asi tidak keluar setelah melahirkan

Para ibu pasti merasa khawatir ketika ASI tidak keluar setelah melahirkan, terutama jika ibu memang berniat memberikan ASI eksklusif selama dua tahun. Tapi jangan khawatir, karena masalah ini bisa diatasi meskipun memerlukan waktu yang tidak sebentar.

Yuk, pahami apa yang terjadi dalam tubuh agar ASI cepat keluar.

Alasan asi tidak keluar

benjolan di payudara saat menyusui

Ada beberapa alasan mengapa produksi ASI tidak keluar atau tertunda, diantaranya:

1. Ketidakseimbangan hormon

Hormon yang fluktuatif banyak dialami ibu pasca melahirkan. Bisa jadi ini menjadi salah satu alasan ASI tidak segera keluar sesaat setelah melahirkan. Hanya dokter yang bisa mendiagnosis kondisi ini. 

2. Konsumsi obat

Beberapa obat dapat memengaruhi produksi ASI. Salah satunya adalah obat KB yang diminum pada minggu-minggu awal setelah melahirkan. Sebaiknya tanyakan kepada dokter tentang obat apa pun yang ibu minum dan kemungkinan obat tersebut memengaruhi pasokan ASI.

Beberapa obat herbal juga dapat mengganggu suplai ASI, terutama peterseli, mint, sage, dan spearmint. Jadi, waspadalah terhadap obat-obatan herbal yang ibu konsumsi.

3. Kista ovarium gestasional

Kista ini dapat terbentuk selama kehamilan dan menghasilkan tingkat testosteron yang tinggi. Hal ini dapat menekan produksi ASI, yang berarti ibu tidak akan memiliki ASI yang cukup setelah melahirkan. Kista ini biasanya sembuh sendiri dalam waktu tiga sampai empat minggu, sehingga pasokan ASI akan lancar dengan sendirinya.

Apa Arti dan Manfaat ASI untuk Ibu dan Bayi?

4. Obesitas

Kelebihan berat badan dapat berdampak negatif pada respons prolaktin dalam tubuh ketika bayi menyusu. Hal ini dapat menunda produksi ASI, juga menyebabkan diabetes atau hipertiroidisme.

5. PCOS

PCOS memengaruhi kadar hormon pada sekitar 15% wanita. Hal ini menyebabkan tingginya kadar hormon pria, menstruasi yang tidak teratur, dan kista pada ovarium. Kondisi ini juga mengganggu produksi semua hormon yang membantu memproduksi ASI.

Jika PCOS bisa menjadi penyebab rendahnya pasokan ASI, dokter akan mulai mengatasi ketidakseimbangan hormon yang mendasarinya.

6. Riwayat operasi payudara

Wanita mungkin menjalani operasi payudara karena berbagai alasan. Mungkin seperti menjalani implan untuk pembesaran, pengecilan ukuran, atau lumpektomi, mastektomi, atau biopsi. Bagaimana pun, riwayat operasi payudara berperan dalam produksi ASI pasca melahirkan.

Tips ASI lancar secara alami

cara mengatasi telat haid saat menyusui

Ada banyak hal yang dapat ibu lakukan untuk mendorong suplai ASI yang lebih banyak, baik di rumah sakit maupun di rumah, seperti:

1. Pijat laktasi

Stimulasi pada payudara dapat membantu menciptakan tempat reseptor susu yang penting dan meningkatkan produksi ASI. Ibu bisa melakukan pijat dengan ahlinya atau memijatnya sendiri di rumah. 

2. Pompa ASI di rumah sakit

Pompa jenis ini memiliki daya hisap ekstra yang dapat membuat perbedaan besar, tidak hanya dalam jumlah ASI tetapi juga jumlah rangsangannya. Hal ini dapat meningkatkan produksi ASI secara signifikan.

3. Rutin memerah ASI meskipun tidak ada yang keluar

Ibu harus menyusui, memompa, atau memerah dengan tangan setiap 2 hingga 3 jam pada awalnya. Ingatlah bahwa pasokan ASI didasarkan pada penawaran dan permintaan. Sangat penting bagi ibu untuk mencoba mengeluarkan ASI dari payudara sesering mungkin, sehingga tubuh tahu bahwa ASI harus diproduksi lebih banyak untuk bayi.

4. Minum banyak air dan tidur sebanyak mungkin

ASI mengandung banyak air, hanya dengan meningkatkan asupan air, ibu dapat meningkatkan jumlah ASI yang dihasilkan.

Selain itu, banyak wanita menemukan bahwa mereka memproduksi lebih banyak ASI setelah tidur, karena tidur memberikan kesempatan bagi tubuh mereka untuk rileks dan membuat hormon-hormon penghasil ASI yang tepat.

Obat pelancar ASI

Beberapa multivitamin yang mengandung ekstra daun katuk mampu menstimulasi produksi ASI. Kandungan lain seperti minyak ikan juga berperan dalam upaya menghasilkan ASI. Ibu bisa membeli vitamin ini secara bebas di apotik. 

Mengutip dari Children’s Health Queensland Hospital and Health Service, obat jangka pendek yang digunakan untuk memancing produksi ASI yaitu domperidone. Obat ini dianggap paling efektif untuk meningkatkan suplai ASI. Meskipun tujuan awal domperidone untuk mengobati mual, muntah, gangguan pencernaan dan refluks lambung.

Jika ibu masih ragu untuk mengonsumsi obat-obatan pelancar ASI, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendapat resep yang tepat.

___________

Penulis: Afifa

Share artikel ini
Reference