menstruasi berlebih

Pendarahan menstruasi berlebihan atau menstruasi berat disebut dengan menoragia. Kondisi ini terjadi ketika kamu mengalami pendarahan berat atau berkepanjangan. Haid bisa berlangsung lebih dari tujuh hati atau kamu mengalami kehilangan lebih banyak darah dibanding dengan biasanya. 

Namun, apa sebenarnya penyebab menoragia ini dan bagaimana cara mengatasinya? Berikut ulasannya, 

Penyebab menstruasi berlebihan

Perdarahan Menstruasi yang Berlebihan
Perdarahan Menstruasi yang Berlebihan

Ada beberapa penyebab dan faktor risiko yang membuat seseorang dapat mengalami menstruasi berlebihan, seperti:

1. Masalah hormon

Jika kadar hormon tidak seimbang, tubuh dapat membuat lapisan dalam rahim yang terlalu tebal. Alhasil, menstruasi menjadi lebih banyak atau lebih berat dibanding biasanya.

2. Penggunaan alat kontrasepsi IUD

Penggunaan IUD bertujuan untuk mengendalikan kelahiran atau mencegah kehamilan. Cara tertentu dapat menyebabkan menstruasi menjadi lebih berat.

3. Fibroid

Fibroid rahim merupakan jaringan jinak yang tumbuh serta menempel di dinding rahim. Kondisi ini dapat menyebabkan menstruasi berkepanjangan, nyeri saat haid, dan pendarahan vagina.

4. Endometriosis

Endometriosis adalah jaringan yang terdapat pada lapisan dalam rahim ternyata justru tumbuh di luar rahim. Kondisi yang satu ini juga dapat menyebabkan menstruasi berlebihan, nyeri dan kram yang mengganggu ketika haid.

Apa Itu Endometriosis? Sadari Gejalanya Sejak Dini!

5. Radang panggul

Penyebab selanjutnya adalah radang panggul. Gejala kondisi ini adalah nyeri pada perut bagian bawah dan panggul sering menstruasi berlebihan. 

Cara mengatasi menstruasi heavy flow

Setelah selesai menstruasi masih keluar darah haid

Cara mengatasi menstruasi berat atau heavy flow adalah:

  1. Kontrol kelahiran

Pil KB dapat membantu menyeimbangkan hormon dalam tubuh sehingga menstruasi dapat kembali normal. 

  1. Obat-obatan tertentu

Dokter juga dapat memberikan obat yang berguna untuk mengurangi aliran darah haid. Obat ini mungkin hanya akan diminum ketika kamu haid saja. 

  1. Operasi

Jika ternyata penyebab menstruasi berat ini adalah polip atau fibroid, maka prosedur operasi mungkin diperlukan untuk menghilangkannya sehingga pendarahan juga dapat berhenti. 

  1. Prosedur lainnya

Beberapa prosedur juga dapat digunakan untuk mengatasi menstruasi berlebihan. Beberapa prosedur tersebut adalah ablasi endometrium dan reseksi endometrium. Prosedur ini berguna untuk menghilangkan lapisan rahim yang dapat membuat menstruasi menjadi lebih ringan. 

  1. Histerektomi

Dalam kasus parah, histerektomi mungkin diperlukan untuk mengangkat rahim. Dengan begitu, wanita tidak lagi mengalami menstruasi, namun juga tidak bisa hamil kembali. 

Tips pilih pembalut saat heavy flow

Saat mengalami menstruasi berat, kamu perlu memilih pembalut yang tepat untuk bisa menampung darah haid tersebut. Berikut beberapa tips pilih pembalut saat heavy flow

1. Pilih pembalut berdaya serap tinggi

darah haid yang lebih banyak mengharuskan kamu memilih pembalut berdaya serap tinggi. Dengan begitu, pembalut tidak mudah bocor dan dapat tetap kering. Kamu juga tidak terlalu sering mengganti pembalut. 

2. Pilih pembalut dengan bahan yang halus

Darah yang yang banyak dapat menyebabkan lembab dan membuat iritasi ketika pembalut bergesekan dengan kulit. Ini sebabnya, pilih pembalut dengan permukaan yang halus akan membantu mengurangi gesekan tersebut. 

Pembalut Organik, Pilihan Tepat Untuk Kesehatan Wanita

3. Gunakan pembalut malam 

Pembalut malam juga dapat menjadi pilihan yang tepat. Umumnya, pembalut malam memiliki ukuran yang lebih panjang dan daya serap yang tinggi sehingga dapat menampung darah haid dengan lebih banyak serta mencegah kebocoran. 

4. Pembalut dengan sayap

Kamu juga bisa memilih pembalut bersayap yang akan membantu pembalut tidak bergeser dan menyebabkan kebocoran. 

5. Rutin mengganti celana dalam

Tips yang satu ini mungkin bukan tips memilih pembalut, namun juga harus kamu perhatikan. Mengganti celana dalam ketika haid sama pentingnya dengan mengganti pembalut. Celana dalam yang tidak diganti dapat menyebabkan kuman dan bakteri menempel di celana dalam kamu. 

6. Ganti pembalut sebelum tidur

pembalut malam
Pembalut malam

Pastikan untuk selalu menggunakan pembalut baru sebelum tidur. Apalagi, jika kamu mengalami menstruasi berlebihan dimana darah haid menjadi lebih banyak. Ini juga berguna untuk mencegah kebocoran. Apalagi, ketika malam hari, wanita kerap lebih lama menggunakan pembalut yang sama karena tidur dan tidak sempat menggantinya. 

Kamu bisa menggunakan pembalut YOONA All Night Pads di malam hari. Pembalut yang satu ini memiliki panjang 36 cm dan terbuat dari 100 persen katun organik. Jadi, sangat aman dan nyaman ketika digunakan. 

Apalagi, pembalut ini juga sudah menggunakan teknologi Anion Strip yang dapat mencegah jamur dan bakteri penyebab bau, infeksi dan iritasi. Bukan hanya itu, pembalut ini juga disertai dengan daya serap super yang dapat mengunci cairan sehingga permukaan akan tetap kering dan terasa nyaman ketika digunakan semalaman.

Share artikel ini
Reference