Tidak semua anak gemuk adalah sehat, ada berbagai ciri yang harus diwaspadai sebagai orang tua mengenai anak sehat. Baik dari segi jasmani dan rohani. Agar anak Kamu tumbuh dengan sehat, jangan abaikan kebutuhannya agar tumbuh kembang si kecil tetap optimal.

Untuk mengetahui kondisi anak, orang tua perlu mengetahui apa saja ciri-ciri anak yang sehat. Dalam hal ini kesehatan anak tidak hanya dapat dilihat dari tumbuh kembangnya saja, tetapi juga dapat diketahui dengan memperhatikan ciri-ciri anak sehat itu sendiri.

Ciri-ciri anak yang sehat dalam hal ini tidak hanya kesehatan fisik, tetapi juga kesehatan mental. Dengan kesehatan fisik dan mental yang terjaga, anak pun bisa lebih bisa melakukan aktivitas sehari-hari tanpa ada kendala yang mengganggu. Sebutkan ciri-ciri anak sehat baik jasmani dan rohani yang perlu kamu ketahui!

Ciri-ciri anak sehat secara jasmani

Bagi orang tua, memastikan kesehatan buah hati tentu menjadi hal yang paling penting. Mengingat keterbatasan yang dimiliki, terkadang anak tidak dapat mengomunikasikan kondisinya kepada orang tuanya. Solusi dari keterbatasan komunikasi ini adalah dengan memahami tanda-tanda yang diperlihatkan anak sejak dini.

1. Nafsu makan yang baik

Sebutkan ciri-ciri anak sehat secara jasmani selanjutnya memiliki nafsu makan yang baik. Karena anak membutuhkan nutrisi yang cukup untuk membantu perkembangannya.

Jadi, anak yang nafsu makannya baik, maka asupan gizinya akan terpenuhi. Hal sebaliknya terjadi pada anak yang nafsu makannya rendah, maka asupan gizinya akan kurang dan menghambat pertumbuhan.

2. Aktif dan ceria

Ciri lain dari anak yang sehat adalah cenderung aktif dan ceria. Anak-anak akan senang bermain dengan teman-temannya dan menunjukkan ekspresi wajah yang gembira. Sayangnya, beberapa anak jarang bergerak aktif.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Sport Science Review vol. XXI 2021 menyebutkan sekitar 40 persen anak usia 5-8 tahun mengalami peningkatan risiko kesehatan, seperti obesitas, hipertensi, kolesterol tinggi, atau diabetes, karena kebiasaan mereka yang jarang bergerak.

3. Membersihkan mulut dan gigi

Ciri-ciri fisik anak yang sehat juga dapat ditandai dengan kebersihan gigi dan mulut yang baik. Anak yang sehat cenderung memiliki bibir yang lembab (tidak kering dan pecah-pecah), mulut tidak berbau, lidah berwarna merah muda, dan gigi tidak rusak.

Dalam merawat gigi dan mulut, pastikan anak rutin menyikat gigi menggunakan pasta gigi berfluoride, menghindari terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi gula, dan mengunjungi dokter gigi setiap 6 bulan sekali.

4. Rambut tidak kusam dan rontok

Salah satu tanda anak sehat yakni dari kondisi rambut yang bisa jadi tanda kesehatan anak kamu. Hal ini karena nutrisi yang jelas akan mempengaruhi tekstur rambut. Lain halnya pada anak yang kurang asupan gizi umumnya memiliki rambut yang lebih tipis, kering, rapuh dan mudah rontok.

Ciri-ciri anak sehat secara rohani

Berikut berbagai ciri anak sehat rohani yang dapat Kamu ketahui dan amati pada diri anak, antara lain:

1. Mudah beradaptasi dengan lingkungan

Saat berada di lingkungan luar, anak-anak yang sehat cenderung mudah bermain dengan anak-anak lain di sekitarnya. Anak-anak juga tidak canggung untuk bergerak bebas di sana dengan menggunakan kreativitasnya.

Nah, orang tua harus mengajarkan segalanya, termasuk bagaimana berkomunikasi dengan teman sebayanya. Menemani pertumbuhan dan perkembangan si kecil dengan cinta dan perhatian.

2. Ceria dan percaya diri

Ciri lain dari anak yang sehat mental adalah memiliki rasa percaya diri yang tinggi dan ceria. Dalam hal ini, anak tampaknya menikmati hidupnya dan tidak memiliki banyak kecemasan atau kekhawatiran tentang penampilan pribadinya atau hal-hal lain. Di sisi lain, jika anak Kamu terlihat lebih sering murung, itu bisa berarti kesehatan mentalnya terganggu.

3. Memiliki emosi yang stabil

Anak yang sehat secara rohani akan mampu menunjukkan perilaku yang lebih baik dan sopan, dengan pengendalian emosi yang stabil. Dalam hal ini, anak Kamu akan jarang terlihat sedih dan tidak akan menarik diri dari lingkungan secara tiba-tiba.

Di sisi lain, anak terus menunjukkan perilaku agresif dan mengamuk, kemungkinan besar tidak begitu sehat secara rohani.

Tips menjaga kesehatan anak

Berikut ini adalah berbagai tips untuk menjaga kesehatan anak, antara lain:

1. Rajin cuci tangan

Membiasakan anak untuk rajin mencuci tangan dengan benar merupakan salah satu cara paling sederhana untuk menjaga kesehatan tubuh anak.

Ajari anak untuk mencuci tangan setelah membuang ingus, menggunakan toilet, dan sebelum dan sesudah makan sehingga dapat mencegah dan menularkan penyakit kepada orang lain, termasuk teman-temannya di sekolah.

2. Menyajikan makanan sehat untuk anak

Menyediakan makanan sehat adalah salah satu cara penting untuk menjaga kesehatan anak. Alih-alih memberi anak Kamu makanan yang penuh lemak, gula, dan kalori tinggi, sebaiknya sajikan makanan sehat seperti sayuran, daging tanpa lemak, ikan, dan kacang-kacangan.

3. Atur porsi makan anak

Kamu harus memastikan bahwa anak Kamu cukup makan. Pastikan dengan porsi yang sedang. Jika Kamu makan terlalu sedikit, anak Kamu bisa menjadi kurang gizi dan kurang gizi, membuat mereka rentan terhadap penyakit.

Sedangkan jika Kamu makan berlebihan, anak Kamu dikhawatirkan terkena diabetes atau obesitas, yang tentunya tidak baik untuk kesehatannya.

4. Meningkatkan daya tahan tubuh anak

Untuk meningkatkan kekebalannya, pastikan anak Kamu cukup tidur, makan makanan yang sehat, dan berolahraga secara teratur.

Sebutkan ciri-ciri anak sehat jasmani dan rohani, yang pada dasarnya dapat Kamu amati seiring bertambahnya usia anak, mulai dari aktivitas fisik yang aktif, keceriaan, nafsu makan yang baik, kesehatan gigi dan mulut, hingga bagaimana anak mengontrol emosinya.

Share artikel ini
Reference