung. Bagian yang perlu kamu telan adalah sarinya saja, tidak perlu sampai menelan ampas dari rimpang yang sudah dikunyah.

Diparut

Agar bisa dikonsumsi sebagai obat batuk alami, kencur perlu diparut terlebih dahulu. Tujuannya agar kandungan-kandungan dalam serat kencur bisa tercampur rata dengan air hangat. Airnya juga bisa diramu menjadi jamu beras kencur.

Kencur merupakan salah satu rempah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Di sisi lain, kencur juga bisa menambah cita rasa masakan. Jadi, jangan ragu untuk mengonsumsi kencur, ya.

Share artikel ini
Reference