Ketahui Efek Samping Postinor 2 terhadap Haid

Ladies, pentingnya ketahui efek samping Postinor 2 terhadap menstruasi menjadi salah satu pertimbangan perempuan untuk mengonsumsi obat yang satu ini. Postinor-2 adalah kontrasepsi darurat.

Postinor-2 tidak dimaksudkan sebagai metode kontrasepsi biasa. Ia digunakan untuk mencegah kehamilan ketika diminum dalam waktu 72 jam setelah hubungan seksual tanpa kondom. 

Diperkirakan bahwa Postinor-2 akan mencegah 85% dari kehamilan yang diharapkan. Jika dikonsumsi dalam kurun waktu 24 jam setelah hubungan seksual, peluang kehamilan dapat dicegah ialah 95%. Angka ini menurun menjadi 58% jika dikonsumsi antara 48-72 jam setelah hubungan seksual. 

Sampai sekarang belum diketahui apakah Postinor-2 efektif jika diminum lebih dari 72 jam setelah hubungan seksual tanpa pelindung. Namun yang pasti, Postinor-2 tidak akan mencegah dari penyakit menular seksual

Macam-Macam Penyakit Menular Seksual dan Bahayanya bagi Tubuh

Kamu harus berkonsultasi dengan dokter sebelum meminum Postinor-2 jika kamu memiliki:

  • diabetes mellitus (dengan kerusakan ginjal, mata atau saraf, atau penyakit pembuluh darah). Diabetes mellitus adalah suatu kondisi di mana tubuh tidak menghasilkan cukup insulin atau jaringan tubuh tidak dapat menggunakan insulin yang ada. Hal ini menyebabkan hiperglikemia (terlalu banyak gula dalam darah)
  • penyakit jantung iskemik (penyakit jantung yang disebabkan oleh berkurangnya aliran darah di pembuluh darah otot jantung)
  • riwayat stroke
  • kanker payudara
  • penyakit hati yang parah

Jika kamu memiliki penyakit saluran pencernaan (seperti penyakit Crohn) yang mengganggu pencernaan dan penyerapan makanan dan muntah ata diare parah, kamu mungkin tidak cocok untuk menggunakan Postinor-2. Dokter dapat meresepkan kamu dengan dosis yang berbeda.

Jangan mengonsumsi Postinor-2 jika kamu:

  • alergi terhadap salah satu bahan tablet
  • kamu hamil
  • mengalami pendarahan vagina yang penyebabnya tidak diketahui
  • menderita kanker payudara
  • tabletnya tidak terlihat baik

Efek samping Postinor-2

cara minum postinor

Banyak orang yang menggunakan obat ini tidak memiliki efek samping yang serius. Mual/muntah, sakit perut, kelelahan, pusing, perubahan perdarahan vagina, nyeri payudara, atau sakit kepala dapat terjadi setelah mengonsumsi Postinor-2. 

Jika salah satu dari efek ini bertahan atau memburuk, beri tahu dokter atau apoteker segera. Beri tahu dokter segera jika kamu memiliki efek samping yang serius, termasuk: sakit perut bagian bawah yang parah (terutama 3 hingga 5 minggu setelah mengonsumsi levonorgestrel).

Reaksi alergi yang sangat serius terhadap obat ini jarang terjadi. Namun, segera dapatkan bantuan medis jika kamu melihat gejala reaksi alergi yang serius, termasuk: ruam, gatal/bengkak (terutama pada wajah/lidah/tenggorokan), pusing parah, kesulitan bernapas.

Efek samping lain mungkin muncul. Jadi, bila kamu merasakan ada yang aneh dengan tubuhmu setelah mengonsumsi obat ini, segera periksakan diri.

Efek samping postinor 2 terhadap haid

Meskipun Postinor-2 dianggap aman untuk digunakan, ia dapat mengubah siklus haid, menyebabkan telat haid, terutama pada orang yang menggunakannya secara teratur. Namun, seringkali tidak menimbulkan efek samping yang serius, bahkan jika dikonsumsi lebih dari sekali dalam satu siklus.

13 Penyebab Darah Haid Sedikit dan Hanya 2 Hari, Apakah Berbahaya?

Efek samping Postinor 2 pada haid meliputi:

  • Perubahan panjang siklus haid
  • Periode haid lebih lambat atau lebih awal dari yang diharapkan
  • Perubahan volume aliran (seperti aliran yang lebih berat atau lebih ringan)
  • Perubahan lainnya mungkin juga terkait dengan warna haid

Perubahan ini seringkali bersifat sementara, dan tanpa adanya kondisi sebelumnya. Haid cenderung kembali ke pola normal dalam beberapa kali siklus setelah penggunaan obat dihentikan.

Ketahui efek samping Postinor 2 terhadap menstruasi. Jika setelah beberapa siklus terlewatkan namun siklus haidmu tidak kembali ke keadaan normal, kamu sebaiknya memeriksakan diri ke dokter.

Share artikel ini
Reference