cara menghitung masa subur setelah haid

Ladies, apakah kamu sering mengecek kapan masa subur? Masa subur mungkin sangat penting bagi kamu dan pasangan yang ingin segera memiliki keturunan. Peluang besar kehamilan akan terjadi jika pembuahan dilakukan pada masa subur. 

Ada cara menghitung masa subur setelah haid yang bisa diperkirakan agar kamu dan pasangan dapat meningkatkan keberhasilan pembuahan sehingga terjadi kehamilan. Kapan masa subur berlangsung? Yuk simak dalam ulasan berikut ini.

Kapan masa subur wanita berlangsung

Wanita perlu mengetahui kapan hari pertama haid berlangsung. Hal ini dapat membantu memperkirakan kapan datangnya masa subur. Haid akan dimulai ketika dinding luruh dan keluar dari vagina karena sel telur tidak dibuahi sperma. 

Pada masa haid ini, sel telur baru akan berkembang di dalam ovarium. Jika sel telur matang, maka sel telur akan terlepas dan terjadilah ovulasi.

Proses ovulasi tersendiri umumnya terjadi pada 12-14 hari sebelum haid pertama. Siklus haid yang tergolong singkat, seperti 22 hari, maka ovulasi berlangsung lebih sedikit hanya beberapa hari saja. Panjang periode haid normal antara 21-35 hari yang dapat menjadi patokan apakah siklus kamu pendek atau panjang.

Masa ovulasi wanita akan berbeda antara satu dengan yang lain karena menyesuaikan siklus haidnya. Pada dasarnya, mengetahui siklus menstruasi menjadi hal terbaik agar dapat memperbaiki waktu ovulasi dimulai.

Cara menghitung masa subur setelah haid yaitu mengetahui waktu sekitar ovulasi, yaitu kurang lebih 5 hari sebelum ovulasi terjadi atau 12-16 hari sebelum haid periode selanjutnya. Bisa dikatakan wanita mengalami masa haid hari ke 10-17 setelah hari pertama haid terakhir. 

Siklus Haid Berantakan, Minum Apa Agar Haid Lancar?

Bagaimana cara menghitung masa subur setelah haid wanita?

kalender masa subur

Sel telur umurnya bertahan 24 jam setelah berhasil dilepaskan. Peluang hamil akan lebih tinggi ketika sel telur dibuahi dalam waktu 12-24 jam setelah ovulasi berlangsung.

Masa subur dapat diketahui dengan catatan siklus haid setidaknya selama 8 bulan terakhir. Rumus dalam menghitung masa subur yaitu:

1. Mengetahui siklus terpendek 

Jika 26 hari, maka kurang dengan angka 18, hasilnya adalah 8. Angka ini merupakan hari pertama masa subur berlangsung.

2. Mengetahui siklus terpanjang

Misal 31 hari, kurangi dengan angka 11, hasilnya adalah 20, maka ini merupakan hari terakhir masa subur. Wanita dengan masa subur yang kurang teratur akan sulit menghitung panjang siklus rata-rata pada setiap periode.

Jika tidak dapat diperkirakan, maka cobalah untuk melakukan hubungan intim setiap 2-3 hari agar meningkatkan peluang kehamilan.

Cara Menghitung Masa Subur Setelah Haid agar Tidak Hamil

Tanda masa subur setelah haid

kalender masa subur
kalender masa subur

Selain menghitung masa subur setelah haid dari tanggal atau siklus menstruasi, masa subur juga dapat diketahui dari tanda-tanda yang kerap terjadi pada wanita. Tanda-tanda masa subur pada wanita antara lain:

1. Suhu basal tubuh

Suhu basal tubuh menjadi salah satu tanda masa subur,. Suhu basal tubuh merupakan suhu saat bangun pada pagi hari. Suhu normal tubuh biasanya 35,5-36,6 celsius dan akan meningkat jika sedang ovulasi atau masa subur.

2. Perubahan pada air liur

Air liur dikatakan dapat berubah karena hormon estrogen. Peningkatan estrogen selama siklus bulanan akan berlangsung dalam beberapa hari sebelum masa subur.

3. Nyeri ovulasi

Ovulasi terkadang menyebabkan nyeri pada beberapa wanita. Rasa nyeri ovulasi ini dapat terjadi pada sebelum, saat dan setelah masa subur. Nyeri terasa tajam dan kram namun tidak terlalu parah.

4. Lendir serviks

Jumlah lendir pada saat masa subur dapat berubah dan menjadi lebih licin, elastis, berwarna bening seperti putih telur. Lender ini akan mempermudah sperma untuk masuk dan mencapai sel telur. Lendir serviks merupakan sekresi yang dibuat kelenjar leher rahim.

Perbedaan Lendir Serviks Dan Keputihan Yang Wajib Kamu Ketahui

5. Gairah meningkat

Gairah untuk berhubungan seksual atau libido akan lebih meningkat saat masa subur. Secara tubuh juga akan mengeluarkan wangi alami yang membuat pasangan tampak ingin bercinta pada masa ini.

6. Meningkatnya hormon lutein

Masa subur dapat dilihat dari hormon lutein yang meningkat. Hormon ini diukur dengan alat khusus yang disebut dengan pendeteksi ovulasi.

Pada saat tanda-tanda ini mulai kamu rasakan, lakukan hubungan seksual pada 2-3 hari sebelum ovulasi yang dapat meningkatkan peluang hamil hingga 20-30 persen.

Wanita dengan siklus menstruasi yang tidak teratur tentu akan kesulitan dalam menghitung kapan masa suburnya. Hal ini dapat dibantu dengan menjaga kesuburan melalui pola hidup. Bagaimana tips menjadi kesuburan untuk wanita?

Ciri-ciri Masa Subur Wanita, Jangan Sampai Kelewatan

Tips menjaga kesuburan untuk wanita

pola hidup sehat

Cara menghitung masa subur setelah haid terkadang ditentukan dengan periode haid bulanan wanita. Masa subur dapat ditingkatkan dengan beberapa tips berikut ini:

1. Gaya hidup sehat

Menjalani gaya hidup sehat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kesuburan. Menghindari rokok, minuman keras dan hidup sehat tidak hanya akan meningkatkan kesuburan, namun juga dapat mencegah gangguan kesehatan lainnya seperti paru-paru atau jantung.

2. Berat badan ideal

Kelebihan berat badan atau obesitas dikatakan mempunyai kaitan langsung dengan kesuburan. Wanita yang mempunyai berat badan lebih dapat mengalami gangguan pada reproduksi sehingga berat badan ideal bisa kamu pertahankan agar memperoleh kesuburan.

3. Rutin olahraga

Olahraga rutin dapat meningkatkan kesuburan jika dilakukan secara rutin. Kegiatan ini juga dapat menghindari penurunan ketidaksuburan sebanyak 5%. Olahraga juga akan meningkatkan kesehatan dan menghindari kelebihan berat badan.

4. Makanan yang dikonsumsi

Mengonsumsi makanan dapat dilakukan sebagai salah satu cara meningkatkan kesuburan. Memperbanyak makanan seperti sayuran hijau, buah berry, kacang-kacangan, alpukat, yogurt dan sebagainya daoar membantu kesuburan lebih baik.

5. Hindari stres

Perbaiki pola hidup dan hindari stres agar masa subur dapat meningkat. Tingkat stress diketahui dapat mengganggu masa subur seperti gelisah, kecemasan dan depresi. Luangkan waktu untuk liburan atau istirahat agar stres mereda dan membantu masa subur lebih baik.

Cara menghitung masa subur setelah haid ini bisa kamu terapkan dengan mudah ya ladies. Jangan lupa untuk memperbaiki pola hidup agar masa subur meningkat dan peluang kehamilan semakin besar.

Share artikel ini
Reference