Banyak orang lebih memilih oatmeal untuk menggantikan sarapan di pagi hari. Oatmeal dikenal sebagai makanan sehat dan cocok dikonsumsi agar dapat menurunkan berat badan. Sumber pati resisten pada oatmeal dapat mempercepat pembakaran kalori dan mengurangi nafsu makan yang berlebih.

Oatmeal terbuat dari biji-bijian bermanfaat yang sering dimakan bersama susu atau aneka makanan tambahan lain. Cara menyajikan oatmeal juga dapat mempengaruhi manfaat yang akan didapat oleh tubuh sehingga diperlukan pengetahuan yang cukup sebelum mengonsumsi jenis makanan sehat.

Salah satu oatmeal yang sering dikonsumsi adalah quaker oatmeal dengan varian rasa dan kandungan nutrisi yang berbeda. Bagaimana nilai gizi oatmeal? Yuk simak dalam ulasan berikut ini.

Kalori quaker oatmeal

Memiliki nama ilmiah avena sativa, oatmeal berasal dari gandum utuh atau biji-bijian yang sangat layak dan sehat untuk dikonsumsi. Jenis makanan ini mempunyai kandungan yang kaya gizi dan bebas gluten.

Selain itu penyajiannya oatmeal yang simple membuat makanan ini sangat cocok dijadikan pengganti sarapan yang ringan kalori namun kaya akan serat.

Dikutip dari fat secret, kalori oatmeal quaker 100 gram dengan nilai gizi tinggi antara lain:

  • 70 kalori
  • 2 gr lemak
  • 12 gr karbohidrat
  • 2 gr protein

Kandungan serat, nilai gizi dan fitokimia pada oatmeal dapat menjadi alternatif untuk makanan sehat, cepat, lezat dan bergizi. Jenis makanan ini juga mudah dibuat dan didapatkan sehingga bisa menjadi pilihan makanan yang tepat di pagi hari.

Bagaimana penyajian oatmeal yang benar agar manfaatnya bisa menurunkan berat badan secara ideal?

12 Rekomendasi Sarapan Sehat untuk Diet Kamu Sukses

Cara penyajian oatmeal yang sehat

cara penyajian quaker oatmeal

Selain jumlah kalori oatmeal quaker yang rendah, cara penyajian juga akan memberikan manfaat yang maksimal dan memberi pengaruh besar untuk kesehatan. Ada beberapa cara penyajian oatmeal yang tepat, yaitu:

  • Konsumsi sebagai camilan. oatmeal ini dapat membuat kamu kenyang lebih lama. Pilih oatmeal sebagai camilan sehat yang membantu kesehatan dan penurunan berat badan.
  • Hindari oatmeal instan dan manis. Agar maksimal dapat program penurunan berat badan, pilihlah jenis oatmeal yang tawar tanpa tambahan rasa. Tentunya jika ada tambahan rasa manis akan memberikan tambahan kalori yang cukup besar dibandingkan dengan oatmeal tawar.
  • Tambahkan topping sehat. Toping sehat yang kaya akan serat sangat disarankan agar kebutuhan serat dalam tubuh semakin terpenuhi. Pilih buah beri kaya serat seperti stroberi, raspberry, blueberry dan blackberry ke dalam sarapan sehat kamu. 
  • Hindari topping berlemak. Untuk membuat kalori oatmeal tetap rendah, hindari tambahan makanan atau toping dengan kandungan lemak atau pemanis buatan. Kalori bisa bertambah dari madu atau sirup yang disantap bersama oatmeal. Jika ingin ada rasa manis, tambahkan buah potong dalam mangkuk oatmeal yang akan sekaligus menambah nilai gizinya.

Apa saja manfaat oatmeal untuk kesehatan?

6 Manfaat Bubur Ayam dengan Kalori Rendah, Yuk Intip Resepnya!

Manfaat oatmeal quaker

Makanan dari gandum utuh ini memiliki manfaat yang beragam untuk kesehatan, seperti:

1. Mengelola berat badan

Rasa kenyang akan bertahan lebih lama saat mengonsumsi oatmeal. Oleh karena itu berat badan akan lebih stabil dengan konsumsi kalori oatmeal quaker sebagai sarapan rutin.

Oatmeal dapat membantu mengatur tujuan penurunan berat badan dan mengurangi porsi makan yang lebih besar.

2. Mengatasi risiko asma

apakah asma menular

Manfaat mengonsumsi oatmeal quaker kalori rendah juga dapat mengurangi risiko penyakit asma, khususnya untuk anak-anak sehingga makanan ini dapat membantu kesehatan pernapasan dengan lebih baik.

3. Menghindari sembelit

Oatmeal mengandung banyak serat alami yang bagus untuk pencernaan. Oatmeal membantu sistem pencernaan lebih lancar dan saluran pembuangan dapat bergerak dengan lancar.

Konsumsi oatmeal dengan rutin akan mencegah sembelit dan meredakan masalah pada pencernaan.

7 Kesalahan Makan Oatmeal Yang Bikin Kalorinya Tinggi!

4. Mengurangi peradangan dan gatal-gatal

Antioksidan alami dalam oatmeal membantu aliran darah lebih lancar, mengurangi radang dan gatal-gatal.

Antioksidan berupa polifenol akan memberikan produksi asam nitrat lebih tinggi sehingga baik untuk kesehatan tubuh.

5. Mengurangi gula darah

kadar gula darah normal

Serat larut atau beta glucan pada oatmeal membantu respon insulin meningkat dan mengurangi gula darah.

Manfaatnya akan sangat terasa untuk penderita diabetes tipe 2 yang harus mengontrol gula dalam makanan yang dikonsumsinya.

6. Mengandung banyak mineral dan vitamin

Oatmeal merupakan salah satu makanan yang mengandung banyak mineral dan vitamin. Oatmeal dapat membantu memenuhi nutrisi harian dapat terpenuhi dengan maksimal.

Makanan ini selain rendah kalori juga mungkin membantu tubuh lebih sehat dengan berbagai kandungan yang terdapat di dalamnya. Selain itu kolesterol akan lebih terkontrol sehingga baik untuk kesehatan organ vital seperti jantung.

7. Baik untuk pencernaan

Oatmeal sangat baik untuk kesehatan pencernaan karena kandungan beta glucan dalam melapisi perut dan memberi makan bakteri baik serta meningkatkan pertumbuhan. Usus yang sehat akan membantu pencernaan semakin sehat juga.

Makanan dengan kalori oatmeal quaker rendah memang sangat baik untuk kesehatan. Imbagi dengan pola makan sehat bergizi, olahraga teratur dan cukup istirahat untuk membantu badan tetap fit dengan berat badan yang ideal.

Penulis: Nur Azizah

Share artikel ini
Reference