kalkulator bmi gratis

Siapa sih yang tak ingin memiliki berat badan ideal? Namun, bagaimana cara mengetahuinya? Nah, kamu bisa menggunakan kalkulator BMI gratis yang banyak tersedia online.

Yuk, cari tahu lebih jauh apa itu BMI dan cara menghitungnya! Temukan juga beberapa situs atau aplikasi yang menyediakan kalkulator BMI gratis di artikel ini.

Apa itu BMI?

Mari berkenalan dulu dengan BMI atau IMT sebelum menghitungnya dengan kalkulator BMI gratis. BMI adalah singkatan dari body mass index atau indeks masa tubuh (IMT). Perhitungan ini adalah hasil pembagian berat badan dengan tinggi badan yang dikuadratkan.

Lalu, mengapa angka BMI itu penting? Angka BMI dapat dijadikan acuan untuk mengecek apakah kamu mempunyai berat badan yang berlebih atau justru kurang berat badan.

Manfaat lainnya dari mengetahui angka BMI, yaitu membantu untuk menjaga rasio lemak tubuh dan juga mengetahui risiko penyakit apa saja yang mungkin dapat menyerang tubuh.

Sudah Tahukah Cara Menghitung Defisit Kalori? Ini Caranya

Bagaimana cara menghitung BMI?

Rumus menghitung BMI adalah berat badan dalam satu kilogram dibagi dengan tinggi badan dalam meter dikuadratkan. Misalnya, berat badan kamu 53 kg dan tinggi badan kamu 1,6 m, maka hasil BMI adalah 20,7 atau berada dalam kisaran berat badan ideal atau sehat. 

Berikut klasifikasi nilai BMI yang perlu kamu ketahui:

  1. Di bawah 18,5, berat badan kurang 
  2. Antara 18,5-24,9, artinya berat badan kamu normal dan berada dalam kisaran yang sehat
  3. 25-29,9, artinya berat badan berlebih
  4. 30-34,9, berat badan sudah sangat berlebihan dan berada dalam kisaran obesitas kelas 1
  5. 35-39,9, artinya kamu berada dalam kisaran obesitas kelas 2
  6. Di atas 40, kamu berada dalam kisaran obesitas kelas 3

Lantas, apakah angka BMI akurat? Dokter biasanya tidak hanya mengacu pada angka BMI untuk melihat kondisi kesehatan seseorang, tetapi juga mempertimbangkan beberapa faktor lain, seperti gaya hidup, pola makan, dan juga riwayat penyakit yang sedang atau pernah diderita.

Angka BMI juga tidak bisa menjadi acuan untuk mengetahui kesehatan ibu hamil karena berat badan ibu hamil yang ideal tentunya berbeda dengan berat badan ideal biasa.  Selain itu, perhitungan BMI juga tidak berlaku untuk anak-anak atau remaja berusia di bawah 18 tahun.

Massa otot, yang lebih berat dari lemak, tidak dihitung dalam BMI. Ini menandakan bahwa orang dewasa berotot atau atlet, dengan perhitungan BMI memiliki berat badan berlebih atau obesitas, tetapi lemak tubuh mereka rendah.

Orang dewasa yang kehilangan otot seiring bertambahnya usia pun mungkin tergolong ke dalam kisaran berat badan yang sehat meskipun mereka memiliki lemak berlebih.

Cara Menghitung Kalori Makanan Agar Diet Berhasil, Ini Dia Langkahnya

Gaya hidup sehat setelah gunakan kalkulator BMI gratis

selain hitung kalkulator bmi gratis terapkan gaya hidup sehat makan sayur

Kelebihan berat badan atau kekurangan berat badan bukanlah kondisi yang baik bagi tubuh. Keduanya dapat memicu berbagai macam penyakit jika kamu tidak menerapkan gaya hidup sehat.

Mengutip dari World Health Organization, ada 12 cara mudah menerapkan gaya hidup sehat, yaitu:

  1. Konsumsi jenis makanan yang terutama berasal dari tumbuhan bukan hewan
  2. Tambah menu makanan roti, biji-bijian, pasta, nasi atau kentang beberapa kali sehari
  3. Wajib mengonsumsi sayuran dan buah-buahan segar setidaknya 400 g per hari
  4. Jaga berat badan yang direkomendasikan (BMI 18,5-25) dengan melakukan aktivitas fisik tingkat sedang setiap hari
  5. Kontrol asupan lemak (tidak lebih dari 30% energi harian) dan ganti sebagian besar lemak jenuh dengan lemak tak jenuh
  6. Ganti daging berlemak dan produk daging dengan kacang-kacangan, polong-polongan, lentil, ikan, unggas, atau daging tanpa lemak
  7. Gunakan susu dan produk susu (kefir, susu asam, yoghurt, dan keju) yang rendah lemak dan garam
  8. Pilih makanan yang rendah gula, batasi frekuensi minuman manis dan permen
  9. Pilih diet rendah garam, asupannya tidak boleh lebih dari 1 sendok teh (5 g) per hari
  10. Olah makanan dengan cara rebus atau kukus daripada digoreng
  11. Untuk ibu menyusui, usahakan memberikan ASI eksklusif pada bayi hingga 6 bulan dan MPASI yang aman dan memadai setelah usia 6 bulan
  12. Lanjutkan pemberian ASI selama 2 tahun pertama usia si kecil

Apa Penyebab Berat Badan Naik saat Puasa? Ini Cara Jaga agar Tetap Ideal!

Kalkulator BMI gratis

Jika kamu belum mengetahui apakah berat badan kamu sudah ideal atau belum, kamu bisa mulai mencari tahu dengan menghitung BMI. Ada beberapa situs online terpercaya yang menyediakan kalkulator BMI gratis untuk membantu kamu mencari angka BMI. 

Kamu bisa menggunakan kalkulator BMI gratis yang ada di:

  1. Website Centers for Disease Control and Prevention – U.S. Department of Health & Human Services
  2. Aplikasi kalkulator BMI/IMT gratis yang tersedia di Play Store/App Store

Itulah penjelasan lengkap tentang apa itu BMI, cara menghitung, dan kalkulator BMI gratis yang banyak disediakan oleh situs kesehatan terpercaya untuk menghitung BMI. Jangan lupa untuk selalu menerapkan gaya hidup sehat ya, Yoonies!


Penulis: Tara Anugerah

Share artikel ini
Reference