Jenis Masker untuk Kesehatan

Semenjak kasus Covid-19 muncul, penggunaan masker menjadi suatu hal wajib yang dilakukan harus dilakukan oleh setiap orang. Covid-19 sudah menjadi darurat global sehingga pemakaian masker juga masih terus digalakkan.

Banyak hal buruk yang dapat dihindari dengan memakai masker. Jenis masker sendiri juga sudah lebih banyak dan mempunyai keunggulannya masing-masing. Bagaimana memilih masker yang tepat dan apa pengaruhnya untuk kesehatan?

Kenali masker lebih detail

Masker kesehatan adalah sebuah penutup wajah yang dapat berfungsi sebagai penghalau percikan air liur. Masker kesehatan atau medis merupakan varian masker sekali pakai dan sangat efektif untuk dapat melindungi pemakainya dari percikan bakteri yang tersebar melalui udara.

Jenis masker sendiri saat ini sudah banyak dengan berbagai varian, fungsi, dan harga yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Selama pandemic, WHO atau World Health Organization mewajibkan setiap orang untuk selalu memakai masker saat beraktivitas di luar.

Baru-baru ini, varian Covid-19 juga diketahui memiliki varian baru yaitu Omicron. Diprediksi kasus omicron di Indonesia ini akan semakin berkembang. Meskipun begitu, Kementerian kesehatan terus memantau dan mencatat adanya penambahan kasus Omicron yang cukup signifikan hingga saat ini.

Masyarakat diharapkan terus waspada dengan tetap menjaga protokol kesehatan dimanapun karena tingkat penyebaran varian virus C-19 ini. Memakai jenis masker yang baik dan sesuai dapat menjadi tindakan preventif yang tepat agar dapat menghindarkan diri dari varian C-19 ini.

Jenis masker medis yang baik

Jenis masker yang direkomendasikan oleh WHO antara lain:

Masker kain

Masker kain dapat digunakan oleh masyarakat umum yang tidak bergejala Covid-19 dan sehat. Tipe masker ini merupakan pilihan terakhir jika tidak ada pilihan lain di pasar. Untuk standar dari masker kain sendiri yaitu berbahan polyester yang tahan terhadap air, dapat menyaring dan bisa menyerap air.

Masker bedah 2 ply

Masker jenis ini mempunyai 2 lapisan luar dan dalam. Tipe masker ini tidak mempunyai lapisan tengah yang biasanya digunakan sebagai penyaring. Masker ini direkomendasikan untuk orang yang sehat oleh WHO. Masker ini dapat mencegah penularan virus Covid-19 dan dapat didouble dengan masker kain.

Masker bedah 3 ply

Masker 3 lapisan mempunyai bagian yang berfungsi kedap air, lapisan penyaring dan lapisan penyerap. WHO merekomendasikan tipe masker ini untuk masyarakat yang memiliki gejala seperti batuk, flu atau gejala lain dan orang tua serta petugas yang bekerja dalam bidang kesehatan.

Masker N95

Masker ini merupakan jenis masker paling aman karena dapat melindungi para pemakainya dari droplet dan melindungi dari partikel kecil seperti aerosol. Masker ini direkomendasikan untuk tenaga kesehatan yang mempunyai kontak langsung dengan pasien Covid-19.

Reusable Facepiece Respirator

Menurut WHO, masker ini merupakan masker dengan efektivitas yang paling tinggi dan memiliki kualitas filter yang lebih baik. Dapat menyaring partikel gas dan direkomendasikan untuk mereka yang mempunyai risiko tinggi dalam berbagai aktivitasnya.

Tentunya berbagai tipe masker ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya untuk pemakaian sehari-hari. Lalu apa saja masker yang tidak aman untuk digunakan?

Jenis jenis masker yang tidak aman

Ada beberapa tipe masker yang tidak direkomendasikan untuk dapat mencegah virus Covid-19 antara lain:

  • Masker buff. Masker buff biasa digunakan untuk mereka yang sedang berkendara. Masker ini tidak efektif digunakan sebagai pencegahan penularan virus karena tidak dapat menahan droplet saat berbicara. Masker ini mempunyai risiko yang tinggi sehingga tidak direkomendasikan.
  • Masker katup. Masker katup tidak disarankan karena dapat menghembuskan napas pemakaianya sehingga tidak dapat menahan droplet atau virus dari pemakai masker.
  • Masker kain selain katun. Masker yang bukan terbuat dari kain katun cenderung lebih tipis dan tidak mempunyai pori-pori serat kain yang rapat sehingga masih dapat ditembus oleh droplet.

Selain jenis masker yang baik untuk digunakan, yuk ketahui bagaimana cara menggunakan masker yang baik agar dapat melindungi diri dari berbagai varian Covid-19.

Tips memilih masker yang tepat

Apakah seseorang perlu memakai double atau bisa menggunakan masker dengan kriteria tentu? Berikut ini adalah beberapa tips dalam memilih masker untuk digunakan sehari-hari:

  • Carilah masker yang dibuat setidaknya 2 lapis.
  • Masker harus dapat menutupi mulut dan hidung dengan sempurna tanpa ada celah.
  • Masker memiliki pengait yang dapat disesuaikan sehingga pas untuk setiap penggunanya.
  • Bagi para pengguna kacamata, dapat memakai masker dengan pinggiran yang dapat ditekuk
  • sehingga pas dengan pangkal hidung tanpa membuat kacamata berembun.
  • Masker bedah dapat digunakan oleh petugas kesehatan yang akan merawat pasien.

Cara menggunakan masker yang baik

Tips menggunakan masker yang baik agar efektif digunakan yaitu sebagai berikut:

  • Mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer agar tangan bersih sebelum menggunakan masker
  • Memakai masker yang bersih dan bukan bekas pakai
  • Pastikan jika masker juga menutup area mulut, hidung dan dagu dengan erat
  • Tekan bagian atas masker sampai sesuai dan pas dengan bentuk hidung
  • Masker ganda direkomendasi jika diperlukan, yaitu dengan masker kain dan medis
  • Hindari menyentuh bagian depan masker
  • Lepas masker dengan hati-hati dari tali belakang
  • Buang jika itu merupakan masker sekali pakai
  • Cuci tangan kembali atau pakai hand sanitizer setelah melepas masker

Memilih masker dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan bagaimana kondisi pemakainya. Pilih jenis masker terbaik dan tetap taati protokol kesehatan di manapun kamu berada agar dapat menghindari infeksi Covid-19 dan virus menular lainnya.

Share artikel ini
Reference