manfaat donor darah bagi wanita di hari PMI

Tahukah kamu kalau besok atau tiap 17 September dikenal sebagai Hari Palang Merah Indonesia (PMI)? Sebagai masyarakat Indonesia, tentunya kita perlu ikut serta memperingati Hari PMI. Ada banyak cara yang bisa dilakukan, salah satunya melakukan donor darah. Lantas, apa manfaat donor darah bagi wanita?

Ternyata manfaatnya tak hanya dapat membantu orang-orang yang membutuhkan transfusi darah, lho! Yuk, simak berbagai fakta dan beragam manfaat lainnya untuk kesehatan di artikel ini, Yoonies!

Manfaat donor darah bagi wanita

Mendonorkan darah secara rutin memiliki banyak manfaat kesehatan, tidak hanya bagi penerimanya, tapi juga bagi pendonornya. Berikut manfaat donor darah bagi wanita:

1. Menjaga kesehatan jantung

Mendonorkan darah  secara teratur juga dapat membantu melancarkan aliran darah sehingga mengurangi penyumbatan arteri. Penelitian telah menunjukkan bahwa melakukan donor darah secara teratur dapat secara drastis mengurangi risiko terkena serangan jantung atau stroke

Pasalnya, dengan melakukan donor darah berarti kamu turut serta dalam menjaga kadar zat besi tetap terkendali. Seperti yang diketahui, tingginya jumlah zat besi dalam darah sering kali membatasi arteri darah, meningkatkan risiko serangan jantung, dan menyebabkan penyakit yang dikenal sebagai hemochromatosis (kelebihan zat besi). 

Mengurangi simpanan zat besi tambahan dengan proses mengeluarkan darah melalui donor darah sama dengan kamu membantu arteri untuk memiliki lebih banyak ruang untuk bekerja dan menjaga denyut dan aliran darah tetap stabil, sehingga menurunkan risiko serangan jantung.

2. Mengurangi risiko terkena kanker

Selain menjaga kesehatan jantung, donor darah juga dapat membantu mengurangi risiko terkena stroke. Sebagaimana yang dijelaskan pada sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of National Cancer Institute. Studi tersebut menemukan bahwa seringnya donor darah memiliki risiko lebih rendah terkena kanker hati, paru-paru, usus besar, perut, dan tenggorokan.

Stroke adalah kondisi serius yang terjadi ketika pasokan darah ke otak terganggu dan ini dapat disebabkan oleh sumbatan pembuluh darah yang mengarah ke otak. Dengan mendonorkan darah, kamu akan membantu tubuh dalam mengurangi jumlah sel darah merah dalam tubuh, sehingga mengurangi risiko terbentuknya gumpalan darah. Gumpalan darah adalah salah satu faktor risiko utama untuk stroke.

3. Meningkatkan imunitas tubuh

Manfaat donor darah bagi wanita selanjutnya yaitu dapat meningkatkan imunitas tubuh.Ketika kamu mendonorkan darah, tubuh  perlu menggantikan sel darah yang telah hilang. Kondisi ini akan  mendorong produksi sel darah baru, termasuk sel darah putih yang berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh.

Dengan meningkatnya jumlah sel darah putih, tubuh menjadi lebih siap dalam melawan infeksi dan penyakit. Wanita yang mendonorkan darah secara teratur memiliki sistem kekebalan yang lebih kuat, sehingga lebih tahan terhadap penyakit-penyakit menular.

4. Menjaga berat badan

Melakukan donor darah secara rutin juga dapat membantu kamu dalam mengontrol berat badan. Hal ini bermanfaat bagi mereka yang mengalami obesitas dan berisiko lebih tinggi terkena penyakit kardiovaskular dan gangguan kesehatan lainnya. 

Selain itu, donor darah juga dapat membantu kamu menjaga pola makan yang sehat. Pasalnya, sebelum mendonorkan darah, kamu harus menjalani pemeriksaan kesehatan, termasuk pengukuran berat badan. Proses pemeriksaan ini lah yang dapat memotivasi kamu untuk menjaga berat badan yang sehat karena kamu ingin tetap memenuhi syarat untuk mendonorkan darah.

Namun, donor darah tidak boleh dilakukan terlalu sering dan kamu dapat berkonsultasi dengan dokter sebelum mendonorkan darah untuk menghindari masalah kesehatan.

5. Baik untuk kesehatan mental

Manfaat donor darah bagi wanita tidak hanya terbatas pada kesehatan fisik saja, tetapi juga memiliki dampak positif pada kesehatan mental. Mendonorkan darah dapat memberikan perasaan pencapaian dan kebahagiaan yang kuat. 

Pasalnya, kamu mengetahui bahwa tindakan donor darah dapat membantu menyelamatkan nyawa atau membantu seseorang yang membutuhkan.

Selain itu, donor darah juga dapat membantu mengurangi stres. Saat Anda mendonorkan darah, tubuh Anda melepaskan endorfin, yaitu hormon perasaan baik. Ini dapat membantu meredakan stres dan meningkatkan suasana hati Anda secara keseluruhan.

Bolehkah Donor Darah Saat Haid? Ini Syaratnya!

Apa saja syarat yang harus dipenuhi jika ingin donor darah?

manfaat donor darah bagi wanita ini syaratnya

Meski donor darah baik untuk kesehatan, namun perlu diingat bahwa sebelum mendonorkan darah, ada beberapa syarat donor darah yang harus kamu penuhi. Berikut beberapa syarat donor darah:

  1. Sehat jasmani dan rohani
  2. Donor darah baru boleh dilakukan pada usia 17 sampai dengan 65 tahun
  3. Syarat donor darah minimal memiliki berat badan 45 kg
  4. Berat badan minimal 45 kg
  5. Pastikan tekanan darah kamu di angka berikut: sistol 100 – 170 dan diastolik 70 – 100
  6. Kadar hemoglobin 12,5g% s/d 17,0g%
  7. Interval donor darah minimal 12 minggu atau 3 bulan sejak donor darah sebelumnya (maksimal 5 kali dalam 2 tahun)

Adapun panduan donor darah yang perlu kamu perhatikan di antaranya: 

  • Makanlah 3 – 4 jam sebelum melakukan donor darah, jangan donor darah dengan perut kosong
  • Tidur minimal 4 jam sebelum donor
  • Untuk menghindari bengkak di lokasi bekas jarum, hindari mengangkat benda berat selama 12 jam
  • Minum lebih banyak dari biasanya pada hari mendonorkan darah (paling sedikit 3 gelas)
  • Rilek saat melakukan donor darah

Setelah melakukan donor darah, kamu bisa beraktivitas kembali namun pastikan jangan melakukan aktivitas yang terlalu berat.

Jangan melakukan donor darah jika kamu memiliki kondisi berikut:

  1. Mempunyai penyakit jantung dan paru
  2. Menderita kanker
  3. Memiliki tekanan darah tinggi (hipertensi
  4. Menderita kencing manis (diabetes melitus)
  5. Memiliki kecenderungan perdarahan abnormal atau kelainan darah lainnya
  6. Menderita epilepsi dan sering kejang
  7. Menderita atau pernah menderita hepatitis B atau C
  8. Memiliki penyakit sifilis 
  9. Ketergantungan narkoba; kecanduan minuman beralkohol; mengidap atau beresiko tinggi terhadap HIV/AIDS

Cara Mengetahui Golongan Darah untuk Donor atau Transfusi Darah, Yuk Simak!

Itulah beberapa manfaat donor darah bagi wanita. Sebelum melakukan donor darah, pastikan kamu telah memenuhi syarat donor darah, ya!


Penulis: Silvia Wardatul

Share artikel ini
Reference