cara bab setelah melahirkan normal dengan jahitan

cara bab setelah melahirkan normal dengan jahitan

Tentu, tubuh kita akan mengalami banyak perubahan setelah melahirkan. 

Terlepas dari mulai menyusui, pastinya kamu juga akan bingung bagaimana cara BAB setelah melahirkan normal dengan jahitan.

Bukan tanpa alasan, kekhawatiran ini bisa datang dari jahitan yang ada di sekitar perineum.

Namun, tenang saja, di artikel kali ini akan kita kupas tuntas semuanya mengenai cara hingga tips BAB lancar bahkan setelah kamu melahirkan normal. Yuk, simak semuanya di bawah ini.

Kapan BAB setelah melahirkan?

Setelah melahirkan, kamu mungkin akan bertanya-tanya kapan waktu yang tepat untuk BAB atau buang air besar. 

Nyatanya, terlepas dari kamu melahirkan secara normal atau operasi caesar, biasanya, wanita akan buang air besar lagi di 3 hingga 5 hari setelah melahirkan. 

Namun, ada juga beberapa wanita yang buang air besar pada hari yang sama saat mereka melahirkan. 

Tak perlu khawatir, kedua situasi itu normal. Akan tetapi, jika sudah lewat seminggu dan kamu masih belum buang air besar, sebaiknya segera hubungi dokter. 

Perlu diingat, bahwa setiap kehamilan berbeda, begitu juga dengan buang air besar pasca persalinan. 

Cara BAB setelah melahirkan normal dengan jahitan

Jadi, sebenarnya kamu tidak perlu mengkhawatirkan masa BAB setelah melahirkan normal dengan jahitan. Biasanya, jika kamu mengalami kesulitan, hal tersebut bisa datang dalam bentuk sembelit atau diare. 

Bahkan, tidak jarang wanita akan mengalami wasir setelah melahirkan karena ada begitu banyak hal yang memengaruhi pergerakan usus pasca persalinan, termasuk hormon, jenis makanan yang dikonsumsi, dan seberapa banyak kamu minum air putih. 

Intinya, kamu tidak perlu mengkhawatirkan jahitan yang ada pada perineum atau perineal jika ingin BAB setelah melahirkan karena jahitannya tidak akan terganggu sama sekali.

cara bab setelah melahirkan dengan jahitan
cara bab setelah melahirkan dengan jahitan

Akan tetapi, kalau kamu ingin BAB setelah melahirkan normal dengan jahitan, beberapa cara berikut ini bisa dicoba.

1. Gunakan obat pelunak feses

Biasanya, rumah sakit atau tempat bersalin akan menawarkan obat pelunak feses untuk ibu pasca melahirkan. 

Sebab, obat pelunak feses bekerja dengan menambahkan kelembapan pada feses untuk melunakkan kotoran dan membuatnya lebih mudah saat dikeluarkan. 

Namun, perlu dicatat bahwa pelunak feses tidak bisa digunakan untuk penggunaan jangka panjang.

2. Pastikan tubuh terhidrasi

Usahakan agar tubuh kamu tetap terhidrasi supaya gerakan ususnya jadi lancar dan sehat.  Selain air putih, kamu bisa menambahkan air kelapa juga karena tinggi potasium dan cara kerjanya mirip dengan minuman elektrolit.

3. Konsumsi makanan yang bisa melancarkan BAB

Ketika ingin BAB setelah melahirkan normal, kamu bisa mengonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi. 

Sebab, sistem tubuh akan berada di jalur lambat untuk minggu pertama pasca persalinan. Jadi, kamu bisa mengatasinya dengan konsumsi buah dan sayuran hijau supaya bisa BAB secara maksimal.

4. BAB seperti biasa

Tak kalah penting, kamu juga tetap bisa mencoba BAB seperti biasa. Gunakan kloset jenis jongkok supaya bisa mencegah sembelit.

5. Fokus pada sistem pernapasan

Sistem pernapasan juga berperan penting untuk melancarkan BAB pasca melahirkan. Cara bernapas yang tepat adalah dengan tarik napas dan hembuskan secara lembut.

Lakukan langkah ini selama beberapa kali.

Tips BAB lancar setelah melahirkan normal

Mungkin kamu sudah tenang karena nyatanya tidak ada yang perlu dikhawatirkan kalau ingin BAB setelah melahirkan normal. 

Namun, kamu bisa menerapkan beberapa tips berikut ini untuk melancarkan BAB.

Hindari mengejan

Mengejan dapat menyebabkan atau memperburuk wasir. Jika kamu masih harus mengejan atau memaksa BAB agar keluar, tandanya tubuh belum siap, jadi jangan dipaksakan.

Minum air putih

Minumlah sebanyak mungkin untuk mengisi kembali cairan yang hilang selama persalinan dan melahirkan agar mencegah sembelit. Kamu juga bisa mengonsumsi jus apel.

Bergerak secara aktif

Saat menggerakkan tubuh secara aktif, kamu tidak harus berlari. Cobalah untuk bangun dan berjalan mondar-mandir di rumah untuk melancarkan BAB.

Nah, itu dia beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang cara BAB setelah melahirkan normal. Tenang saja, kamu bisa BAB seperti biasanya karena jahitan di bagian perineum tidak akan bermasalah.

Dengan catatan, kamu merawat jahitannya sebaik mungkin agar tidak mudah terkena infeksi. Jika memang kamu mengalami masalah tertentu, maka sebaiknya konsultasikan hal tersebut dengan dokter.

Share artikel ini
Reference