Manfaat olahraga malam hari

Olahraga yang teratur bisa memberikan banyak manfaat. Tidur menjadi lebih nyenyak, rasa cemas berkurang, dan masih banyak manfaat lainnya. Pada umumnya, olahraga biasa dilakukan pada pagi hingga sore hari.

Namun, apabila kamu tidak bisa melakukannya pada pagi hingga sore hari, sebenarnya kamu bisa melakukan olahraga pada malam hari. Penasaran apa saja manfaat olahraga malam hari? Yuk, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Bolehkah berolahraga di malam hari?

Pada tahun 2020, ada sebuah penelitian yang dilakukan pada 16 orang pria dan wanita. Mereka melakukan olahraga dengan intensitas sedang sebelum tidur. Hasilnya, para peneliti menemukan bahwa olahraga pada malam hari tidak mengganggu tidur para partisipan.

Tahun 2019, telah dilakukan analisis terhadap 23 studi tentang olahraga malam. Hasil analisis menunjukkan bahwa olahraga malam dapat meningkatkan kualitas tidur, asalkan olahraga dilakukan pada intensitas sedang.

Jadi, bolehkah berolahraga di malam hari? Jawabannya, tentu saja olahraga boleh dilakukan pada malam hari. Namun, perlu diingat untuk melakukan olahraga dengan intensitas sedang dalam waktu 60 sampai 90 menit saja. Dengan demikian, olahraga tidak akan memberikan efek buruk pada waktu istirahat kamu.

Manfaat olahraga malam hari

Walaupun kamu melakukan olahraga di malam hari, kamu tetap bisa memperoleh manfaat yang sama dengan melakukan olahraga pada pagi hingga sore hari, lho. Berikut ini adalah beberapa manfaat olahraga malam hari yang perlu kamu ketahui.

1. Meningkatkan performa

Dilansir dari Very Well Fit, sebuah studi yang dilakukan pada 2013 menemukan bahwa seseorang bisa melakukan olahraga sekitar 20 persen lebih lama pada malam hari dibandingkan pada pagi hari.

2. Meningkatkan kekuatan otot

Olahraga pada malam hari bisa membuat otot menjadi lebih kuat. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Sports Science & Medicine, kinerja otot mencapai puncaknya pada sore dan malam hari karena adanya fluktuasi kadar hormon dan suhu tubuh.

3. Tidur menjadi lebih nyenyak

Kamu mungkin berpikir bahwa dengan berolahraga pada malam hari, kamu akan kesulitan untuk tidur. Namun, sebenarnya yang akan terjadi justru sebaliknya. The Washington Post menyatakan bahwa jika kamu berolahraga pada malam hari, kamu akan tidur lebih nyenyak. Faktanya, berolahraga pada malam hari bisa membantu kamu tidur lebih cepat.

4. Mengurangi rasa stres

Olahraga bisa melepaskan banyak endorphins. Hal ini dapat mengurangi stres dan meningkatkan suasana hati. Olahraga juga bisa membantu kamu dalam mengelola stres di masa depan.

5. Olahraga menjadi lebih efektif

Fluktuasi kadar hormon dapat membuat olahraga malam hari menjadi lebih efektif untuk dilakukan. Hal ini dapat meningkatkan pertumbuhan otot. Namun, pastikan olahraga yang kamu lakukan tetap dalam intensitas yang sedang, ya.

6. Meningkatkan fokus dan konsentrasi

Manfaat olahraga malam hari selanjutnya adalah dapat meningkatkan fokus. Seperti diketahui, olahraga mampu meningkatkan fokus dan konsentrasi. Hal itu karena ketika berolahraga, siklus darah ke otak menjadi lebih lancar, sehingga dapat meningkatkan sel-sel otak untuk berkonsentrasi.

7. Meningkatkan nutrisi

Seseorang yang minum minuman berprotein sesudah melakukan olahraga dan sebelum tidur memperoleh konsentrasi asam amino yang lebih tinggi apabila dibandingkan dengan mereka yang meminumnya pada siang hari. Protein menjadi lebih mudah diserap dan dicerna selama tidur.

Gerakan olahraga malam hari yang aman

Tidak semua jenis olahraga baik dilakukan pada malam hari. Oleh sebab itu, jika kamu ingin melakukan olahraga di malam hari, penting untuk memilih gerakannya dengan bijak. Sebaiknya, kamu memilih gerakan olahraga dengan intensitas yang ringan hingga sedang.

Gerakan olahraga seperti ini bisa membantu kamu lebih mudah tidur dan mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. Contoh gerakan olahraga di malam hari yang aman untuk dilakukan adalah:

  • Yoga
  • Peregangan
  • Berenang
  • Bersepeda
  • Angkat besi ringan hingga sedang

Sebaiknya, hindari olahraga berat pada malam hari seperti mengangkat beban yang berat, high intensity interval training (HIIT), dan sebagainya. Aktivitas olahraga yang berat dapat merangsang sistem saraf dan meningkatkan detak jantung. Akibatnya, kamu akan sulit untuk tidur.

Beberapa jenis olahraga yang sebaiknya kamu hindari, adalah:

  • High intensity interval training (HIIT)
  • Berlari
  • Lompat tali
  • Angkat besi berat
  • Bersepeda secara kompetitif

Tips berolahraga di malam hari

Sebenarnya, melakukan olahraga di malam hari boleh saja dilakukan. Tetapi, kamu perlu memperhatikan beberapa tips berikut ini.

  • Sebaiknya selesaikan aktivitas olahraga sekitar 60 hingga 90 menit sebelum tidur. Hal ini bisa memberikan cukup waktu bagi tubuh untuk beristirahat. Olahraga yang terlalu dekat dengan jam tidur akan membuat kamu sulit tidur.
  • Pertimbangkan untuk melakukan olahraga yang ringan, seperti jogging ringan atau yoga.
  • Agar olahraga bisa dilakukan secara rutin, buatlah jadwal dan ikuti jadwal yang telah dibuat.
  • Sebaiknya, kamu melambatkan ritme saat melakukan olahraga malam hari. Tujuannya, supaya tubuh dapat mengatur irama pernapasan dan denyut jantung serta menjaga kadar hormon.
  • Jangan lupa untuk melakukan pemanasan dan pendinginan sebelum dan sesudah melakukan olahraga. Lakukan hal ini supaya bisa tidur lebih nyenyak.
  • Pertimbangkan juga aktivitas yang sudah kamu lakukan dari pagi hingga sore hari. Usakan kamu berolahraga tanpa melampaui batas kemampuan supaya tidak terlalu kelelahan. Segera beristirahat ketika tubuh merasa tidak kuat lagi melakukan olahraga.

Olahraga yang teratur bisa memberikan pengaruh yang baik terhadap kualitas tidur. Temukan aktivitas olahraga yang kamu sukai. Jika kamu sudah mulai menyukai olahraga, kamu akan lebih mudah untuk melakukannya secara teratur.

Setiap orang bisa memiliki waktu yang berbeda untuk berolahraga. Kapan pun waktunya, yang terpenting adalah melakukannya secara konsisten.

 

Share artikel ini
Reference