kalori onde-onde manis dan gurih

Onde-onde adalah jajanan pasar yang terbuat dari tepung ketan dan dengan isian gula merah atau kacang hijau. Camilan yang satu ini rasanya gurih dan manis dengan bentuk bulat menggemaskan. Namun, kira-kira berapa ya kalori onde-onde? Yuk, cek selengkapnya!

Selain disajikan sebagai camilan, onde-onde juga sering disajikan sebagai bagian hidangan dari acara keluarga atau hari besar tertentu.

Terlepas dari sejarah dan tradisi yang kaya, onde-onde juga memiliki manfaat kesehatan. Tepung ketan yang merupakan bahan utama memiliki banyak nutrisi, seperti karbohidrat, protein, dan serat yang baik untuk tubuh.

Berapa kalori onde-onde?

Onde-onde berbentuk bulat kecil yang dapat dihabiskan dalam tiga kali gigitan. Kalori onde-onde sekitar 101 kalori (untuk satu buah) dengan kandungan nutrisi berikut ini:

  1. 1,83 gram lemak
  2. 1,51 gram protein
  3. 19,42 gram karbohidrat
  4. 0,8 gram serat
  5. 3,23 gram gula
  6. 28 miligram sodium
  7. 35 miligram kalium

Apakah onde-onde bagus untuk diet?

resep dan kalori onde-onde manis

Setelah mengetahui kalori onde-onde, kamu mungkin menjadi penasaran, apakah onde-onde bagus untuk diet? Sebenarnya kamu boleh saja makan onde-onde, tetapi dalam porsi yang wajar, tidak berlebihan, tidak terlalu sering, apalagi jika kamu sedang menerapkan pola makan atau diet sehat.

Dengan makan onde-onde, kamu bisa mendapatkan berbagai manfaat kesehatan dari kandungan biji wijennya. Berikut manfaat makan onde-onde, terutama kandungan biji wijen bagi kesehatan.

1. Menurunkan kolesterol

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi biji wijen secara teratur dapat menurunkan kolesterol yang tinggi dan trigliserida yang merupakan faktor risiko penyakit jantung. Biji wijen terdiri dari 15% lemak jenuh, 41% lemak tak jenuh ganda, dan 39% lemak tak jenuh tunggal. Selain itu, biji wijen juga mengandung dua jenis senyawa tumbuhan, yaitu lignan dan fitosterol yang memiliki efek untuk menurunkan kolesterol.

2. Menurunkan tekanan darah

Tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko utama terhadap penyakit jantung dan stroke. Biji wijen pada onde-onde mengandung magnesium yang tinggi sehingga dapat menurunkan tekanan darah.

Selain itu, lignan, vitamin E, dan antioksidan yang terkandung dalam biji wijen dapat membantu mencegah penumpukan plak di arteri yang dapat menjaga tekanan darah agar tetap sehat.

Wajib Coba, Ini Cara Menurunkan Darah Tinggi yang Ampuh

3. Meningkatkan kesehatan tulang

Selain baik untuk kesehatan jatung, biji wijen pada onde-onde juga dapat meningkatkan kesehatan tulang. Untuk memaksimalkan manfaatnya, kamu bisa merendam dan memanggang biji wjijen.

4. Mengurangi risiko peradangan

Manfaat makan onde-onde lainnya, terutama dari biji wijennya ialah dapat mengurangi risiko peradangan sehingga dapat menurunkan atau mengurangi kondisi kronis, seperti obesitas, kanker, penyakit jantung, dan ginjal. Beberapa penelitian pada hewan tentang minyak biji wijen telah membuktikan bahwa biji wijen dan minyaknya memiliki sifat antiinflamasi.

5. Meningkatkan sistem imun tubuh

Biji wijen adalah sumber nutrisi yang baik yang penting untuk mendukung sistem kekebalan tubuh. Selain mengandung zinc, biji wijen juga mengandung selenium, tembaga, besi, vitamin B6, dan vitamin E. 

Resep onde-onde yang bisa kamu ikuti

Setelah memahami kalori onde-onde beserta manfaat biji wijen dari onde-onde untuk kesehatan, kamu mungkin tertarik untuk membuat camilan yang satu ini. Namun, tentu sebaiknya kamu tidak makan onde-onde dalam porsi yang berlebihan atau terlalu sering.

Berikut resep membuat onde-onde yang mudah dan bisa kamu ikuti.

Bahan-bahan:

  1. 500 gram tepung ketan
  2. 400 ml air
  3. 2 sendok makan gula merah
  4. 2 sendok makan air pandan
  5. 200 ml air matang
  6. Santan kental 100 ml
  7. Setengah sendok teh garam
  8. 200 ml minyak goreng
  9. 75 gram kacang hijau kupas
  10. 50 gram gula pasir
  11. 1 lembar daun pandan

Cara membuat onde-onde:

  1. Kukus kacang hijau selama 20 menit dan angkat.
  2. Tambahkan gula pasir, daun pandan, garam, dan santan pada kacang hijau, dan aduk hingga matang. 
  3. Campur tepung ketan dengan air hingga tercampur rata.
  4. Ambil sejumput adonan dan bulatkan hingga bentuk bola, kemudian isi dengan kacang hijau.
  5. Rebus air hingga mendidih, masukkan bola ketan satu per satu dan masak hingga bola-bola ketan mengapung dan gulingkan di atas wijen.
  6. Panaskan minyak, masukkan bola ketan dan goreng hingga keemasan. Kemudian, angkat dan tiriskan.

10 Cara Efektif Membakar Kalori Donat Meses Favorit Kamu!

Itulah kalori onde-onde beserta manfaat untuk kesehatan dan resepnya. Meski kalori onde-onde agak tinggi, kamu harus tetap makan dengan bijak. Makan onde-onde yang terlalu banyak bisa menambah asupan kalori harian yang akan meningkatkan berat badanmu.


Penulis: Nabila Ramadhani

Share artikel ini
Reference