masa subur setelah melahirkan

Masa subur umumnya terjadi setelah masa nifas berakhir. Pada masa subur atau dikenal dengan istilah ovulasi, wanita yang aktif secara seksual, tidak menggunakan alat kontrasepsi dan tidak mengalami kendala fisik lainnya berpotensi besar untuk hamil.

Masa nifas adalah masa pemulihan rahim setelah melahirkan. Umumnya masa nifas berlangsung selama 2 hingga 6 minggu setelah melahirkan, namun setiap wanita bisa berbeda-beda, tergantung kondisinya. Saat hari pertama masa nifas, akan ditandai adanya darah berwarna cerah disertai adanya gumpalan.

Seiring waktu, darah berubah menjadi merah muda atau coklat, kekuningan, atau bening. Nifas akan mulai berkurang dan berhenti dengan sendirinya. Kondisi ini biasanya berlangsung selama 4-6 minggu setelah melahirkan.

Masa subur atau ovulasi dapat terjadi pada sebagian besar wanita, yaitu enam minggu setelah melahirkan, jika wanita tersebut tidak menyusui bayinya. Lantas, kapan masa subur setelah melahirkan? lihat selengkapnya di bawah ini!

Masa subur setelah melahirkan

kalender masa subur

Kondisi ini biasanya berlangsung selama 4-6 minggu setelah melahirkan. Selanjutnya, kamu bisa mengalami masa subur setelah melahirkan. Masa subur atau ovulasi adalah saat dimana ovarium melepaskan sel telur untuk dibuahi. Jika sel telur tidak dibuahi, maka akan keluar bersama lapisan rahim dan darah saat menstruasi

Banyak hal yang mempengaruhi masa subur seorang wanita, seperti stres, gaya hidup, pola makan, kesehatan, hingga penggunaan alat kontrasepsi. Apalagi banyak perubahan yang akan Bunda alami setelah melahirkan.

Kondisi tubuh yang belum pulih sepenuhnya setelah melahirkan, perubahan pola tidur, dan kelelahan karena merawat si kecil juga akan mempengaruhi kembalinya masa subur.

Ladies, Ini 10+ Tips Agar Rahim Sehat Dan Subur

Kapan masa subur setelah melahirkan sebenarnya bisa bermacam-macam. Namun, periode ini biasanya terjadi antara 45-94 hari setelah melahirkan atau bahkan bisa turun lebih cepat, terutama pada ibu yang tidak menyusui.

Seberapa cepat kamu bisa hamil setelah melahirkan?

ibu hamil tua

Menurut para ahli kesehatan, kamu bisa hamil sedini tiga minggu setelah melahirkan. Itu berarti ovulasi dapat terjadi bahkan sebelum kamu menyelesaikan penyembuhan dari persalinan kamu.

Meskipun kemungkinan hamil lebih awal, kebanyakan wanita yang tidak menyusui tidak akan berovulasi sampai setelah enam minggu pascapersalinan.

Sebuah studi kritis tentang ovulasi pada wanita postpartum yang diterbitkan dalam Obstetrics and Gynecology pada tahun 2011 mengungkapkan bahwa hanya sejumlah kecil wanita yang berovulasi lebih awal setelah kehamilan.

Perlu diingat bahwa seks di minggu-minggu awal setelah melahirkan sangat tidak dianjurkan oleh dokter karena tubuh kamu belum sepenuhnya pulih. Setelah kamu dibersihkan oleh dokter kamu, ketahuilah bahwa bahkan hubungan seksual mungkin tidak nyaman.

NHS Inggris menyarankan untuk berjalan perlahan dan menggunakan pelumas, angkat bicara jika penetrasi terasa menyakitkan, dan jika rasa sakit berlanjut, konsultasikan dengan dokter kamu.

Kehamilan berturut-turut bisa jadi sulit bagi tubuh kita. Banyak penasihat medis menyarankan menunggu lebih dari setahun sebelum mencoba bayi lagi.

Naomi Swanson, MD dari University of New Mexico Health mengatakan bahwa “Hamil lagi masih dalam waktu 18 dan 6 bulan dari hamil sebelumnya bisa menimbulkan risiko lebih tinggi seperti berat badan bayi lebih kecil, dan prematur. Hal ini karena tubuh kamu tidak diberi waktu yang cukup untuk pulih sepenuhnya.

Seberapa cepat kamu akan hamil lagi tergantung pada apakah kamu menyusui atau tidak. Pasalnya, menyusi dan hormon yang ada pada produksi ASI mampu menekan adanya ovulasi. Berbeda halnya jika kamu tidak menyusui, ovulasi akan terjadi lagi sekitar enam minggu setelah pasca persalinan.

Satu tinjauan dari tahun 2011 menemukan, rata-rata, bahwa ovulasi kembali pada wanita yang tidak menyusui pada hari ke 74 pascapersalinan. Tetapi kisaran kapan masa subur setelah melahirkan ini sangat bervariasi. Idealnya, kamu harus menunggu setidaknya 12 bulan antara kehamilan, menurut Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS.

Cara Menghitung Masa Subur Setelah Haid agar Tidak Hamil

Penelitian telah menemukan bahwa risiko kelahiran prematur atau bayi kamu lahir dengan berat badan lahir rendah meningkat untuk kesenjangan yang lebih pendek dari 6 bulan, dibandingkan dengan 18 hingga 23 bulan. Interval yang terlalu pendek (di bawah 18 bulan) dan terlalu lama (di atas 60 bulan) telah dikaitkan dengan hasil negatif bagi ibu dan bayi.

Pengaruh menyusui terhadap masa subur

Jika kamu menyusui secara eksklusif, menstruasi kamu mungkin tidak akan dimulai lagi sampai kamu berhenti menyusui atau sampai kamu berhenti menyusui di malam hari. Ini karena hormon yang menyebabkan tubuh kamu membuat ASI dapat menghentikan tubuh kamu membuat hormon yang mengontrol menstruasi kamu.

Ampuh Dan Efektif, Ini Cara Agar ASI Cepat Keluar Setelah Melahirkan

Jika kamu mengombinasikan ASI dengan susu formula, menstruasi pertama kamu bisa dimulai lagi sekitar 5-6 minggu setelah melahirkan.

Ketika bayi kamu mulai jarang menyusu (sekitar 3 kali sehari), kamu mungkin mulai ‘berbintik’. Bercak adalah menstruasi yang ringan dan tidak teratur yang biasanya muncul sebagai bercak darah.

Kapan masa subur setelah melahirkan? biasanya, sekitar 45-94 hari setelah melahirkan atau bahkan lebih cepat.

Share artikel ini
Reference