Siapa yang tidak suka donat gula? Rasanya yang manis dan bisa meningkatkan mood, sepertinya tidak heran jika makanan ini disukai banyak orang. Tapi bagaimana dengan kalori donat gula? Mungkin kamu sudah tidak kaget lagi dengan kalori tingginya karena cemilan manis ini memang tidak dianjurkan dalam menu diet sehat.

Donat gula umumnya digoreng dengan minyak, membuatnya kaya akan kalori. Hampir separuh kalori berasal dari lemak, dan sebagian besar sisanya berasal dari karbohidrat olahan. Karena gula, tepung putih, dan karbohidrat olahan lainnya memiliki lebih sedikit nutrisi dibanding dengan roti gandum yang tidak melalui banyak proses olahan.

Kalori donat gula

kalori donat

Rata-rata, donat gula berukuran sedang dengan diameter sekitar 3 inci mengandung 192 kalori. Meski berkalori tinggi, donat mengandung sedikit nutrisi. Jika kamu tidak dapat menahan godaan donat saat sedang diet, makanlah setengahnya saja, atau pilihlah donat mini sebagai gantinya,  setiap versi mini hanya mengandung 55 kalori.

Lezat Dan Sedang Viral, Kira-Kira Berapa Kalori Kopi Susu?

Berikut adalah fakta nutrisi donat gula yang tidak seberapa:

  • Lemak Total 6g
  • Lemak jenuh 3g
  • Lemak trans 0,1g
  • Kolesterol 5mg 
  • Natrium 140mg
  • Karbohidrat 20 g
  • Karbo bersih 20 g 
  • Gula 11 g
  • Serat 0 g 
  • Protein 2 g

Efek samping banyak makan donat gula

jenis donat
Jenis Donat

Sesuai dengan namanya, donat gula kaya akan gula atau pemanis yang bisa memicu obesitas, diabetes, penyakit jantung, resistensi insulin dan masalah metabolisme. Sebuah artikel tahun 2017 yang diterbitkan dalam jurnal Progress in Cardiovascular Diseases, menunjukkan bahwa konsumsi gula berlebih dapat meningkatkan tekanan darah dan kadar glukosa darah.

Selain itu, makan donat gula berlebih juga memicu peradangan, dan meningkatkan trigliserida. Dalam jangka panjang, makanan ini dapat menyebabkan resistensi leptin dan insulin, kolesterol tinggi dan gangguan toleransi glukosa. Untuk kasus yang lebih parah, makan donat berlebih juga bisa memicu kanker.

Sayangnya, gula bukan satu-satunya bahan berbahaya dalam donat. Camilan ini juga mengandung perasa sintetis, aditif, pengawet, dan lemak trans yang bisa memicu penyakit bagi tubuh kamu. 

Kalori Oreo Bikin Gemuk? Ini Tipsnya Biar Nggak Gemuk Makan Oreo!

Makanan yang kadar gulanya lebih tinggi dari donat gula

Donat memiliki rasa yang lezat namun tidak mengandung banyak nutrisi. Tapi ternyata ada lagi makanan lain kaya akan gula bahkan melebih donat, yaitu:

Granola

Granola adalah salah satu makanan yang memiliki banyak nutrisi, kemungkinan besar karena dibuat dengan gandum, kacang-kacangan, biji-bijian, dan buah kering. Semua hal baik bahkan semua pemanis dimasukan.

Dari sirup jagung fruktosa tinggi hingga gula biasa, ada banyak makanan manis yang tersembunyi pada produk granola populer yang diklaim kaya akan serat, protein, atau vitaminnya dan tidak menyebutkan bahwa mereka memiliki lebih banyak gula daripada makanan yang dipanggang.

Muffins

Jika kamu memilih muffin di kedai kopi karena menurut terdengar lebih sehat daripada donat, ambil saja donatnya. Muffin berukuran sedang mengandung sedikit serat, zat besi, dan protein, tetapi juga mengandung 19 gram gula yang terkadang melebihi kandungan donat gula.

Saus barbeque

Fakta ini mungkin mengejutkan, tetapi beberapa saus barbeque bisa mengandung gula sebanyak donat hanya dalam dua sendok makan. Beberapa merek memiliki lebih dari 10 gram gula tambahan. Mengingat orang biasanya menggunakan saus BBQ pada makanan gurih, agak mengejutkan mengetahui ternyata saus bbq bisa semanis ini.

Protein bar

Meskipun protein bar bukanlah makanan sehat yang ideal, namun tetap saja, protein bar dapat menjadi sumber nutrisi yang baik dan membuat kamu tetap kenyang sebelum waktu makan tiba. Namun, beberapa produk mungkin mengandung permen batangan dengan nilai gizi yang sedikit lebih tinggi. Kandungan gulanya bisa melebihi 2 buah donat dalam satu protein bar. 

Kamu mungkin pernah mendengar bahwa kandungan gula pada buah pisang lebih besar dari sebuah donat. Ternyata hal ini adalah fakta, tapi pisang mengandung serat larut untuk membantu tubuh mencerna gula lebih lambat dan meningkatkan kesehatan usus, dan potasium untuk membantu menjaga tekanan darah dan jantung tetap sehat. 

____________

Penulis: Afifa

Share artikel ini
Reference