Manfaat Jamu Beras Kencur untuk Kesehatan

Jamu merupakan minuman tradisional khas dari Jawa. Minuman ini terkenal dengan aromanya yang kuat dan unik, serta rasanya yang cenderung pahit. Selain dikonsumsi sebagai obat herbal, banyak yang percaya bahwa minum jamu dapat memberikan banyak manfaat, seperti menyembuhkan berbagai penyakit.

Jamu memiliki banyak varian, salah satunya adalah jamu beras kencur. Lantas, apa saja kandungan dalam beras kencur? Apa saja manfaat jamu beras kencur? Simak informasi di bawah ini sampai tuntas, ya.

Apa itu beras kencur?

Jamu merupakan minuman tradisional yang terkenal dengan khasiatnya. Dari berbagai varian jamu yang ada, salah satu jamu yang paling disukai adalah jamu beras kencur. Jamu beras kencur adalah minuman yang dibuat dari campuran nasi yang ditumbuk dan juga tanaman Kaempferia galanga atau kencur.

Jamu jenis ini digemari bukan tanpa alasan. Salah satu alasan jamu ini digemari adalah karena memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Meskipun namanya adalah jamu beras kencur, sebenarnya jamu ini tidak hanya terbuat dari beras dan kencur saja. Ternyata, jamu ini juga terbuat dari jahe, asam jawa, gula aren, dan daun pandan. Semua bahan ini tidak hanya membuat rasanya menjadi unik, tetapi juga kaya akan khasiat.

Kandungan dalam beras kencur

Beras kencur memiliki banyak nutrisi bagi tubuh. Berikut ini adalah daftar nutrisi yang terdapat pada beras kencur.

  • Kalium
  • Karbohidrat
  • Protein
  • Sineol
  • Borneol
  • 3-carene
  • Kampen
  • Kaempferol
  • Kaempferide
  • Sinamaldehida
  • Etil sinama
  • Natrium
  • Serat
  • Kalsium
  • Besi
  • Asam P-metoksisinamat
  • Etil p-metoksisinamat

Segudang manfaat jamu beras kencur

Setelah mengetahui kandungan dalam beras kencur, kira-kira apa saja manfaat jamu beras kencur? Berikut ini beragam manfaat jamu beras kencur yang bisa kamu dapatkan:

Meningkatkan nafsu makan

Karena kaya akan nutrisi, jamu beras kencur dapat membantu meningkatkan nafsu makan. Jamu beras kencur merupakan perangsang nafsu makan yang efektif untuk anak-anak. Manfaat ini dapat diperoleh karena beras kencur mengandung minyak atsiri.

Menebalkan dinding lambung

Selain itu, apabila dikonsumsi setiap hari, jamu beras kencur bermanfaat untuk menebalkan dinding lambung. Sehingga, jamu beras kencur bermanfaat untuk penderita maag yang mengalami kerusakan dinding lambung.

Meredakan rasa lelah dan pegal-pegal

Khasiat lainnya adalah untuk meredakan rasa lelah dan pegal-pegal di tubuh. Manfaat ini sangat cocok untuk beberapa profesi, termasuk pekerja konstruksi yang sering merasa kelelahan.

Mencegah masuk angin

Manfaat lainnya adalah jamu beras kencur efektif untuk mencegah masuk angin. Oleh karena itu, disarankan untuk minum jamu beras kencur terlebih dahulu sebelum memasuki tempat dengan suhu yang rendah dan intensitas angin yang tinggi. Selain itu, jamu ini juga bisa mengobati rasa mual akibat masuk angin.

Mengobati batuk

Manfaat beras kencur untuk kesehatan selanjutnya adalah mampu mengobati batuk. Dilansir dari Dr Health Benefits, jamu beras kencur bisa dikonsumsi untuk mengobati batuk, sakit tenggorokan, tenggorokan yang gatal, dan masalah pernafasan lainnya.

Menyegarkan tubuh

Jamu beras kencur dapat memulihkan stamina dan konsentrasi. Sehingga, bisa membuat tubuh dan pikiran menjadi segar. Kamu bisa mengonsumsi jamu beras kencur setelah beraktivitas untuk menyegarkan badan.

Meredakan nyeri

Manfaat jamu beras kencur untuk kesehatan selanjutnya adalah mampu meredakan nyeri. Jamu beras kencur dapat digunakan sebagai pereda rasa nyeri. Manfaat ini bisa didapatkan berkat sifat analgesik yang dimiliki oleh kencur.

Menurunkan berat badan

Ada banyak obat pelangsin yang diklaim dapat menurunkan berat badan dalam waktu singkat. Namun, kamu tidak dianjurkan untuk mengonsumsinya, karena cenderung memiliki efek samping. Salah satu cara menurunkan berat badan yang aman, alami, dan sehat adalah dengan melakukan diet sehat, termasuk mengonsumsi minuman sehat, seperti jamu beras kencur.

Mengatasi masalah pencernaan

Kencur mempunyai sifat terapeutik. Sifat inilah yang membuat jamu beras kencur dapat meredakan diare, sembelit, dan penyakit usus besar lainnya secara alami. Jika kamu rutin mengonsumsi jamu beras kencur, kamu bisa melancarkan sistem pencernaan.

Menyembuhkan sariawan

Kamu bisa menggunakan jamu beras kencur untuk mengobati sariawan. Siapapun bisa mengalami sariawan. Sariawan menimbulkan rasa perih sehingga penderitanya sering merasa tidak nyaman. Jamu beras kencur dapat mempercepat proses penyembuhan sariawan.

Jamur beras kencur untuk wanita

Proses persalinan biasanya menimbulkan luka. Di samping itu, saat melakukan proses persalinan, diperlukan tenaga dan kalori yang tidak sedikit, sehingga ibu yang melahirkan kerap kali mengalami pegal-pegal.

Hal ini dapat diatasi dengan mengonsumsi jamu beras kencur. Salah satu penelitian yang dilakukan oleh Universitas Gadjah Mada menyatakan bahwa jamu beras kencur dapat membantu penyembuhan luka pasca melahirkan.

Selain membantu menyembuhkan luka akibat proses persalinan, jamu beras kencur juga memiliki manfaat lainnya bagi wanita. Manfaat tersebut adalah membantu menyuburkan rahim, terutama bagi mereka yang pernah mengalami keguguran. Caranya, campurkan jamu beras kencur dengan bawang putih dan daun sirih. Minumlah dengan madu pada pagi hari atau saat mengalami haid.

Tips mengonsumsi jamu beras kencur

Agar manfaat jamu beras kencur yang diperoleh lebih optimal, perhatikanlah beberapa tips berikut ini.

  • Konsumsi jamu beras kencur yang dianjurkan adalah dua kali dalam sehari.
  • Jika kamu mengonsumsi jamu beras kencur yang diproduksi dalam kemasan, perhatikan komposisinya.
  • Jangan mengonsumsi jamu beras kencur kemasan yang kemasannya telah rusak dan expired date-nya telah lewat.
  • Apabila kamu mengonsumsi jamu beras kencur kemasan, pastikan jamu ini sudah terdaftar di BPOM.
  • Konsumsi jamu beras kencur sebelum makan setiap hari.
  • Jika kamu memiliki keluhan nyeri lambung, sebaiknya jamu beras kencur diminum setelah makan, bukan sebelum makan.

Itulah beberapa manfaat beras kencur dan tips mengonsumsinya. Jamu beras kencur kaya akan manfaat. Peroleh manfaatnya dengan rutin mengonsumsinya, ya!

Share artikel ini
Reference