cara mengecilkan payudara

Cara mengecilkan payudara menjadi pembahasan yang cukup banyak dibicarakan oleh banyak wanita. Karena payudara yang semakin besar dapat menimbulkan ketegangan pada otot bahu, leher, punggung dan menyebabkan rasa sakit yang sangat mengganggu.

Payudara yang besar akan menjadi beban sendiri bagi tubuh, sehingga tubuh akan lebih condong ke bagian depan karena menopang payudara yang berat. Selain itu, aktivitas sehari-hari pun akan terganggu apalagi ketika harus berlari dan melakukan kegiatan aktif lainnya.

Apakah payudara besar normal?

Payudara sendiri tersusun dari jaringan lemak dengan reseptor atau penerima hormone. Perubahan hormonal pada tubuh dapat menyebabkan jaringan payudara menjadi lebih besar secara alami.

Selama tidak mengganggu kenyaman dalam melakukan kegiatan sehari-hari dan tidak mengganggu kesehatan kamu, payudara yang besar adalah hal yang normal. Berikut tanda ukuran payudara besar kamu normal atau tidak normal.

  1. Mengalami masalah punggung

Jika payudara kamu besar dan tubuh kamu memiliki masalah postur, hal ini pertanda bahwa ukuran payudara kamu tidak normal. Ketika tubuh merasa lelah dan berat dengan beban payudara tubuh akan cenderung condong dan bungkuk ke bagian depan.

Selain itu, setelah punggung yang bungkuk perlahan leher pun ikut merasakan sakit dan bahu akan menjadi sangat tegang dan melemah. Hal ini akan sangat mengganggu kegiatan sehari-hari apalagi ketika melakukan pekerjaan.

  1. Merasa nyeri

Melakukan olahraga dengan ukuran payudara besar akan sangat menjadi beban. Apalagi ketika kamu diharuskan untuk berlari, akan terasa seolah-olah membawa beban yang berat untuk ditopang tubuh.

Sehingga, terkadang payudara yang besar dan ukuran yang sudah tidak normal dapat menghambat kinerja kamu dan mengganggu keseharian kamu untuk melakukan kegiatan olaharaga atau sekolah.

  1. Tidur kurang berkualitas

Ketika  memiliki payudara yang besar, kamu sudah merasa tidak nyaman saat berbaring terlentang dan merasa sesak. Sehingga harus tidur dengan posisi tengkurap. Hal ini pun akan menjadi pengaruh buruk pada postur tubuh dan paru-paru kamu.

Sehingga saat tidur, kamu tidak bisa bernapas dengan baik dan memiliki kualitas tidur yang kurang baik karena posisi yang tidak nyaman. Hal ini juga menjadi pertanda jelas bahwa ukuran payudara besar kamu sudah tidak normal.

Apa penyebab payudara besar

Payudara akan sensitif terhadap perubahan berat badan yang drastic baik naik ataupun turun. Karena adanya jaringan lemak pada payudara sehingga berat badan pun akan sangat berpengaruh terhadap ukuran payudara.

  1. Genetik, merupakan hal yang menjadi peran utama penyebab payudara besar karena, gen menentukan faktor-faktor seperti elastisitas kulit dan kepadatan jaringan yang dapat mempengaruhi bentuk dan ukuran payudara.
  2. Indeks Massa Tubuh, berat badan dan BMI kamu juga bertanggung jawab atas ukuran payudara. Orang yang memiliki BMI tinggi biasanya akan cenderung memiliki payudara yang lebih besar.
  3. Usia, menjadi faktor lainnya yang dapat mempengaruhi ukuran payudara karena dengan bertambahnya usia, ligamen yang menahan payudara kamu dapat kehilangan kekuatan dan menyebabkan kekenduran.
  4. Menyusui, jumlah anak yang kamu miliki dan riwayat menyusui menjadi faktor lainnya yang memiliki hubungan dengan ukuran payudara. Ketika payudara memproduksi ASI, maka payudara akan menjadi berat dan cenderung melorot.

Bagaimana cara mengecilkan payudara secara alami dan aman 

Memiliki payudara dengan ukuran yang besar dan tidak kurang sesuai dengan proporsi tubuh tentunya akan sangat mengganggu. Meski begitu, kamu tetap bisa mengecilkannya secara alami dengan mengikuti langkah-langkah berikut.

  1. Latihan beban

Melakukan latihan beban dan dengan kombinasi aktivitas keseharian yang tinggi dan panjang serta asupan nutrisi yang teratur akan membantu tubuh kamu membakar lemak berlebih. Melakukan aktivitas pembakaran lemak akan sangat berpengaruh pada ukuran payudara.

  1. Kardio

Selain melakukan latihan beban, kamu juga bisa mencoba latihan kardio. Selain bisa meningkatkan kesehatan jantung, kardio juga membantu kamu untuk membakar kalori tubuh lebih banyak dan mempertahankan oto serta menjaga metabolisme tubuh.

Sehingga, olahraga atau latihan yang kamu lakukan tidak akan memberikan beban berat pada tubuh. Latihan kardio akan membantu menjaga tubuh tetap bugar dan membantu mengecilkan payudara kamu secara alami dan aman.

  1. Peregangan

Perempuan dengan payudara yang berat diharuskan melakukan latihan peregangan dengan mobilitas dan latihan rutin. Hal ini membantu melatih oto bahu dan punggung menjadi lebih kuat dan memperbaiki postur tubuh menjadi tegak dan mencegah dari risiko cedera otot.

Memiliki payudara dengan ukuran besar dan tidak normal akan sangat mengganggu kegiatan sehari-hari. Kamu bisa mencoba latihan sederhana dengan frekuensi yang rutin untuk salah satu cara mengecilkan payudara secara alami tanpa operasi.

photo by pexels

Share artikel ini
Reference