resolusi 2023

Sudahkah kamu membuat resolusi 2023 di tahun baru ini? Atau mungkin kamu masih belum tahu resolusi apa yang ingin dibuat? Membuat resolusi sebenarnya sangat mudah, namun mewujudkannya akan menjadi tantangan tersendiri.

Banyak orang yang gagal dalam mewujudkan resolusinya karena berbagai alasan, salah satu alasan umumnya yaitu karena resolusi yang terlalu tinggi. Masih bingung dengan resolusi? Yuk, kita bahas selengkapnya!

Apa yang dimaksud dengan resolusi?

arti girlfriend day

Resolusi adalah rencana atau tujuan yang biasanya dibuat di awal tahun baru dengan tujuan mewujudkannya hingga tahun itu berakhir. Hampir semua orang bersemangat ketika menghadapi tahun baru, mereka menganggap lembaran baru dan kehidupan baru telah dimulai.

Menurut sejarah, resolusi tahun baru dimulai di Babel kuno lebih dari 4.000 tahun yang lalu dalam upaya untuk menyenangkan dewa-dewa mereka. Barbara Santini, seorang psikolog, percaya bahwa orang Babilonia mendatangi dewa mereka dengan janji dan mengharapkan bantuan di tahun baru.

Kemudian di masa kini banyak orang di seluruh dunia membuat resolusi tahun baru, atau berjanji pada diri sendiri untuk mencapai tujuan tertentu di tahun mendatang. Tradisi ini tentu menjadi kebiasaan baik karena dapat menumbuhkan semangat untuk menjalani hari baru.

Tips Menjadi Seorang Wanita Mandiri, Kamu Juga Bisa!

Resolusi tahun baru

Jika kamu masih bingung untuk menentukan tujuan atau belum pernah sama sekali membuat resolusi tahun baru. Resolusi 2023 kali ini mungkin akan berbeda setelah kamu menyimak beberapa resolusi paling populer sepanjang masa menurut The Healthy berikut:

1. Olahraga teratur

Resolusi Tahun Baru yang paling umum berkaitan dengan menjadi kesehatan dan olahraga, menurut survei YouGov. Kamu bisa menghindari kemalasan berolahraga dengan mengajak teman pergi ke gym atau berolahraga bersama.

cara menghilangkan stres dengan yoga

2. Nikmati hidup sepenuhnya

Biasanya, sasaran uang menjadi prioritas di sebagian besar resolusi tahun baru. Tetapi survei tahun 2018 yang dilakukan oleh GoBankingRates.com menemukan, bahwa resolusi tahun baru teratas di antara responden adalah “menikmati hidup sepenuhnya”. 

3. Lebih hemat

Manajemen keuangan menjadi kunci hidup yang lebih baik dan patut menjadi resolusi 2023. Untuk mengatur keuangan, pertimbangkan untuk menetapkan anggaran dan kemudian mencari cara untuk memotong biaya atau menghasilkan uang tambahan.

Yuk, Kenalan dengan Gaya Hidup Frugal Biar Belajar Hidup Hemat!

4. Habiskan lebih banyak waktu dengan keluarga dan teman

Menghabiskan waktu bersama orang tersayang sangat bagus untuk kesehatan dan kesejahteraan, menurut sebuah studi tahun 2019 di PLoS One. Studi tersebut menemukan lingkaran sosial seseorang menjadi prediktor kesehatan yang lebih baik, termasuk mengurangi stres, kebahagiaan dan sikap positif.

5. Belajar sesuatu yang baru

Ini adalah salah satu resolusi yang paling sering gagal. Mempelajari hal-hal baru bisa membuat frustasi, sulit, dan menguras waktu seseorang. Mulailah dari yang kecil, daripada mendaftar ke kelas bahasa, mulailah dengan aplikasi pembelajaran bahasa di smartphone. 

6. Hentikan kecanduan smartphone 

Kecanduan ponsel itu nyata. Rata-rata orang memeriksa ponsel sebanyak 50 kali sehari, menurut penelitian tahun 2018 dari Journal of Accountancy. Menyadari hal ini adalah awal yang baik, kamu bisa mencari kegiatan lain sebagai pengalihan ponsel.

7. Mengurangi stres

Jika kamu memutuskan untuk mengurangi stres di tahun baru, kamu dapat mencoba mejadikan meditasi sebagai kebiasaan. Dengan menyisihkan sepuluh menit sehari untuk bermeditasi, kamu dapat membuat kemajuan nyata menuju tujuan pengurangan stres, menurut saran para ahli di Mayo Clinic

Contoh resolusi hidup sehat

Hidup sehat menjadi resolusi 2023 yang paling umum, semakin banyak orang sadar akan kesehatan mereka dan pola hidup buruk yang selama ini dijalani. Jika kamu bertekad untuk hidup sehat, beberapa resolusi spesifik berikut mungkin bisa membantu:

Mengubah menu dessert 

Dessert manis memang selalu menjadi favorit, tapi demi menjalani hidup baru yang lebih sehat sebaiknya kamu menggantinya dengan buah segar.

makanan pantangan kolesterol

Ubah posisi duduk

Terutama bagi kamu yang bekerja di depan komputer setiap hari, cari tahu posisi duduk yang tepat agar leher, punggung, atau pinggang kamu tidak bermasalah dikemudian hari.

Atur alarm tidur

Mungkin selama ini kamu tidur saat sudah mengantuk, tapi cobalah atur alarm untuk tidur agar kamu bisa mendapat tidur berkualitas.

Jalan kaki lebih sering

Meskipun melewatkan olahraga, jalan kaki lebih sering bisa membuat jantung dan peredaran darah bekerja lebih baik.

Sarapan dengan sayur

Hindari makan gorengan untuk sarapan, mulailah masukan sayur segar ke menu sarapan kamu demi hidup yang lebih sehat.

Selamat mencoba!

Share artikel ini
Reference