miss v hitam apakah normal

Banyak hal dalam tubuh kita berubah seiring bertambahnya umur. Tapi satu hal yang mungkin tidak kamu kira juga akan berubah yaitu warna miss v.

Perubahan ini biasanya tidak langsung terjadi, sehingga kamu mungkin tidak langsung menyadarinya.

Miss v hitam adalah pengalaman umum bagi wanita. Namun, kurangnya pengetahuan yang tepat bisa membuat mereka panik. Lantas, miss v hitam apakah normal?

Penyebab miss v hitam

Ada beberapa penyebab miss v bisa hitam. Penyebab miss v menjadi hitam, antara lain:

1. Perubahan hormon

Kulit memiliki sel-sel tertentu, yang disebut melanosit, yang membentuk melanin. Di area genital, melanosit tersebut sangat sensitif terhadap hormon.

Area genital akan menjadi lebih gelap sebagai respons terhadap perubahan hormon. Hal ini biasanya terjadi selama masa pubertas, kehamilan, atau penuaan.

Misalnya, hormon estrogen bisa mengakibatkan peningkatan pigmen di area tertentu seperti labia. Perubahan hormon juga dapat menggelapkan kulit pada area puting, areola, dan anus.

Baca juga: Yuk Kenali 6 Hormon Reproduksi Wanita! 

2. Gesekan dan peradangan

Gesekan dapat menyebabkan sel-sel memproduksi lebih banyak melanin, yang menyebabkan pigmentasi. Sehingga, terjadilah perubahan warna pada miss v.

Produk cukur dan hair removal dapat menyebabkan penggelapan miss v. Gesekan juga dapat menyebabkan peradangan yang dapat menyebabkan hiperpigmentasi.

Hal ini juga dapat disebabkan karena mengenakan pakaian yang ketat dan tidak pas. 

3. Penuaan

Penggelapan di area genital juga biasanya terjadi seiring bertambahnya usia. Hal ini terjadi karena terjadi perubahan hormon.

Seiring bertambahnya usia, tidak hanya dalam hal elastisitas dan tekstur saja yang mengalami perubahan, tetapi mungkin juga ada perubahan warna pada miss v.

Tak hanya miss v saja, bagian tubuh lainnya juga bisa menggelap seiring bertambahnya usia. 

4. Infeksi 

Miss v adalah bagian tubuh wanita yang sensitif dan rentan terhadap infeksi. Kondisi tertentu yang disebabkan oleh infeksi bisa yang menyebabkan bercak gelap di sekitar area tersebut.

Baca juga: Stop Garuk Vagina, Ini Cara Mengatasi Vagina Gatal!

5. Sindrom ovarium polikistik

Sindrom ovarium polikistik adalah suatu kondisi ketika kista kecil ditemukan berkembang di ovarium, dan menciptakan kekacauan hormon di dalam tubuh.

PCOS menyebabkan kelebihan hormon pria (androgen) dalam tubuh, dan ini dapat menyebabkan penggelapan pada miss v.

6. Iritasi

Selain menggunakan pakaian yang ketat, iritasi kulit juga bisa terjadi karena alergi terhadap jenis material pakaian tertentu.

Maka dari itu, pastikan kamu tidak mengenakan jenis kain yang menyebabkan rasa perih dan gatal. Iritasi pada kulit juga bisa terjadi karena penggunaan produk sabun yang salah. Sehingga, area genital menjadi lebih gelap.

Miss v hitam apakah normal?

Apakah hal tersebut normal? Jawabannya, ya, itu normal. Sangat normal jika kulit labia, skrotum, dan anus lebih gelap daripada area kulit tubuh lainnya. Penggelapan ini juga disebut hiperpigmentasi.

Menurut Health Line, pasca pubertas, kebanyakan orang memiliki kulit yang lebih gelap di area genital daripada area kulit lainnya.

Penggelapan ini sebenarnya tidak mengakibatkan efek samping atau komplikasi. Jadi, walaupun kamu mungkin tidak menyukai perubahan itu, biasanya itu tidak berbahaya.

Namun, perubahan warna miss v yang tiba-tiba juga dapat disebabkan oleh kondisi yang mendasarinya, seperti diabetes atau sindrom ovarium polikistik.

Jika penggelapan muncul tiba-tiba, itu juga bisa menjadi indikasi terjadinya infeksi menular seksual, seperti kutil kelamin.

Itulah sebabnya, jika hal ini terjadi secara mendadak dan disertai gejala-gejala lainnya, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter.

Cara mengatasi miss v hitam

Untuk membatasi penggelapan pada miss v, kamu perlu tahu cara terbaik untuk merawatnya. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah miss v menjadi gelap, yaitu:

  • Tidak menggunakan pakaian yang ketat. Sebaliknya, gunakan pakaian yang dapat menyerap keringat
  • Menghindari hair removal, seperti waxing atau mencukur, yang dapat menyebabkan folikulitis dan peradangan
  • Menjaga tubuh tetap lembap, bersih, dan kering agar tidak terjadi peradangan dan infeksi
  • Jika perubahan warnanya terjadi secara tiba-tiba, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter
  • Pilih produk miss v yang mengandung bahan-bahan alami seperti kayu cendana dan kunyit yang dikenal dapat membantu mencerahkan miss v. Pastikan untuk memilih produk yang tidak mengandung bahan pengawet atau bahan kimia. 
  • Menjaga tingkat pH miss v tetap seimbang 
  • Perhatikan berat badan kamu. Sebab, peningkatan berat badan yang signifikan bisa membuat kulit menjadi lebih gelap.

Miss v menjadi hitam merupakan hal yang normal. Tapi, jika kamu melihat gejala tambahan selain penggelapan miss v, jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter untuk memperoleh saran yang terbaik.

Share artikel ini
Reference