manfaat teh hijau untuk kesehatan

manfaat teh hijau untuk kesehatan

Menurut laporan dari International Institute of Sustainable Development, teh adalah minuman yang paling banyak dikonsumsi kedua di dunia setelah air. 

Teh hijau sendiri berasal dari daun teh yang tidak teroksidasi dan merupakan salah satu jenis teh yang paling sedikit diproses. 

Oleh sebab itu, ada banyak manfaat teh hijau untuk kesehatan seseorang karena kandungan antioksidan dan polifenolnya yang bermanfaat.

Teh hijau telah dipercaya selama berabad-abad memiliki manfaat untuk kesehatan. Bahkan, studi menunjukkan bahwa mengonsumsi teh hijau secara rutin dapat memengaruhi kesehatan kulit, membantu menurunkan berat badan, dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Apakah benar manfaatnya sebanyak itu? Di artikel kali ini, kita akan mengupas tuntas manfaat teh hijau untuk kesehatan, wajah, serta untuk wanita haid. Yuk, simak semuanya!

Manfaat teh hijau untuk kesehatan

Dengan kandungan yang tinggi akan antioksidan, kamu bisa mendapatkan berbagai manfaat teh hijau untuk kesehatan, melansir dari Medical News Today dan Healthline, berikut manfaat baiknya.

1. Menyehatkan jantung

Kandungan polifenol dalam teh hijau dapat menurunkan tekanan darah, mengurangi peradangan, dan meningkatkan fungsi epitel, yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung pada orang dengan kelebihan berat badan atau obesitas.

2. Meningkatkan fungsi otak

Teh hijau mengandung kafein lebih sedikit daripada kopi, tetapi cukup untuk menghasilkan efek baik kepada tubuh. Selain itu, ada juga kandungan asam amino L-theanine, yang dapat bekerja secara sinergis dengan kafein untuk meningkatkan fungsi otak.

3. Menurunkan risiko kanker

Kanker disebabkan oleh pertumbuhan sel yang tidak terkendali dan menjadi salah satu penyebab utama kematian di dunia. Penelitian telah menunjukkan bahwa kerusakan oksidatif dapat menyebabkan peradangan kronis, yang akhirnya menyebabkan tumbuhnya kanker. 

Nah, antioksidan menjadi kandungan yang bisa membantu melindungi dari kerusakan oksidatif dan kamu bisa menemukannya di dalam teh hijau.

manfaat teh hijau
manfaat teh hijau

4. Melindungi otak dari penuaan atau penyakit Alzheimer

Alzheimer adalah penyakit yang menyerang otak dan bisa menurunkan daya ingat. Senyawa bioaktif dalam teh hijau dapat memiliki berbagai efek perlindungan pada otak, seperti mengurangi risiko demensia pada orang dewasa yang lebih tua.

5. Mengurangi bau mulut

Tak perlu diragukan lagi, manfaat teh hijau untuk kesehatan juga ada kaitannya dengan bau mulut. Kandungan katekin dalam teh hijau dapat menghambat pertumbuhan bakteri di mulut sehingga mengurangi risiko adanya bau mulut.

6. Menghindari diabetes tipe 2

Diabetes tipe 2 melibatkan peningkatan kadar gula darah yang mungkin disebabkan oleh resistensi insulin atau ketidakmampuan untuk memproduksi insulin (hormon di pankreas).

Studi menunjukkan bahwa teh hijau dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi kadar gula darah seseorang hingga menurunkan risiko sekitar 42% lebih rendah terkena diabetes tipe 2.

7. Mencegah penyakit kardiovaskular

Teh hijau dapat menurunkan kolesterol total dan LDL ( kolesterol jahat) serta melindungi partikel LDL dari oksidasi yang merupakan bagian dari proses terjadinya penyakit jantung.

Dengan begitu, orang yang meminum teh hijau memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit kardiovaskular.

8. Menurunkan berat badan

Pada dasarnya, manfaat teh hijau untuk kesehatan ialah dapat meningkatkan tingkat metabolisme dalam jangka pendek.

Maka dari itu, tidak heran jika mengonsumsinya juga dapat membantu mengurangi lemak tubuh, terutama di daerah perut.

Manfaat teh hijau untuk wajah

manfaat teh hijau untuk wajah
manfaat teh hijau untuk wajah

Selain untuk kesehatan tubuh, ada segudang manfaat lainnya untuk wajah yang bisa kamu dapatkan dari mengonsumsi teh hijau, lho. Mengutip dari Healthline, berikut kelebihannya.

1. Mengurangi minyak dan jerawat di wajah yang berminyak

Jerawat adalah hasil dari sebum berlebih yang menyumbat pori-pori dan merangsang pertumbuhan bakteri.

Nah, kandungan epigallocathecin (EGCG) di dalam teh hijau adalah anti-androgenik dan bisa menurunkan kadar lipid sehingga efektif dalam mengurangi minyak yang ada di kulit wajah.

2. Mencegah kanker kulit

Menurut dari salah satu penelitian yang ada di Pubmed Central, polifenol dalam teh hijau dapat digunakan sebagai agen farmakologis untuk pencegahan gangguan kulit akibat sinar UVB matahari pada hewan dan manusia, termasuk mencegah kanker kulit.

3. Mengurangi dan menyembuhkan jerawat

Jerawat di wajah bisa muncul karena produksi minyak yang berlebih. Dengan mengurangi produksi minyak, kandungan EGCG di dalamnya dapat memperlambat atau menghentikan perkembangan jerawat.

4. Mencegah tanda penuaan dini

Apakah kamu pernah memakai skincare yang memiliki kandungan teh hijau di dalamnya? Jika iya, kandungan tersebut bermaksud untuk mengurangi jerawat dan mencegah adanya tanda penuaan dini.

Soalnya, keberadaan ekstrak teh hijau telah meningkatkan microrelief kulit dan memiliki efek pelembab yang nyata sehingga kulit wajah tampak lebih muda.

Manfaat teh hijau untuk haid

Wah, ternyata manfaat teh hijau untuk kesehatan tubuh dan wajah cukup beragam, ya? Tentu, kamu semakin ingin mengonsumsinya, bukan? 

Nah, mengonsumsi teh yang satu ini sangat tepat saat dilakukan pada saat haid atau menstruasi. Mengapa demikian?

  • Sebab, kandungan antioksidan yang tinggi di dalamnya memiliki beberapa efek anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi kembung. 
  • Lalu, ada juga kandungan senyawa L-theanine, yang menurut penelitian dapat membantu wanita merasa lebih tenang dan rileks saat haid. Sehingga, rasa nyeri atau kram perut saat haid juga bisa berkurang, lho.

Nah, itu dia segudang manfaat teh hijau untuk kesehatan tubuh luar dan dalam. Jadi, kamu bisa mulai mengonsumsinya supaya mengurangi berbagai gejala penyakit yang akan datang, ya.

Selain itu, rasa dari teh hijau sendiri juga cukup enak dan bisa membuat tubuh lebih tenang.

Share artikel ini
Reference