ssam

Female Asian Hand Put garlic to Lettuce, Process Making Ssam, Lettuce Wrap with Kimchi, Korean Beef Barbeque, Rice, Garlic, and Gochujang

Kalau kamu sering menonton drakor alias drama korea, mungkin familiar dengan berbagai makanan Korea yang menggiurkan. Mulai dari Kimchi, Tteobokki, hingga ramyeon mungkin sudah kamu coba. Namun, pernahkah kamu mencoba Ssam?

Ya, Ssam merupakan salah satu makanan Korea yang sedang naik daun. Makanan dengan menu utama daging dan daun selada itu sekilas mirip dengan lalapan, ya. Hm, sebelum menyantap Ssam, yuk kenali lebih dulu makanan ini.

Apa itu Ssam?

Ssam berarti ‘dibungkus’ dan dalam makanan, artinya membuat bungkus selada dengan salah satu atau semua bahan berikut: daging panggang, ikan, nasi, dan acar sayuran seperti kimchi di dalamnya.

Teknik makanan ini bukan hanya cara yang lezat untuk menikmati daging atau ikan panggang, tetapi juga cara yang fantastis untuk menyeimbangkan rasa daging yang berlemak. Juga, dengan menambahkan sayuran ini, kamu dapat menambahkan kandungan kaya anti-oksidan yang sangat tinggi dalam makanan.

Ssam juga ternyata ditemukan pada variasi kimchi. Kimchi yang merupakan sayuran segar difermentasi dengan campuran gochujjang, gochugaru, dan garam tersebut, juga punya varian yang dibungkus. Dinamakan boSsam kimchi, dulunya variasi kimchi ini dibuat untuk keluarga kerajaan Korea selama dinasti Goryeo.

Bahan-bahan membuat Ssam lalapan sehat khas Korea

Kamu juga bisa membuat Ssam sendiri, lho. Ini caranya:

1. Jika kamu menggunakan daun hijau segar, bilas dengan air mengalir dan tiriskan airnya. Tergantung bagaimana menyajikannya, kamu mungkin ingin memotong batangnya, sehingga sayuran terlipat lebih baik. Jika menggunakan daun yang agak kaku (misalnya daun kubis), kamu dapat mengukusnya terlebih dahulu. Berikut cara mengukus kubis.

  • Kupas dan buang lapisan luar daun kubis yang keras/rusak.
  • Potong kubis menjadi empat bagian (dari kubis utuh).
  • Potong inti daun kubis dan potong panjang irisan kubis untuk lebih menghilangkan batang yang keras.
  • Pisahkan daun kubis dari kepalanya.
  • Bilas daun kubis di bawah air mengalir.
  • Rebus air dalam panci kukusan di atas api sedang. Setelah air mendidih, masukkan daun kol ke dalam kukusan. Kukus daun sampai daunnya lembut, sekitar 10 menit.
  • Angkat pengukus dari api dan dinginkan daunnya selama sekitar 5 menit (atau sampai aman untuk disentuh), lalu kibaskan perlahan sisa air dari daun.

2. Campurkan nasi dan bahan bumbu dalam mangkuk. Aduk sampai semua tercampur rata. Jika menyajikan Ssam yang sudah dirakit, ambil nasi yang sudah dibumbui dan buat menjadi bola seukuran gigitan.

3. Sajikan bola nasi di atas daun, lalu siram dengan saus Ssamjang. Kamu juga dapat menempatkan saus di dalam bungkus atau di luarnya tergantung cara menggulung/membungkus/menyajikan.

Manfaat mengonsumsi Ssam

Ssam merupakan salah satu alternatif sehat bagi kamu yang suka makan daging dan sulit makan sayur. Rasa daging yang enak mungkin akan menutupi rasa sayur mentah yang kamu kurang suka.

Mengkonsumsi daging kaya protein juga dapat memberikan manfaat untuk manajemen berat badan yang sehat. Protein meningkatkan rasa kenyang dan membantu meningkatkan pengeluaran energi tubuhmu. Sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2010 dalam “The American Journal of Clinical Nutrition” menemukan bahwa mengonsumsi protein sebelum makan mengurangi asupan makanan saat makan.

Tips mengonsumsi Ssam

Tidak ada cara yang benar atau salah untuk makan Ssam. Kamu dapat membuat beragam kombinasi yang terasa lezat unuk menikmati hidangan. Ada yang suka membungkus semuanya dengan nasi atau sebaiknya.
Tak hanya membungkus BBQ khas Korea saja, Ssam juga bisa digunakan dalam makanan sehari-hari.

Seperti ketika menyantap nasi dengan beragam lauk. Tinggal membungkus nasi dan lauk menggunakan daun selada barulah setelah itu dinikmati.

Kamu bisa menggabungkan sayuran hijau yang berbeda seperti selada + perilla + aster mahkota sebagai kombo paling dasar. Meski sedikit berbeda dan terbilang aneh, mengganti sayura dengan pembungkus lain seperti adonan tepung juga bisa dicoba. Kamu bisa membuatnya menyerupai tacos.

Kandungan Ssam

Kandungan Ssam sangat tergantung pada jenis sayuran yang kamu gunakan dan makanan apa yang dibalutnya. Karena biasanya menggunakan sayuran mentah yang segar untuk Ssam, kandungan yang mungkin kamu dapatkan bisa sangat bervariasi.

Misalnya dalam selada yang dimakan bersama daging dalam Ssam ada banyak manfaatnya. Selada adalah sumber vitamin K, yang membantu memperkuat tulang. Mengkonsumsi vitamin K dalam jumlah yang cukup juga dapat mengurangi risiko patah tulang. Air membentuk lebih dari 95% selada mentah. Akibatnya, makan selada menghidrasi tubuh.

Atau jika kamu menggunakan daun kubis, manfaatnya juga tak kalah banyak. Kubis memiliki 1 gram serat untuk setiap 10 kalori. Itu membantu kamu cepat kenyang, jadi makan lebih sedikit. Ini juga bisa membantu menurunkan kolesterol “jahat” dan mengontrol gula darah. Kubis juga memiliki nutrisi yang menjaga lapisan lambung dan usus tetap kuat

Bagaimana, kaya manfaat sekali bukan? Dengan metode Ssam ini, makan terasa lebih mudah karena disiapkan dalam porsi yang mudah dimakan. Dengan ini juga kamu tak perlu merasa terbebani makan sayuran. Selamat mencoba!

Share artikel ini
Reference