kapan hari senyum sedunia 4 oktober jumat pertama oktober

Tahukah kamu kapan Hari Senyum Sedunia atau World Smile Day? Yup, Hari Senyum Sedunia jatuh pada 4 Oktober. Lalu, apa saja manfaat senyum untuk kesehatan? Yuk, simak selengkapnya di artikel ini!

Dilansir dari laman resmi World Smile Day, Harvey Ball awalnya menciptakan simbol wajah tersenyum pada 1963. Gambar tersebut yang kemudian menjadi simbol ikonik untuk menunjukkan keceriaan.

Seiring berjalannya waktu, penggunaan simbol wajah tersenyum semakin meningkat, bahkan untuk emoji yang digunakan pada percakapan pesan intan.

Harvey Ball berpikir bahwa semua orang di dunia harus meluangkan satu hari setiap tahun untuk tersenyum dan berbuat baik. Dengan satu senyuman, seseorang yang sedang bersedih dapat ikut tersenyum dan membuat hari menjadi lebih baik.

Kapan Hari Senyum Sedunia?

Mungkin kamu penasaran sebenarnya kapan Hari Senyum Sedunia? Perayaan Hari Senyum Sedunia setiap tahun setiap Jumat pertama di Oktober. Pada 2024, Hari Senyum Sedunia jatuh pada 4 Oktober.

Perayaan Hari Senyum Sedunia pertama kali adalah pada 1999, di Worcester, kampung halaman Harvey Ball. Sejak itu, perayaan ini terus berlanjut dan menyebar ke seluruh dunia. 

Meski Harvey Ball telah meninggal pada 2001, yayasan yang ia dirikan, Harvey Ball World Smile Foundation, meneruskan impiannya sebagai sponsor Hari Senyum Sedunia setiap tahunnya untuk membawa lebih banyak senyuman ke dunia.

7 Manfaat Bersyukur untuk Kesehatan Fisik dan Mental!

Manfaat senyum bagi kesehatan

Setelah mengetahui kapan World Smile Day dan tujuan dari perayaan hari penting yang satu ini, kamu tentu penasaran apa saja sebenarnya manfaat senyum bagi kesehatan. Berikut beragam manfaatnya:

1. Hidup lebih lama

Salah satu studi menunjukan bahwa hanya dengan tersenyum yang tulus dan intens bisa membuat usia lebih panjang. Kebahagiaan dapat meningkatkan usia selama bertahun-tahun, tak hanya dengan menjaga kesehatan tubuh. 

2. Menghilangkan stres

Stres dapat memengaruhi kondisi tubuh. Tersenyum tidak hanya mencegah rasa lelah, letih, dan kewalahan. Tersenyum dapat meningkatkan suasana hati dan kemampuan untuk mengelola stres.

3. Meningkatkan suasana hati

Tersenyum dapat membuat kita merasa bahagia. Saat merasa sedih, cobalah tersenyum. Kemungkinan besar suasana hati akan berubah menjadi lebih baik.

Tersenyum dapat mengaktifkan jalur di otak yang memengaruhi keadaan emosional. Artinya, dengan tetap membuat ekspresi wajah bahagia (tersenyum), kita dapat “menipu” pikiran untuk membuat mood menjadi bahagia.

Senyum sederhana dapat memicu pelepasan neuropeptida yang meningkatkan komunikasi pada saraf. Ini juga menyebabkan pelepasan neurotransmiter seperti dopamin dan serotonin, sehingga meningkatkan suasana hati. Oleh karena itu, tersenyum dinilai sebagai antidepresan alami.

4. Memberikan energi positif ke orang lain

Pernah mendengar kalau senyuman memiliki kekuatan untuk menerangi ruangan? Tersenyum tidak hanya meningkatkan suasana hati, tetapi juga dapat mengubah suasana hati orang lain menjadi lebih baik.

Penelitian menunjukkan bahwa senyuman sebenarnya menular. Otak secara otomatis memperhatikan atau menafsirkan ekspresi wajah orang lain. Maka dari itu, jika melihat seseorang senyum, secara tidak sadar kamu juga akan ikut tersenyum.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Tersenyum juga dapat meningkatkan kesehatan dengan membantu sistem kekebalan tubuh berfungsi lebih efektif. Ketika tersenyum, fungsi kekebalan tubuh meningkat karena kamu menjadi lebih santai berkat pelepasan neurotransmiter tertentu.

Itulah informasi mengenai asal-usul Hari Senyum Sedunia dan manfaat tersenyum untuk kesehatan. Jadi, apakah kamu sudah tersenyum hari ini? 


Penulis: Anggraini Nurul

Share artikel ini
Reference