manfaat bedda lotong untuk wajah berjerawat

manfaat bedda lotong untuk wajah berjerawat

Bedda’ lotong atau bedak lotong adalah lulur tradisional kaum perempuan suku Bugis yang terbuat dari beras ketan hitam. 

Lulur ini telah dikenal dan digunakan sejak lama dan awalnya hanya digunakan oleh kaum bangsawan. Namun, saat ini sudah tersebar luas dan dipakai oleh berbagai kalangan. 

Dilansir dari salah satu artikel tahun 2016 dalam National Library of Medicine, warna khas hitam keunguan dari beras ketan hitam berasal dari pigmen antosianin, yang memiliki sifat antioksidan yang kuat. 

Beras ketan hitam sebagai bahan dasar bedda lotong memiliki lebih dari 23 jenis antioksidan dan merupakan yang terbanyak dari segala jenis beras. 

Lulur tradisional ini terbuat dari bahan alami dan diyakini dapat merawat kulit wajah tanpa efek samping yang membahayakan. 

Untuk selengkapnya, ayo simak manfaat bedda lotong untuk wajah berjerawat, dan cara penggunaannya sebagai masker wajah. 

Apa saja manfaat bedda lotong untuk wajah berjerawat? 

Beras ketan hitam dalam bedda lotong dapat mengontrol produksi histamin dan efektif membantu menyembuhkan radang kulit seperti alergi dan jerawat. 

Jenis beras ini mengandung lebih banyak antioksidan daripada blueberry dan blackberry. Walaupun tidak begitu dikenal tetapi manfaat yang dihasilkannya untuk perawatan kulit sangat besar. 

Selain manfaat bedda lotong untuk wajah berjerawat, masih banyak lagi manfaat yang dimiliki lulur ini untuk kulit diantaranya adalah: 

  1. Menjaga kesehatan kulit 

Bedda lotong berkhasiat membantu mencegah kulit dari kerusakan akibat polutan atau sinar matahari.

Antioksidan dan protein di dalamnya juga membantu memulihkan elastisitas kulit dan menjaga kekencangan kulit. 

  1. Mencegah penuaan dini 

Kaya akan kandungan yang menutrisi kulit, bedda lotong dapat membantu mencegah penuaan dini serta mengurangi tanda-tanda penuaan seperti keriput, bintik hitam serta garis halus. 

  1. Memudarkan bekas luka 

Antosianin dalam bedda lotong memiliki sifat anti peradangan dan anti kanker. Jika kamu memiliki bekas luka atau stretch mark di kulit, bedda lotong dapat membantu memudarkannya dan membuat kulit menjadi lebih mulus dan halus. 

  1. Mencerahkan kulit 

Jika kamu memiliki kulit kusam, kandungan vitamin C dalam bedda lotong dapat mengatasinya dengan membuat kulit tampak lebih cerah dan segar. 

  1. Membersihkan kulit 

Lulur bedda lotong juga merupakan eksfoliator yang baik. Lulur ini membantu membersihkan daki, kotoran, hingga sel kulit mati dan mempercepat regenerasi kulit.

Bagaimana cara menggunakan bedda lotong untuk wajah berjerawat? 

Ditengah banyaknya produk perawatan kulit dengan berbagai formula, beberapa orang mungkin masih memilih metode tradisional seperti lulur untuk merawat dan menjaga kesehatan kulit wajah mereka. 

Salah satu lulur yang cukup terkenal dan banyak digunakan adalah lulur bedda lotong dengan bahan utama beras ketan hitam. 

Setelah membahas manfaat bedda lotong untuk wajah berjerawat, kamu mungkin penasaran bagaimana membuat lulur bedda lotong, bukan? 

Berikut langkah-langkah membuat lulur yang gampang dilakukan sendiri di rumah: 

  1. Siapkan bahan-bahan berupa beras ketan hitam, irisan daun pandan, asam jawa, parutan temulawak, dan air secukupnya. 
  2. Sangrai (goreng tanpa minyak) beras ketan hitam dan irisan daun pandan di wajan sampai hangus secara merata. 
  3. Jika sudah hangus, angkat hasil sangrai beras ketan hitam dan daun pandan ke dalam wadah lalu tunggu sampai dingin. 
  4. Jika sudah dingin, campurkan asam jawa dan parutan temulawak ke dalam wadah. 5. Tambahkan air secukupnya sambil diremas-remas agar seluruh bahan tercampur rata. 
  5. Diamkan selama semalam. Lulur bedda lotong siap digunakan. 
  6. Cara pakainya adalah oleskan lulur ke seluruh wajah secara merata, biarkan hingga kering, lalu bilas dengan air bersih. 

Selain cara membuat lulur di atas, kamu juga bisa mencoba beberapa olahan beras ketan hitam untuk kulit berikut ini: 

  • Gunakan tepung beras ketan hitam untuk membuat masker wajah. Campurkan bubuk beras hitam kering dengan madu dan oleskan ke wajah. Biarkan selama 20-30 menit lalu bersihkan wajah dengan air dingin. Masker ini berkhasiat untuk melembabkan wajah. 
  • Rebus ½ gelas beras ketan hitam bersama dengan 4 gelas air selama 10 menit. Biarkan sampai dingin dan mengendap. Saring untuk menghilangkan air beras ketan hitam. Rendam handuk atau serbet ke dalam air beras ini dan taruh di atas wajah selama 10-15 menit. 
  • Parut halus beberapa kentang dan hancurkan hingga membentuk tepung kentang. Tambahkan sedikit tepung beras ketan hitam ke dalam tepung kentang kemudian aduk rata sampai teksturnya menyerupai pasta halus. Oleskan ke wajah selama 10-20 menit. 

Demikianlah seputar bedda lotong serta manfaat dan pemakaiannya untuk kulit wajah. 

Walaupun telah banyak dikemas dalam produk kecantikan, kamu dapat mencoba membuat lulur atau masker bedda lotong sendiri di rumah karena bahan ini mudah ditemukan di pasaran.

Share artikel ini
Reference