kalori singkong rebus

Singkong merupakan salah satu makanan pokok berbagai negara di dunia. Meskipun, sebagian besar masyarakat Indonesia menjadikan nasi sebagai makanan pokoknya, tapi mengkonsumsi singkong rebus juga menjadi salah satu kegemaran banyak orang, loh. Nah, kira-kira berapa sih kalori singkong rebus dan manfaatnya untuk tubuh? Berikut ulasannya.

Kalori dan nutrisi singkong rebus

Jika kamu gemar mengkonsumsi singkong, penting untuk mengetahui kalori singkong rebus dan berbagai kandungan nutrisi yang terkandung di dalamnya. 

Berapa Kalori Ubi Rebus? Amankah untuk Diet?

Dalam setiap 100 gram singkong rebus memiliki:

  • 151 kalori
  • 0,3 g lemak
  • 32,7 g karbohidrat
  • 5 g serat
  • 1,2 g protein
  • 1,3 g gula
  • 2 mg sodium, dan 
  • 261 mg potassium. 

Selain berbagai kandungan tersebut, singkong sendiri juga diperkaya dengan antioksidan, vitamin C, folat, vitamin A, vitamin B, fosfor, zinc dan magnesium.

Manfaat makan singkong

manfaat makan singkong

Setelah mengetahui kalori singkong rebus dan nutrisinya, kamu juga perlu mengetahui berbagai manfaat makan singkong. Ternyata, mengonsumsi singkong memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Berikut beberapa manfaatnya:

1. Menambah energi

Salah satu manfaat singkong adalah menambah energi. Ini karena singkong memiliki kalori yang cukup tinggi, yakni sekitar 150 kalori setiap 100 gram singkong. Dengan jumlah kalori tersebut, dapat memberikan energi yang dibutuhkan tubuh untuk melakukan berbagai aktivitas. 

2. Sumber serat dan karbohidrat kompleks

Bukan hanya kalori, singkong juga memiliki kandungan nutrisi lainnya, termasuk serat dan karbohidrat kompleks. Berbagai nutrisi ini berguna untuk mengurangi peradangan, mengendalikan kadar gula hingga menjaga saluran pencernaan.

3. Memiliki kandungan antioksidan

Singkong diperkaya dengan vitamin C, beta karoten dan vitamin A yang merupakan antioksidan yang baik untuk tubuh. Kandungan vitamin A dan C pada singkong berguna untuk mencegah penyakit jantung, melindungi tubuh dari radikal bebas, hingga mengatasi kerutan. 

Singkong juga mengandung betakaroten yang dapat mencegah gejala asma kambuh, meningkatkan daya tahan tubuh, dan baik untuk menjadi kesehatan kulit. 

4. Membantu mengontrol gula darah

Singkong memiliki nilai indeks glikemik rendah. Ini membuat kadar gula darah tidak cepat naik. Bahkan, singkong kerap disebut sebagai makanan yang dapat membantu mengontrol kadar gula untuk orang dengan diabetes

5. Mengandung pati resisten

Singkong merupakan makanan yang mengandung pati resisten tinggi. Ini adalah jenis pati yang melewati pencernaan serta bersifat mirip dengan serat larut. Kandungan ini akan memberikan banyak manfaat untuk tubuh. 

Pati resisten akan memberi makan bakteri yang ada di usus. Bukan hanya itu, pati resisten juga dapat membantu mengurangi peradangan hingga meningkatkan kesehatan pencernaan.

Selain itu, pati resisten juga dapat meningkatkan kesehatan metabolisme, mengurangi risiko diabetes dan mengurangi risiko obesitas. Berbagai manfaat tersebut, disinyalir berkaitan dengan peningkatan rasa kenyang hingga manajemen gula darah yang meningkat karena mengkonsumsi singkong.

6. Sumber vitamin C yang baik

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, singkong memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Vitamin yang satu ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah kekebalan tubuh. Vitamin C sendiri dapat melindungi tubuh dari stres oksidatif serta membantu mendukung fungsi kekebalan tubuh kamu. 

Bahkan, vitamin C juga memiliki banyak manfaat untuk kulit. Vitamin ini dapat merangsang produksi kolagen yang merupakan protein yang ditemukan dalam tulang, otot, kulit, hingga persendian. Bahkan vitamin C juga dapat mencegah kerusakan kulit. 

7. Menurunkan berat badan

Singkong juga menjadi makanan yang baik untuk dikonsumsi saat diet. Ini karena singkong memiliki kandungan serat yang dapat membuat kamu kenyang lebih lama dan menyehatkan susus. Bahkan, singkong juga dapat membantu menurunkan kolesterol dalam darah dan mengontrol gula darah. 

Ingin Menurunkan Berat Badan? Cobain Menu Diet Defisit Kalori Ini!

Berapa lama merebus singkong?

Salah satu cara mudah untuk mengolah singkong adalah dengan merebusnya. Bukan hanya perlu memperhatikan kalori singkong rebus dan nutrisinya, kamu juga perlu tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat singkong rebus yang enak. 

Cara membuat singkong rebus juga cukup mudah. Kupas singkong dan cuci bersih lalu masukan dalam panci berisi air mendidih. Kamu juga bisa tambahkan garam untuk memberikan cita rasa asin dan gurih pada singkong rebus.

Rebus singkong selama 20 menit. Untuk memastikan tingkat kematangannya, kamu bisa gunakan tusuk sate untuk menusuk daging singkong. Jika sudah matang, kamu bisa angkat singkong tersebut. 

Namun, perlu diingat bahwa singkong mungkin tidak matang secara bersamaan. Jika kamu memotong singkong menjadi beberapa bagian, pastika semua singkong memang sudah benar-benar matang.

Share artikel ini
Reference