cara hubungan ldr bertahan lama
Hidup Sehat

Cara Hubungan LDR Bertahan Lama: Ini Rahasianya!

dr. Wisniaty Condro | Februari 15, 2022
Share

Long distance relationships atau yang lebih dikenal dengan LDR cukup sering dialami oleh pasangan. Hubungan LDR memang bisa diawali dari pertemuan di dunia maya (namun terpisah antar kota, bahkan antar benua) atau kamu dan pasangan yang awalnya dapat bertatap muka setiap saat kini terpaksa dipisahkan oleh jarak karena tawaran pekerjaan, pendidikan, dan sebagainya.

Bagaimanapun LDR itu terjadi, sudah bukan hal yang rahasia lagi bahwa LDR termasuk tantangan berat yang  dialami oleh tiap pasangan. Ditambah lagi, lika-liku dalam hubungan LDR yang cukup melelahkan dan menguras emosi bisa mengancam kelangsungan hubungan LDR.

Lalu, bagaimana cara agar hubungan LDR bertahan lama? Simak ulasannya di sini!

Apa itu hubungan LDR?

Hubungan LDR dikutip dari kamus Oxford didefinisikan sebagai hubungan romantis antara dua orang yang terpisah oleh jarak sehingga menghalangi mereka untuk bertemu secara langsung setiap hari.

Jika dibandingkan dengan jaman dulu, hubungan LDR jaman sekarang tampak lebih mudah karena perkembangan jaman dan teknologi. Akan tetapi, untuk menjaga keharmonisan hubungan LDR, kedua pasangan perlu mebangun fondasi yang kuat mulai dari kepercayaan, komunikasi, komitmen dan sebagainya.

Faktor yang memengaruhi keharmonisan hubungan LDR

Jika dilihat dari aspek psikologi LDR, ada tiga faktor utama yang memengaruhi keharmonisan hubungan LDR yaitu:

Kepercayaan

Isu kepercayaan adalah bagian tak terhindarkan dari LDR, terutama jika pasangan baru menjalin hubungan. Apalagi, banyaknya asumsi yang menganggap bahwa kandasnya hubungan jarak jauh disebabkan oleh keraguan akan kesetiaan dari salah satu pihak.

Untuk membangun suatu kepercayaan membutuhkan waktu yang lama dan menghancurkannya hanya butuh hitungan detik. Jadi, kamu jangan menyia-nyiakan kepercayaan yang sudah terbangun di antara kalian, ya.

Komitmen

Komitmen adalah seberapa besar usaha yang kalian lakukan untuk menjaga hubungan LDR. Kepercayaan dan komitmen untuk setia pada pasangan tentunya akan membuat hubungan LDR berjalan harmonis.

Pola pikir

Pola pikir terbukti berperan dalam keharmonisan hubungan LDR maupun performa kerja kamu dalam dunia kerja. Jadi selama kamu melihat hubungan LDR ini dalam sisi yang positif maka hasil yang didapatkan tentunya juga akan positif.

Cara hubungan LDR bertahan lama

Sebenarnya, sebagian besar kesuksesan hubungan LDR bergantung pada usaha pasangan untuk mempertahankan hubungan itu. Mulai dari memupuk kepercayaan, komitmen, dan pola pikir. Berikut beberapa cara yang juga diperlukan agar hubungan LDR bertahan lama:

  • Komunikasi yang nyaman, baik dari segi durasi, frekuensi dan kebutuhan masing-masing pasangan
  • Sikap yang konsisten dalam meyakinkan pasangan bahwa hubungan LDR yang kalian jalankan dapat berhasil
  • Rutin memberikan kabar kepada pasangan baik dalam bentuk video, foto, pesan teks dan sebagainya
  • Kesabaran dalam menjalani hubungan LDR baik dalam mengatasi konflik dan ekspektasi pasangan

Agar cara-cara tersebut di atas dapat berhasil, kamu boleh mengikuti tips-tips di bawah ini agar hubungan LDR yang dijalani dapat bertahan lama.

Tips menjaga hubungan LDR bertahan lama

Yap, meskipun hubungan LDR terlihat sulit dan menantang, hubungan ini tetap dapat berhasil dan langgeng. Hanya saja, LDR membutuhkan usaha dan pengertian ekstra dari pasangan. Berikut tips untuk menjaga hubungan LDR agar bertahan lama:

Prioritaskan jadwal dengan baik

Jika kalian sedang atau baru menjalani LDR, kalian perlu menyusun jadwal bersama pasangan kalian. Buatlah jadwal mengabari pasangan maupun aktivitas lain yang perlu diketahui oleh mereka. Jadwal ini berguna untuk mengonfirmasi kedua pihak supaya tidak ada yang merasa kecewa dan justru membuat kesalahpahaman lainnya.

Dengan cara ini, pasangan juga akan merasa bahwa mereka menjadi bagian penting dalam hidup kamu.

Pastikan bahwa kalian memiliki tujuan yang serupa

Setiap pasangan perlu membuat tujuan yang ingin dicapai bersama. Untuk mengukurnya, biasakan untuk melakukan evaluasi berkala. Misalnya, apakah kalian ingin melanjutkan hubungan dalam jangka lama atau tidak, atau apakah ada rencana untuk meningkatkannya ke tahapan yang lebih lanjut. Dengan demikian, kalian akan semakin mudah merencanakan masa depan dan memperkuat hubungan kalian.

Manfaatkan teknologi

Perkembangan teknologi yang canggih berperan dalam membantu pasangan menjalin hubungan LDR. Baik email, telepon genggam, hingga media sosial seperti facebook, instagram, twitter, zoom, dan sebagainya bisa kalian manfaatkan untuk saling berkomunikasi.

Jangan sepenuhnya bergantung pada teknologi

Ya, meskipun sebelumnya media sosial memberi banyak dampak positif bagi pasangan, tetap saja kamu membutuhkan sesuatu simbol khusus berupa barang atau hadiah yang bisa mengingatkanmu pada pasangan. Misalnya berupa pakaian atau hadiah kecil seperti kartu ucapan, boneka dan sebagainya yang dapat kamu pajang.

Coba untuk berkomunikasi secara rutin dan kreatif

Menjalin komunikasi yang terbuka memegang peranan penting untuk menjaga hubungan LDR bertahan lama. Upayakan agar komunikasi yang dijalin berjalan dua arah. Misalnya, kalian dapat membahas tentang apa saja kegiatan yang ingin dilakukan saat kalian bertemu nantinya. Dengan cara ini, kalian dapat saling memahami pasangan dan mempelajari ungkapan bahasa cinta atau love language dari pasangan lho.

Melakukan hal secara bersama-sama

Janganlah hanya bergantung hanya pada komunikasi pesan teks semata. Kamu dan pasangan dapat melakukan kegiatan seru lainnya seperti menonton film, bertamasya, bahkan memasak bareng secara virtual untuk menambah kesan romantis. Lalu, momen kebersamaan itu bisa kamu simpan dan dijadikan kenangan unik bersama pasangan.

Rencanakan kunjungan atau pertemuan

Yay, pasti inilah momen yang ditunggu-tunggu oleh kedua pasangan yang menjalin hubungan LDR. Setelah menanti sekian lama, kalian dapat berjumpa dan menikmati kebersamaan sebagai pasangan. Pilih tanggal merah atau libur panjang untuk bertemu. Lalu rencanakan daftar tempat dan kegiatan yang ingin dilakukan bersama pasangan.

Habiskan waktu untuk sendiri atau bersama teman dan keluarga

Selain menghabiskan waktu bersama pasangan, ada banyak hal lain yang bisa kamu coba lakukan bersama keluarga dan teman. Kamu juga bisa fokus melakukan hal seperti hobi, olahraga ataupun hangout bersama mereka.

Jujur dan saling percaya

Jujur dan saling percaya adalah fondasi dari suatu hubungan. Ungkapkan perasaan cemas, khawatir, cemburu yang kamu rasakan secara jujur dan terbuka dengan pasangan. Jangan memendam sendiri semua perasaan tersebut, ya.

Berikan hadiah spesial

Hadiah spesial bisa menjadi suatu tanda kenangan hubungan kalian. Baik hadiah kecil atau besar, pastikan kamu memilih hadiah yang sesuai. Jenis hadiah yang bisa kamu berikan berupa liontin, cincin, gantungan kunci, koleksi lagu dan video, kartu ucapan atau sketsa buatan sendiri ataupun parfum. Hadiah sederhana ini bisa menjadi sangat berharga bagi seseorang, lho.

Tetap positif

Hal-hal kecil positif dalam hubungan seperti candaan, maupun kabar baik dari masing-masing pasangan dapat menjaga dan memupuk keharmonisan hubungan. Tetaplah bersyukur dan jadikan hubungan LDR ini bukan sebagai hambatan melainkan sebagai proses pembelajaran positif untuk kalian ya.

Yakinkan pasangan kamu

Memantapkan komitmen dan saling mendukung antar pasangan sangat krusial saat mengalami cobaan dalam hubungan LDR. Sesekali, yakinkan pasangan kamu bahwa hubungan LDR kalian akan berhasil dengan berusaha bersama-sama.

Keterbukaan

Keterbukaan diperlukan dalam hubungan LDR agar bertahan lama. Kamu dan pasangan dapat memulainya dengan saling terbuka dan berdiskusi mengenai apapun kekurangan dalam hubungan kalian.

Jarak bukanlah halangan dalam hubungan LDR. Memang, dibutuhkan usaha lebih dan cara kreatif untuk menjalaninya. Namun, justru ini bisa semakin mempererat hubungan kalian. Kamu pasti bisa!

Reference
Share