Apakah kamu sedang mencari cara untuk menjaga kelembapan kulit selama cuaca panas? Solusi yang tepat untuk kamu adalah face mist. Face mist juga bisa dijadikan sebagai perawatan kulit harian. Produk kecantikan ini merupakan produk serbaguna yang melembapkan kulit. 

Tapi, saat ini ada berbagai jenis produk ini yang tersedia di pasaran. Sehingga, kamu mungkin merasa bingung untuk memilihnya. Agar tidak bingung, silakan simak artikel berikut yang akan membahas apa itu face mist dan cara memilihnya dengan tepat.

Apa itu face mist?

Face mist adalah produk perawatan wajah yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan pH kulit dengan cepat. Produk kecantikan ini juga bisa mempersiapkan kulit untuk menyerap serum, pelembap, dan produk skincare lainnya dengan maksimal.

Sebagian besar produk ini dikemas dengan bahan-bahan yang menghidrasi dan menenangkan. Sebagai perawatan kulit, produk ini dapat digunakan di atas maupun di bawah makeup.

Manfaat face mist

Sejumlah manfaat face mist, antara lain:

1. Membuat makeup lebih flawless

Mengaplikasikan face mist pada wajah yang telah dirias dapat memberikan hasil akhir yang lebih flawless, dewy, dan tahan lama. Penggunaan produk ini akan membantu alas bedak menyatu lebih baik dengan kulit. Sehingga, tampilan makeup terlihat lebih natural.

2. Menyegarkan kulit

Face mist dapat membuat wajah terasa sejuk dan menyegarkan meskipun cuaca sedang panas. Produk ini akan memulihkan kulit dalam semalam dengan memberikan hidrasi pada kulit.

Baca juga: 13 Kandungan Skincare untuk Kulit Berjerawat

3. Melembapkan kulit

Jika kamu menggunakan face mist yang dirancang dengan bahan yang menghidrasi, produk tersebut dapat melembapkan kulit sepanjang hari. Penggunaan produk ini tidak akan merusak tampilan makeup.

4. Menenangkan kulit yang sensitif

Jika kulit kamu sensitif, pemakaian face mist bisa membantu mengurangi kemerahan, menenangkan iritasi, dan mengembalikan kelembapan kulit. Semprotkan produk ini ke wajah untuk meringankan rasa sakit dan gatal yang disebabkan oleh jerawat, alergi, kemerahan, dan sunburn.

5. Meningkatkan penyerapan produk lain

Dengan produk ini, kulit akan lebih cepat menyerap produk skincare apa pun yang digunakan. Jadi, produk ini akan memaksimalkan kinerja lotion dan krim wajah yang kamu pakai. 

Baca juga: Rekomendasi Skincare Kulit Kering Agar Selalu Sehat dan Glowing!

6. Menghaluskan kulit

Jika kamu mengaplikasikan face mist sebelum alas bedak, produk ini dapat membuat kulit lebih halus dan terhidrasi sehingga lebih mudah dirias.

7. Mengendalikan breakout

Face mist dapat membantu para pemilik kulit yang berjerawat. Produk ini dapat membersihkan kulit wajah termasuk pori-porinya. Selain itu, produk ini dapat menyerap minyak berlebih dan membersihkan jerawat dengan membasmi bakteri jahat penyebab jerawat.

Cara memilih face mist

perbedaan toner dan micellar water

Ada banyak jenis kulit, yaitu kulit berminyak, kulit kering, kulit sensitif, kulit kombinasi, dan kulit normal. Setiap jenis kulit dapat memberikan reaksi berbeda terhadap suatu bahan tertentu. Beberapa cara memilih produk iniberdasarkan jenis kulit, yaitu:

  • Gunakan face mist yang mengandung squalane, shea butter, minyak kelapa, asam hialuronat, atau propanediol jika kamu memiliki kulit yang kering. Bahan-bahan ini dapat membantu menjaga kelembapan kulit agar tetap terhidrasi. 
  • Jika kamu memiliki kulit yang sensitif, hindari bahan-bahan yang bisa mengiritasi kulit, seperti alkohol dan wewangian. Sebagai gantinya, pilih bahan-bahan yang lembut, seperti lidah buaya, mentimun, dan sebagainya.
  • Apabila kamu memiliki kulit yang berminyak, gunakan produk yang mengandung air mawar, lidah buaya, atau teh hijau. Air mawar dapat menyeimbangkan minyak alami pada kulit. Lidah buaya dapat mengurangi peradangan dan mengatasi pori-pori yang tersumbat. Teh hijau dapat mengurangi peradangan dan menghidrasi kulit.
  • Jika kamu punya kulit yang kombinasi, pakailah face mist dengan kandungan hyaluronic acid dan air mawar.

Cara menggunakan face mist yang benar

Berikut ini adalah cara menggunakan face mist yang benar.

1. Siapkan kulit

Sebelum mengaplikasikan produk ini, lakukan rutinitas perawatan kulit yang biasa kamu lakukan. Dengan begitu, kulit akan siap untuk menyerap bahan aktif yang terkandung pada produk tersebut.

2. Kocok sebelum diaplikasikan

Sebelum diaplikasikan, kocok botolnya terlebih dahulu. Semprotkan sebanyak 3 hingga 5 kali pada kulit wajah. Agar cakupannya lebih merata, gerakkan botol searah jarum jam di sekitar wajah.

3. Gunakan sebelum pelembap

Menggunakan produk ini di bawah pelembap dapat membantu kulit menyerap produk skincare yang kamu gunakan. Dengan begitu, kulit akan menjadi lebih lembut dan halus. Semprotkan produk ini pada wajah beberapa kali setelah mandi. Kemudian, oleskan pelembap pada kulit.

4. Gunakan setelah makeup

Produk ini dapat mengunci semua produk yang dipakai pada wajah agar makeup-nya tahan lama sepanjang hari. Semprotkan face mist pada wajah setelah semua riasan, termasuk alas bedak, concealer, lipstik, dan sebagainya diaplikasikan.

5. Beri jarak ketika disemprotkan

Ketika kamu menggunakan produk ini, perhatikan jaraknya ketika disemprotkan. Saat kamu menggunakannya, pegang sekitar enam inci dari wajah. Biarkan selama satu menit.

6. Aplikasikan setiap malam

Agar hasilnya maksimal dan optimal, aplikasikan kembali pada setiap malam. Jadikan sebagai rutinitas perawatan kulit kamu.

Gunakan produk untuk mempersiapkan kulit sebelum kamu menggunakan serum dan pelembap. Kamu bisa menggunakannya pada siang hari untuk menyegarkan wajah. Jangan lupa untuk mengocok botol produk sebelum diaplikasikan, ya.

Share artikel ini
Reference