masa subur setelah haid supaya tidak hamil

Berhubungan seks setelah haid sering dianggap bukan sebagai masa subur wanita. Bagi pasangan yang belum merencanakan program hamil atau promil, terkadang masa setelah haid ini dianggap ‘aman’ sehingga dapat melakukan hubungan seks dengan ejakulasi di dalam.

Meskipun begitu, mada tersebut juga bisa berpeluang menyebabkan kehamilan lho, ladies. Terutama jika kamu salah menghitung masa subur setelah haid. Nah, bagaimana menghitung masa subur setelah haid agar tidak hamil? Yuk ketahui kapan masa subur kamu dan menghindari terjadinya pembuahan yang belum direncanakan~

Apa itu masa subur?

Masa subur adalah masa sebelum terjadinya ovulasi. Biasanya masa subur dimulai 2-5 hari sebelum terjadinya ovulasi. Ovulasi sendiri adalah masa saat sel telur dilepaskan dari ovarium dan siap untuk dibuahi oleh sperma. Masa pembuahan oleh sperma bisa terjadi selama 12-24 jam, setelah itu dapat menghasilkan embrio dan berkembang menjadi janin di rahim.

Kapankah waktu terjadinya masa subur setelah haid agar tidak hamil? Umumnya ini ditanyakan oleh banyak pasangan yang belum ingin merencanakan kehamilan. Berhubungan seks dan terjadinya pembuahan di masa subur akan membesar peluang kehamilan sehingga penting diketahui kapan masa subur pada wanita.

Masa subur setelah haid

Masa subur pada setiap wanita akan berbeda dengan wanita lain tergantung dari siklus haid yang dimiliki setiap bulannya. Siklus umum haid rata-rata 28 hari dan ovulasi umumnya terjadi pada hari ke 12-14 setelah haid hari pertama. Masa subur setelah haid agar tidak hamil harus diketahui karena jika berhubungan seks dan pembuahan terjadi pada masa ovulasi, maka peluang kehamilan akan besar.

Melansir dari New Health Guide, berhubungan seks setelah haid dapat menyebabkan kehamilan meskipun peluangnya relatif kecil. Memang pada saat haid, kamu akan membuang sel telur dan luruh saat menstruasi, namun tubuh akan segera mempersiapkan kembali sel telur yang baru yang siap untuk dibuahi dalam masa setelah haid.

Berhubungan seks setelah haid masih berpeluang menyebabkan kehamilan karena sperma dapat menunggu dan bertahan di vagina selama 5 hari. Meski begitu, sangat jarang pembuahan terjadi karena sperma akan menurun aktivitasnya dan sel telur butuh waktu agar matang dan siap dibuahi.

Jika siklus haid kamu berubah dari waktu ke waktu, maka ini adalah tantangannya.
Normalnya, masa haid 2-7 hari dan kondisi tersebut akan membuat ovulasi berbeda. Bisa lebih cepat atau lambat daripada periode pada bulan sebelumnya.

Cara menghitung masa subur setelah haid agar tidak hamil

Wanita yang berada dalam masa subur hendaknya memiliki catatan siklus haid paling tidak 3 bulan terakhir. Untuk menghitung masa subur, kamu bisa memakai beberapa cara berikut ini:

Siklus terpendek

Contohnya kamu memiliki siklus terpendek 27 hari. Kemudian dikurangi dengan 18 dan hasilnya adalah angka 9. Angka ini merupakan hari pertama setelah menstruasi ketika kamu berada dalam masa paling subur.

Siklus terpanjang

Jika siklus terpanjang kamu adalah 30, maka 30 dikurangi dengan 11 dan hasilnya 19. Angka ini merupakan hari terakhir saat kamu berada dalam masa subur.

Bagi wanita dengan siklus rata-rata haid 27-30 hari, maka masa suburnya adalah pada hari ke-9 hingga 19.

Ciri ciri masa subur setelah haid

Ladies, selain memakai penghitungan masa siklus menstruasi, mengetahui masa subur juga dapat dilihat dari ciri-cirinya. Terdapat waktu masa subur yang berbeda sesuai dengan siklus menstruasi dan terkadang waktu masa subur berubah setiap bulannya. Berikut ciri masa subur setelah haid agar tidak hamil:

Perubahan cairan serviks

Untuk kamu dan pasangan yang belum merencanakan kehamilan, hindari berhubungan badan atau pembuahan pada masa subur. Masa subur dapat terlihat ketika cairan serviks lebih lengket, berwarna bening keputihan dan hampir menyerupai putih telur. Pada masa ovulasi, cairan serviks akan lebih banyak dan memudahkan sperma menuju rahim.

Perubahan suhu basal pada tubuh

Perubahan suhu basal tubuh bisa menjadi ciri saat tubuh kamu sedang berada dalam masa subur. Suhu basal tubuh akan konsisten pada awal-awal masa siklus menstruasi, namun saat sudah mendekati masa ovulasi, maka suhunya akan menurun dan kembali meningkat saat ovulasi.

Suhu tubuh basal umumnya 36,1-36,4 derajat celcius dan akan meningkat pada masa subur 0,4-1 derajat. Jika ingin menghindari kehamilan, maka hindari berhubungan seks dengan pasangan pada ciri masa subur ini.

Perubahan pada serviks

Serviks akan mengalami perubahan jika sudah memasuki masa subur. Serviks akan berubah lebih basah, lembut dan terbuka. Untuk merasakan perubahannya, kamu bisa mengeceknya dengan memasukan jari telunjuk kamu untuk memeriksa perubahan vagina saat masa subur.

Peningkatan libido

Masa ovulasi pada wanita bisa meningkatkan libido dan hasrat seksual. Meski ini bukan suatu patokan atau ukuran, namun hasrat seksual bisa menjadi cirinya saat terjadi perubahan suasana hati yang lebih ceria dan sebagainya.

Nyeri payudara

Masa subur pada wanita bisa memiliki ciri gejala fisik seperti nyeri payudara. Dampak perubahan hormon dalam tubuh ini terjadi sebelum dan sesudah masa ovulasi.

Tips aman berhubungan seks setelah haid

Mengetahui kapan masa subur setelah haid agar tidak hamil bisa kamu lakukan juga dengan beberapa cara efektif seperti di bawah ini:

  • Hindari berhubungan seks di masa subur. Jika siklus haid kamu teratur, maka hitung masa subur dan hindari seks jika belum ingin merencanakan kehamilan.
  • Memakai kondom. Pakai kondom untuk mencegah kehamilan saat berhubungan seks di masa subur. Meskipun peluangnya kecil, namun memakai kondom akan lebih aman untuk menghindari kehamilan.
  • Ejakulasi di luar. Lakukan ejakulasi di luar atau senggaman terputus. Jika melakukan ejakulasi di luar, maka sperma tidak akan masuk ke vagina saat penetrasi berlangsung dan menunda pembuahan dan kehamilan.
  • Minum pil kontrasepsi darurat. Jika terlanjur berhubungan dan ejakulasi di dalam saat berhubungan seks, salah satu cara untuk mencegah kehamilan adalah dengan minum pil kb darurat atau morning after pil. Konsumsi dalam waktu 72 jam atau 3 hari setelah berhubungan seks.

Pentingnya mengetahui masa subur setelah haid agar tidak hamil ini bisa menjadi ukuran bagi kamu dan pasangan yang belum merencanakan kehamilan. Cara paling efektif adalah menggunakan alat kontrasepsi aman untuk mencegah kehamilan ya, ladies!

Share artikel ini
Reference