cara menghilangkan kebiasaan ngomong sendiri

Banyak orang berbicara dengan diri sendiri secara rutin. Hal ini bisa terjadi saat memikirkan ide, ketika mempertimbangkan keputusan, atau saat membutuhkan semangat. Beberapa orang merasa bahwa self-talk menciptakan “kehadiran” di sekitar mereka yang membuat mereka merasa lebih baik. Ini dapat membantu mengatasi kesepian.

Namun, dalam beberapa kasus, ketika orang berbicara dengan diri sendiri dengan cara yang kacau atau berbisik, hal itu bisa menandakan gangguan kesehatan mental. Jenis berbicara sendiri seperti ini bisa menjadi tanda awal dari skizofrenia yang dapat memburuk jika tidak diobati.

Normalkah ngomong sendiri?

Berbicara dengan diri sendiri adalah hal yang normal dan bukanlah hal buruk karena ternyata ada beberapa manfaat berbicara sendiri. 

Berikut beberapa manfaat ngomong sendiri atau self-talk:

1. Membantu mengatasi masalah

Self-talk dapat menjadi alat untuk merenungkan dan memproses masalah yang sedang dihadapi. Kamu bisa membicarakan perasaan, kekhawatiran, atau pemikiran yang mungkin sulit diungkapkan kepada orang lain.

2. Meningkatkan fokus dan konsentrasi

Self-talk dapat membantu meningkatkan fokus dan konsentrasi, terutama ketika kamu sedang melakukan tugas yang memerlukan perhatian ekstra.

3. Memperjelas pikiran

Dengan berbicara sendiri, kamu bisa membantu merumuskan pemikiran dan ide dengan lebih jelas. Proses ini dapat membantu kamu memahami lebih baik apa yang ingin kamu lakukan atau bagaimana menyelesaikan suatu masalah.

Mengenal Feminisme Dan Artinya Bagi Perempuan

Cara menghilangkan kebiasaan ngomong sendiri

Meskipun berbicara dengan diri sendiri adalah hal yang normal, namun beberapa orang mungkin ingin menghilangkan kebiasaan ini. Berikut cara menghilangkan kebiasaan ngomong sendiri yang bisa kamu coba.

1. Menulis jurnal

Berbicara dengan diri sendiri dapat membantu kamu menyelesaikan masalah, begitu juga dengan membuat jurnal.

Menulis pikiran, emosi, atau hal-hal lain yang ingin kamu eksplorasi dapat membantu kamu menghasilkan berbagai solusi potensial dan melacak apa yang sudah kamu coba sebelumnya. Selain itu, dengan menulis segala sesuatu, kamu dapat melihatnya lagi di kemudian hari.

2. Ajukan pertanyaan pada orang lain

Cara menghilangkan kebiasaan ngomong sendiri selanjutnya adalah dengan mengajukan pertanyaan pada orang lain.

Mungkin kamu cenderung berbicara sendiri saat menghadapi tantangan tertentu baik saat bekerja atau melakukan kegiatan lainnya. Jangan hanya dipendam, orang-orang di sekitarmu juga bisa membantumu sehingga kamu tidak harus ngomong sendiri.

Daripada mencoba memecahkan sesuatu sendiri, pertimbangkan untuk berbicara dengan rekan kerja atau orang lain.

3. Sibukan mulutmu

Jika kamu sering ngomong sendiri dengan bergumam kamu bisa coba menghilangkan kebiasaan ini dengan mengunyah permen karet.

Cara ini dapat membantu kamu untuk tidak berbicara dengan keras. Kamu juga bisa minum setiap kali ingin mengucapkan sesuatu pada diri sendiri.

4. Coba untuk mengalihkannya

Tidak mungkin kamu dapat mengidentifikasi dan menghentikan berbicara dengan diri sendiri setiap saat. Namun kamu bisa menghindari melakukan bicara dengan diri sendiri pada situasi tertentu..

Misalnya, mungkin kamu sering melakukannya saat sedang merasa stres, dan cemas. Nah, jika kamu tahu kamu akan berada dalam situasi yang membuatmu stres dan cemas, kamu dapat lebih memperhatikan perilakumu pada saat itu.

Contohnya, katakanlah kamu banyak berbicara dengan diri sendiri di tempat kerja ketika kamu sibuk. Kamu telah mengidentifikasi bahwa kamu sering berbicara dengan diri sendiri di tempat kerja, jadi kamu bisa lebih waspada pada situasi ini.

Jika kamu bisa mengidentifikasi kapan biasanya kamu ngomong sendiri, kamu bisa mengalihkannya dengan hal lain untuk menghentikan kebiasaan tersebut.

10 Cara Mencintai Diri Sendiri: Sadari, dan Mulai Lakukan Perlahan!

5. Izinkan dirimu untuk berbicara sendiri dalam situasi tertentu

Kita sudah mengetahui bahwa berbicara dengan diri sendiri bukanlah hal yang buruk. Sehingga, sebenarnya kamu tidak perlu terlalu khawatir apalagi sampai mengharuskan diri untuk menghilangkannya.

Berikan izin dan ruang untuk berbicara dengan diri sendiri dalam situasi-situasi tertentu. Mungkin kamu berbicara dengan diri sendiri ketika sedang melakukan hobi atau hal lain yang menurutmu tidak menjadi masalah ketika melakukannya.

6. Isi pikiranmu ketika kamu merasa bosan

Mungkin penyebab kamu sering ngomong sendiri bisa jadi karena kamu tidak memiliki cukup aktivitas. Sehingga, kamu mungkin merasa bosan dan cenderung berbicara sendiri. Lantas bagaimana cara menghilangkan kebiasaan ngomong sendiri yang satu ini?

Kamu bisa mengalihkan perilaku ini melalui kegiatan yang akan lebih aktif melibatkan pikiranmu. Cobalah membaca buku, melakukan teka-teki, atau bermain permainan yang membutuhkan konsentrasi.

—-

Penulis: Intan Dwiyanti

Share artikel ini
Reference