berapa kalori nastar

Kue nastar pasti sudah tidak asing lagi bagi para pecinta kue kering. Kue berbentuk bulat agak pipih ini sering  disajikan pada acara-acara khusus, terutama hari raya. Camilan lezat ini pastinya sangat menggugah selera. Sekali kamu mencobanya, dijamin kamu pasti ketagihan. Namun, buat kamu yang sedang diet, kamu mungkin penasaran berapa kalori nastar. 

Nah, di balik kelezatan nastar, ternyata banyak fakta yang bisa kamu pelajari, lho, termasuk berapa jumlah kalori nastar itu sendiri. Yuk, simak penjelasan berikut!

Apa itu nastar?

Nastar adalah kata serapan dari bahasa Belanda, yaitu nastaart, yang merupakan gabungan dari kata ananas yang berarti nanas dan taart yang berarti kue. Nastar pada awalnya merupakan masakan khas Belanda yang menyebar ke Indonesia setelah Belanda dijajah di Hindia Belanda ratusan tahun yang lalu.

Nastar biasanya dihidangkan untuk perayaan hari besar keagamaan seperti Hari Raya Idul Fitri, Hari Natal, dan Tahun Baru Imlek. Seperti makanan panggang lainnya, nastar terbuat dari tepung terigu, telur, dan bahan kue lainnya. Isian nastar biasanya berupa selai nanas. Namun, seiring berjalannya waktu, isi nastar kini lebih beragam, mulai dari selai stroberi, selai blueberry, dan sebagainya.

Meskipun ukurannya kecil, kue kering yang satu ini cukup “berbahaya” untuk dikonsumsi oleh kamu yang sedang menurunkan berat badan. Hal ini karena jumlah kalori nastar ternyata cukup tinggi, lho!

Kandungan kue nastar

Kamu mungkin bertanya-tanya berapa sih kalori nastar yang dikonsumsi saat lebaran. Nah berdasarkan data dari Tabel Komposisi Pangan Indonesia (2017), dalam 1 resep nastar (sekitar 154 butir), terdapat kandungan gizi sebagai berikut:

  • Energi: 6.136 kkal
  • Protein: 92,4 gram
  • Lemak: 323,4 gram
  • Karbohidrat: 831,6 gram

Sementara itu, kandungan gizi kue nastar dalam setiap butirnya (kurang lebih 10 gram), terdiri dari:

  • Energi: 39,8 kkal
  • Protein: 0,6 gram
  • Lemak: 2,1 gram
  • Karbohidrat: 5,4 gram

Berdasarkan Angka Kebutuhan Gizi (AKG), rata-rata kebutuhan energi masyarakat Indonesia adalah 2100 kkal tiap orang per hari. Jika kamu mengonsumsi 10 butir nastar, berarti kalori nastar yang sudah kamu makan adalah 527,6 kkal. Ini tentu lebih dari kalori 3 sendok makan nasi atau setara dengan kalori empat centong nasi, karena satu centong nasi (100 gram) terdiri dari 129 kkal.

Apakah kalori nastar aman dikonsumsi?

Kalori nastar memang aman untuk dikonsumsi, tapi tentu dalam jumlah yang wajar ya. Karena ukuran nastar yang kecil, kamu mungkin sering tidak menyadari berapa jumlah nastar yang sudah kamu makan.

Nastar sendiri dan kue sejenis lainnya umumnya rendah protein, serat, vitamin dan mineral. Oleh karena itu, seimbangkan dengan  makanan yang kaya protein, serat, vitamin dan mineral lainnya.

Kamu perlu diingat bahwa jika kamu menambahkan kue lain dengan nastar dan minuman manis, kalorinya melimpah berkali lipat. Ini tentu tidak baik bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan.

Berapa banyak kalori nastar yang aman dikonsumsi?

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, kamu perlu mengurangi total asupan kalori harian dan konsumsi di bawah kebutuhan kalori harian mu. Di sisi lain, jika kamu ingin menambah berat badan, kamu perlu membakar lebih banyak kalori.

Berat badanmu akan seimbang ketika total kalori harian dari diet dan aktivitas fisik memenuhi kebutuhan kalori harian Anda. Secara umum, rata-rata kebutuhan kalori harian pria dewasa adalah 2.500 kalori, sedangkan rata-rata kebutuhan kalori harian wanita dewasa  sekitar 2.000 kalori. 

Namun jumlah tersebut sebenarnya dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah usia.  Seiring bertambahnya usia, tingkat aktivitas mereka umumnya cenderung menurun, terutama di awal kehidupan. Akibatnya, orang tua tidak perlu membakar kalori sebanyak dulu. Untuk anak-anak dan remaja yang aktif, kebutuhan kalori harian adalah 1.000-2.000 kalori. 

Remaja dapat berkisar dari 1.400 hingga 3.200 kalori per hari. Seperti halnya orang dewasa, anak laki-laki umumnya memiliki kebutuhan kalori yang lebih tinggi dibandingkan anak perempuan.

Share artikel ini
Reference