kalori siomay

Jumlah kalori dalam siomay memang patut dipertanyakan. Sebab, siomay memiliki beragam jenis, bentuk, cara pengolahan, dan cara penyajian. 

Bagi kamu pecinta siomay, biasanya jumlah kalori tidak terlalu menjadi perhatian. Tapi bagi kamu yang sedang menjalankan pola hidup sehat atau diet, jumlah kandungan kalorinya tentu harus menjadi perhatian.

Berapa jumlah kalori siomay?

Meskipun jumlah kalori dalam siomay dapat sedikit bervariasi tergantung pada ukuran pangsit dan cara pengisiannya, informasi nutrisi berbasis survei umum dari Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) menyebut, satu siomay berukuran sedang mengandung 41,8 kalori.

Kalori Singkong Rebus dan Berbagai Manfaatnya, Sudah Tahu?

Siomay dalam ukuran tersebut juga mengandung 1,7 g lemak, 4,1 g karbohidrat, 0,4 g serat, 0,9 g gula, dan 2,5 g protein. Ini berlaku untuk isian daging, ungags, dan makanan laut.

Kandungan nutrisi penting dalam pangsit daging, unggas, atau makanan laut ukuran sedang yang disebutkan di atas termasuk kalsium (23 mg), magnesium (18 mg), fosfor (106 mg), kalium (237 mg), selenium (14,8 mcg), seng (1,4 mcg). mg), folat (15 mcg) dan 368 mg natrium yang sangat penting.

Tips makan siomay untuk menurunkan berat badan

Tips Makan Siomay
Tips Makan Siomay

Siomay tergolong makanan yang sehat karena mengandung banyak bahan utuh yang dapat menawarkan berbagai macam mikronutrien yang berbeda. Namun, ada keseimbangan makronutrien yang buruk karena sebagian besar kalori berasal dari karbohidrat dan lemak. 

Ini berarti siomay tidak ideal untuk mengatur berat badan yang sehat tetapi masih bisa dimakan jika porsinya dikontrol dengan benar.

Berikut ini adalah beberapa cara supaya siomay tetap bisa menjadi bagian dari diet sehatmu.

Pahami berbagai gaya siomay dan kalorinya

Siomay memiliki beragam farian. Artinya, isiannya pun berbeda. Meski sedikit sulit menghitung jumlah kalori yang ada, kamu tetap bisa mempertimbangkan beberapa bahan makanan agar tidak saling bertabrakan. Misal, siomay dengan isian sayur bisa dicampur dengan tahu.

Pahami berapa banyak siomay yang dapat kamu makan dalam satu porsi

Untuk mengetahui berapa banyak kalori yang dapat kamu konsumsi dalam satu makanan, kamu harus mengetahui total kebutuhan kalori harian.

Pastikan untuk berolahraga secara teratur dan membentuk otot

Karena rasanya yang enak, kamu mungkin tergoda untuk memakannya lagi dan lagi. Supaya tidak kelebihan berat badan, pastikan untuk berolahraga secara teratur.

Kamu bisa berolahraga ringan seperti berjalan lambat selama 10 menit, kemudian berjalan cepat 10 menit kemudian. Lakukan Langkah ini secara bergantian.

Makan kukus atau rebus dan hindari yang goreng

Makanan yang dikukus atau direbus tdak membuat kandungan di dalamnya bertambah. Justru kebanyakan kandungannya berkurang. Sebaliknya, makanan yang digoreng akan bertambah karena tambahan minyak goreng.

Meski ketiga cara mengolah makanan di atas tidak selalu berlaku untuk kandungan makanan, kamu tetap bisa menyeimbangkan diet selama memerhatikan cara lain yang sudah disebutkan.

Sering Jadi Favorit Camilan, Berapa Kalori Tempe Goreng?

Resep siomay yang sehat

Kamu bisa menyiapkan bahan-bahan sederhana berikut ini untuk membuat siomay yang sehat.

BAHAN:

250g daging giling

1 sdt bumbu serbaguna atau sesuai selera

2 sdm. Kecap

1 bungkus bungkus pangsit

1 sdm Bawang Putih, cincang

2 sdm. Daun bawang, cincang

1 buah Bawang kecil, cincang

1 buah telur sedang, kocok

Garam dan merica, sesuai selera

Rendahnya Kalori Tahu Cocok untuk Diet, Ini Resep Sehat Memasaknya!

  • Langkah pertama, campurkan daging giling bersama dengan semua bahan lainnya secara menyeluruh dalam mangkuk. Kemudian, biarkan dingin di lemari es selama sekitar 20 menit. 
  • Panaskan air hingga mendidih. 
  • Sementara itu, bungkus sekitar 1 sdm gram daging giling ke dalam bungkus pangsit. Susun semua pangsit dalam tempat kukusan.
  • Setelah 30 menit memanaskan air, kukus pangsit hingga terlihat sedikit pucat, lalu sajikan dan nikmati selagi masih panas.
Share artikel ini
Reference