makanan yang mengandung mineral

Mineral merupakan salah satu senyawa non organic yang bermanfaat untuk perkembangan dan fungsi tubuh agar berjalan dengan normal. Fungsi mineral dengan beragam jenisnya ini meskipun sedikit memang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Apakah makanan kamu santap selama ini mengandung mineral yang baik untuk perkembangan fungsi tubuh kamu? Yuk simak selengkapnya dalam ulasan kali ini.

Kebutuhan mineral tubuh

makanan yang mengandung mineral

Kebutuhan akan mineral setiap harinya dapat mengacu pada angka kebutuhan gizi atau AKG. Sumber mineral berasal dari berbagai jenis makanan dengan gizi seimbang.

Suplemen juga dapat menjadi tambahan asupan mineral apabila dibutuhkan dan pada saat kondisi tertentu.

Kebutuhan mineral sendiri setidaknya hanya 4% dari berat badan kamu. Mineral terbagi menjadi mineral makro dan mikro dimana keduanya dibedakan menjadi:

  • Mineral makro. Kebutuhan akan mineral ini termasuk besar dari belasan hingga ribuan milligram. Contoh mineral makro adalah kalium, magnesium, fosfor dan kalsium.
  • Mineral mikro. Jenis mineral ini diperlukan hanya sedikit atau kurang dari 100 miligram saja. Mineral yang tergolong dalam jenis mikro yaitu tembaga, zat besi, mangan, zinc dan yodium.

Apa saja ragam jenis mineral dan fungsinya untuk tubuh?

Inilah 5 Akibat kekurangan magnesium dalam tubuh

Manfaat mineral untuk tubuh

Sebagai salah satu zat gizi mikro dalam tubuh, mineral memang memiliki fungsi penting untuk menggerakan mekanisme organ tubuh. Ragam jenis mineral beserta dengan fungsinya dapat kamu ketahui dari daftar berikut ini:

Menyembuhkan luka dan pembekuan darah

Mineral memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan, kepadatan serta menyembuhkan luka, dan pembekuan darah. Kebutuhan kalsium orang dewasa yaitu 1000 miligram setiap harinya.

Zat yang berfungsi untuk menjalankan fungsi tersebut adalah mineral kalsium yang dapat mengaktifkan enzim pencernaan sehingga dapat dipecah menjadi zat gizi.

Pembentukan gigi dan tulang

Mineral memiliki zat fosfor yang mempunyai fungsi penting dalam pembentukan gigi dan tulang. Mineral ini juga dapat memperbaiki sel dan jaringan tubuh dengan cepat.

Dibutuhkan sebanyak 700 miligram fosfor dalam sehari untuk orang dewasa agar mencapai angka kecukupan gizi.

Mencegah hipertensi dan penyakit jantung

Fungsi mineral kalium dalam tubuh yaitu untuk kontraksi otot, fungsi saraf hingga detak jantung. Kalium dapat membuang zat sisa, mencegah hipertensi akibat natrium yang tinggi.

Dibutuhkan 4700 miligram kalium dalam sehari untuk orang dewasa yang bisa diperoleh dari makanan yang mengandung mineral seperti sayuran berdaun hijau.

Membantu proses metabolisme

Magnesium dibutuhkan 360 miligram untuk laki-laki dan 330 miligram untuk perempuan setiap harinya. Jenis mineral ini dapat berfungsi mengaktifkan enzim tubuh, membantu proses metabolisme hingga menyeimbangkan elektrolit tubuh.

Mengatur volume darah

Seperti halnya kalium, natrium adalah mineral elektrolit yang dapat membantu mengatur volume darah, kerja otot saraf, dan tekanan darah.

Natrium yang dikonsumsi berlebihan justru dapat menyebabkan timbulnya tekanan darah tinggi. Orang dewasa hanya butuh 1500 miligram per hari untuk mencukupi kebutuhan natrium harian.

Ingin Cegah Anemia? Konsumsi 10 Makanan yang Mengandung Zat Besi Ini!

Mencegah pengeroposan tulang

Kebutuhan makanan yang mengandung mineral tembaga membantu memelihara pembuluh darah, saraf, sistem imun hingga kesehatan tulang.

Tembaga dapat mengurangi pengeroposan tulang dan risiko penyakit jantung. Dibutuhkan 900 mikrogram tembaga dalam sehari untuk mencukupi kebutuhan gizi.

Pembentukan darah

Zat besi dibutuhkan 9 miligram per hari untuk laki-laki dewasa dan 14 miligram untuk perempuan dewasa.

Zat besi berperan sebagai pembentukan protein khusus serta berhubungan pada hemoglobin dan hemoglobin darah.

Menjaga imunitas

Mineral yodium berfungsi sebagai pembentukan pertumbuhan fisik, psikis, hormon tiroid, serta pengaturan suhu. Kebutuhan yodium setiap hari yaitu 150 mikrogram yang bisa didapat dari jenis makanan laut dan biji-bijian.

Apa saja jenis makanan yang mengandung mineral?

8 Makanan yang Mengandung Zinc, Lezat dan Menyehatkan

Makanan yang mengandung mineral

Kebutuhan akan mineral bisa didapat dari beberapa jenis makanan berikut ini:

Kacang-kacangan

Apakah kacang menyebabkan jerawat?

Jenis kacang-kacangan seperti almond, kacang brazil, kenari hingga pistachio mengandung 7 jenis mineral.

Jenis kacang ini juga memiliki mineral berkualitas tinggi yang kaya akan vitamin, lemak sehat, antioksidan hingga serat untuk pertumbuhan.

Sayur berdaun hijau gelap

Sayur berdaun hijau gelap tinggi akan zinc, kalsium, tembaga, zat besi hingga potassium. Sayuran yang bisa kamu konsumsi seperti kangkong, brokoli, pok coy, sawi hingga bayam.

Ikan

Ikan merupakan salah satu makanan yang mengandung mineral tinggi. Ikan segar menjadi sumber omega 3, lemak sehat, vitamin b hingga minyak esensial. Kebutuhan akan mineral ini mendukung pertumbuhan dan kesehatan kamu, lho.

Biji-bijian

Biji-bijian seperti wijen, chia, biji matahari hingga biji flax memuat mineral yang dapat mengendalikan kadar gula, antiinflamasi hingga fungsi antioksidan.

Hewan laut bercangkang

udang makanan penyebab keputihan

Hewan laut bercangkang seperti scallop, remis, udang, tiram, kerang, lobster dan lainnya mengandung tinggi mineral seperti fosfor, selenium, tembaga, zat besi dan zinc.

Jamur

Jamur sebagai salah satu menu tambahan dalam makanan harian mengandung mineral seperti selenium, tembaga, fosfor, besi, hingga potassium.

Jamur yang bisa kamu pilih untuk menu harian yaitu jamur tiram, enoki, kupung, kancing dan jenis jamur bermanfaat lainnya.

Susu dan yogurt

yogurt rendah lemak

Tinggi akan mineral fosfor, sitrat, sodium, kalsium, klorida, magnesium dan lainnya bisa menjadi pilihan menu harian kamu. Konsumsi secara wajar agar tidak berlebihan zat besi dalam tubuh.

Daging sapi

Daging merah tinggi akan fosfor, zinc, zat besi hingga selenium. Daging merah sapi dan domba menjadi salah satu makanan dengan sumber protein terbaik untuk tubuh.

Telur

Makanan yang mengandung mineral selanjutnya adalah telur. Telur adalah makanan sehat yang dapat diolah dengan berbagai cara.

Telur tinggi akan zat besi, seng, selenium, vitamin, lemak sehat hingga protein yang dibutuhkan tubuh untuk aktif berkembang.

Buah beri

Buah beri tinggi akan mineral yang mendukung pertumbuhan anak-anak hingga orang dewasa. Jenis beri yang bisa kamu konsumsi yaitu blueberry, strawberry, blackberry hingga raspberry. 

Makanan yang mengandung mineral ini umumnya sangat mudah ditemukan bukan? Penuhi asupan mineral sesuai angka kebutuhan gizi agar dapat membantu perkembangan fisik menjadi lebih sehat  dan berfungsi normal ya!

Share artikel ini
Reference