cara menghilangkan bau mulut secara alami
Gaya Hidup Hidup Sehat

Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami Di Bulan Puasa

Imelda Rahmawati | April 4, 2022
Share

Memiliki mulut yang sehat dengan nafas yang segar tentunya menjadi dambaan setiap orang. Namun, terkadang masalah bau mulut ini sulit untuk dihindari. Rupanya ada cara menghilangkan bau mulut secara alami yang bisa kamu coba selama bulan puasa ini.

Selain lebih nyaman dan aman menggunakan bahan alami, cara ini juga membuat kamu percaya diri selama bulan puasa. Ya, biasanya di bulan puasa masalah bau mulut semakin banyak dialami. Yuk, ketahui cara menghilangkan bau mulut secara alami, supaya bisa lebih percaya diri!

Kenapa bau mulut saat puasa?

Penyebab utama bau mulut muncul saat puasa adalah berkurangnya produksi air liur di mulut, karena tidak ada asupan cairan selama puasa. Padahal, air liur menjadi pembersih alami mulut dengan kandungan enzim yang mencerna serat glikoprotein.

Selain itu, air liur juga sebagai sistem kekebalan tubuh untuk memblokir bakteri dan virus yang masuk melalui mulut. Saat puasa tentu saja produksi air liur berkurang, karena kita tidak minum dan makan. Akibat kondisi ini, rongga mulut menjadi kering dan menjadi tempat yang baik untuk berkembangnya koloni bakteri di lidah, gigi, dan mulut. Inilah yang memicu munculnya bau mulut saat berpuasa.

Penyebab bau mulut saat puasa

Air liur berperan penting dalam membersihkan sisa makanan dan menghambat pertumbuhan bakteri di rongga mulut. Air liur yang berkurang saat puasa membuat bakteri di rongga mulut berkembang biak dengan cepat. Ketika hal ini terjadi, bakteri akan menghasilkan banyak gas yang menyebabkan bau tidak sedap, sehingga memicu bau mulut.

Selain mulut kering, bau mulut juga bisa disebabkan oleh beberapa hal lain, yaitu:

  • Jarang menggosok gigi dan membersihkan lidah
  • Masalah pada gigi dan mulut, termasuk gigi berlubang, gingivitis, dan sariawan
  • Masalah dengan rongga hidung dan tenggorokan, seperti sinusitis dan tonsilitis
  • Konsumsi makanan yang berbau menyengat, seperti bawang bombay, terasi, dan petai
  • Kebiasaan merokok
  • Adanya penyakit tertentu, seperti gerd, diabetes, penyakit ginjal, gangguan hati, hingga infeksi saluran pernapasan

Cara menghilangkan bau mulut secara alami di bulan puasa

Perawatan lanjutan untuk masalah bau mulut bervariasi, tergantung pada penyebabnya. Berikut beberapa cara alami untuk menghilangkan bau mulut, seperti:

1. Menjaga kebersihan gigi

Pastikan kamu tidak malas untuk menggosok gigi. Ini menjadi penyebab umum dari bau mulut. Dengan kamu rajin menggosok gigi, kamu bisa bau mulut dan plak pada gigi. Ya, cara termudah untuk menghilangkan bau mulut adalah dengan menyikat gigi dengan pasta gigi anti bakteri.

Sikat gigi dua kali sehari secara teratur pada pagi dan sore hari. Untuk menghilangkan bau mulut, sikat gigi minimal 30 menit setelah makan untuk mencegah pertumbuhan bakteri.
Jika memungkinkan, bersihkan juga lidah kamu menggunakan sikat lidah.

2. Minum air mineral

Kamu perlu menjaga cairan tubuh dengan minum air mineral untuk mencegah dehidrasi. Selain itu, minum air mineral juga merupakan cara menghilangkan bau mulut secara alami. Hal ini untuk membantu produksi air liur semakin banyak. Di bulan puasa, kamu bisa memenuhi kebutuhan air dengan minum banyak saat sahur dan berbuka.

3. Minum teh hijau

Teh hijau juga menjadi solusi untuk bantu atasi bau mulut. Suatu penelitian menunjukkan bahwa, ada senyawa desinfektan dari teh hijau yang bermanfaat untuk menyegarkan nafas. Kamu juga bisa menambahkan daun mint ke dalam larutan teh hijau untuk membuat mulut kamu terasa segar.

4. Baking soda

Mengatasi bau mulut juga bisa menggunakan baking soda. Kandungan natrium bikarbonat dalam baking soda dapat membantu membunuh bakteri, yang berkembang biak di dalam mulut.

Kamu bisa menggunakannya sebagai obat kumur. Cukup larutkan dua sendok makan soda kue dalam satu cangkir air hangat. Kemudian, cukup berkumur selama 30 detik, lalu buang air kumurnya dan bilas dengan air biasa.

5. Berkumur dengan air garam

Kamu juga bisa mencoba cara menghilangkan bau mulut dengan berkumur air garam hangat. Tak hanya mengatasi bau mulut, berkumur dengan air garam juga dapat membantu mengurangi plak sehingga mencegah pertumbuhan bakteri di mulut dan tenggorokan.

Setelah dilarutkan dalam air hangat, kamu bisa berkumur selama 30 detik. Ulangi beberapa kali hingga air habis.

6. Berkumur dengan obat kumur

Cara paling mudah tentunya dengan membeli obat kumur antiseptik yang dijual di pasaran. Biasanya obat kumur ini sudah mempunyai takaran dan dosis tertentu yang bisa kamu ikuti setiap hari.

7. Bersihkan lidah

Jangan lupa untuk membersihkan lidah saat menyikat gigi. Lidah juga merupakan tempat berkumpulnya bakteri. Kamu bisa membersihkan lidah dengan pembersih lidah dan pastikan kebersihan lidah tetap terjaga.

Cara menghilangkan bau mulut secara alami bisa menjadi solusi bau mulut saat puasa. Pasalnya, bau mulut saat puasa biasanya dipicu oleh kondisi rongga mulut yang kering. Mulut kering disebabkan oleh berkurangnya produksi air liur karena tidak adanya makanan dan minuman masuk.

Reference
Share