hari lansia nasional

Apakah banyak orang-orang berusia lanjut di sekitarmu? Lansia atau lanjut usia merupakan orang-orang dengan angka harapan hidup tinggi dan peringatan akan hari lanjut usia banyak diselenggarakan baik secara nasional maupun internasional.

Hari lansia bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan kesejahteraan bagi penduduk berusia lanjut. Kapan hari lanjut usia sedunia? Yuk simak fakta dan sejarahnya.

Kapan hari lanjut usia sedunia?

Hari lanjut usia sedunia diselenggarakan setiap tanggal 1 Oktober dan diperingati pada setiap tahunnya.

Pertama kali hari lansia dicetuskan oleh International Day Of Olders Person dan disahkan pada tahun 1990 oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa. 

Sedangkan hari lanjut usia nasional sendiri merupakan salah satu hari penting di Indonesia sebagai salah satu wujud kepedulian dan penghargaan kepada orang yang berusia lanjut. Hari lansia nasional dirayakan setiap tanggal 29 Mei. 

Menurut undang-undang no. 12 yang dikeluarkan pada tahun 1998, hari lansia diratakan untuk bentuk penghargaan orang dengan usia lanjut dan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kesejahteraan sosial bagi orang lanjut usia yang ada di Indonesia.

Banyak kegiatan yang akan dilakukan pada hari lansia seperti senam bersama, penyerahan [paket bantuan, mengadakan perlombaan dan bermacam kegiatan seru lain untuk para lansia.

Umumnya pada hari lansia juga akan diselenggarakan seminar atau diskusi bersama dengan lansia dengan tema lanjut usia.

Perayaan dari hari lansia sendiri merupakan salah satu cara untuk dapat memupuk harapan akan pelayanan kesehatan, kesejahteraan dan produktivitas yang terus meningkat bagi orang lanjut usia.

Tujuan dari perayaan ini juga sebagai tanggapan peluang dan tantangan akan populasi perkembangan masyarakat dunia dari segala usia.

10 Penyakit Lansia dan Cara Mencegahnya

Sejarah hari lanjut usia internasional

International Day Of Older Person atau hari lanjut usia internasional merupakan salah satu perayaan yang ditetapkan pada sidang umum PBB berdasarkan resolusi pada no. 45/106 tanggal 14 Desember 199.

Penetapan akan adanya hari lansia ini merupakan kelanjutan dari Vienna Plan atau Vienna International Plan Of Action On Aging.

Kesempatan ini diputuskan di Wina pada tahun 1982 dan melahirkan sebuah keputusan untuk menentukan hari bagi orang lanjut usia.

1 Oktober akhirnya ditetapkan sebagai hari lanjut usia sedunia dan masing-masing negara juga dapat merayakan hari lansia secara nasional berdasarkan keputusan masing-masing pemimpin negara.

Secara resmi Presiden Soeharto menerapkan 29 Mei sebagai hari lansia nasional yang diresmikan di semarang pada tahun 1996.

Selanjutnya setiap tanggal 29 Mei, ada berbagai perayaan dan kegiatan yang dapat menunjukan penghargaan bagi para lansia di Indonesia.

Memperingati Hari Keluarga Internasional: Yuk, Bentuk Keluarga Sehat dan Bahagia!

Tips hidup sehat di masa tua

tips sehat di masa tua

Lansia merupakan kelompok masyarakat dengan usia tua dan memiliki angka harapan hidup yang tinggi dibandingkan dengan masyarakat lain.

Banyak cara untuk menjaga kesehatan sampai tua dengan menerapkan pola hidup sehat dan teratur.

Sangat penting untuk menjaga salah satu aset dalam hidup, yaitu kesehatan agar tetap bugar dan fit sampai kapanpun, salah satunya saat menjelang hari tua.

Pola hidup yang sehat di masa tua juga dapat mulai diperbaiki selagi masa muda sehingga pada saat tua nanti tidak mengalami banyak gangguan kesehatan. Apa saja tips sehat di masa tua?

1. Makan bergizi

Agar kesehatan dimasa tua nanti tetap terjaga, salah satu cara tepat untuk mengusahakannya adalah mengonsumsi jenis makanan bergizi.

Makanan bergizi yang mengandung sumber protein, karbohidrat, mineral, vitamin dan asupan lain secara seimbang setiap harinya.

2. Olahraga rutin

Tips agar tetap bugar di masa tua adalah menjaga kesehatan dan kebugaran badan.

Lakukan olahraga rutin setiap harinya dengan berbagai cara seperti rutin jalan kaki, melakukan aktivitas fisik 30 menit setiap harinya, dan lakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan.

5 Tips Kesehatan Wanita Usia 30, Cegah Penyakit Serius!

3. Hindari merokok

Rokok dapat meningkatkan risiko terkena penyakit di masa muda dan tua sehingga ada baiknya untuk menghindari aktivitas ini.

Hindari paparan dan residu rokok yang dapat merusakan kesehatan secara perlahan.

4. Hindari alkohol

Konsumsi alkohol juga dapat menurunkan kesehatan secara signifikan karena kandungannya yang dapat merusak tubuh.

Hindari minuman beralkohol, soda atau berkarbonasi agar kesehatan selalu terjaga sampai masa tua.

5. Pantau berat badan

Selalu pantau kesehatan dan berat badan agar tetap ideal dan tidak berlebihan. Jaga asupan makan agar tidak mengonsumsi jenis makanan yang merusak tubuh dan menambah berat badan secara signifikan.

Selain itu, kamu juga perlu mengatur pola makan dengan baik agar berat badan tetap stabil di usia tua.

Catat, Begini Cara Cepat Menurunkan Berat Badan yang Ampuh dan Aman

6. Cukup istirahat

Istirahatkan tubuh secara rutin dan cukup. Hindari begadang dan cukupi tidur malam serta tidur siang secukupnya.

7. Cek kesehatan rutin

Lakukan pengecekan kesehatan secara rutin seperti mengecek gula darah, tekanan darah, indeks massa tubuh dan berbagai parameter kesehatan lain secara teratur.

Saat ini juga banyak layanan posyandu untuk lansia untuk dapat menjaga kesehatan di usia yang tak lagi muda.

Hari lansia baik nasional maupun internasional memang salah satu hari yang patutu dirayakan untuk mengingat dan memanfaatkan momentum sebagai peningkatan kesejahteraan lansia. Lakukan pola hidup sehat agar pada saat usia lanjut nanti badan tetap sehat.


Penulis: Nur Azizah

Share artikel ini
Reference