patah tulang mulai sembuh

Terkadang saat melakukan aktivitas fisik, seseorang bisa saja tidak hati-hati sehingga menyebabkan gangguan seperti jatuh atau cedera.

Salah satu yang mungkin terjadi pada saat kegiatan fisik dilakukan dengan tidak hati-hati yaitu dapat menyebabkan patah tulang. Apakah kamu pernah mengalaminya?

Patah tulang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk sembuh, bisa berminggu hingga berbulan-bulan tergantung dari perawatan dan cara penanganan patah tulangnya.

Ketahui proses penyembuhan hingga ciri patah tulang mulai sembuh dalam ulasan kali ini mungkin membantu kamu dan keluarga saat mengalami kondisi patah tulang.

Proses penyembuhan patah tulang 

Fungsi Tulang Pergelangan Tangan

Ciri patah tulang mulai sembuh memang dibutuhkan sehingga kamu dapat mengetahui apakah patah tulang sudah berangsur membaik dan dapat melakukan penanganan yang tepat apabila patah tulang belum sembuh benar.

Durasi penyembuhan pada patah tulang memang berbeda-beda akan ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi penyembuhan seperti:

  • Usia
  • Kondisi kesehatan
  • Asupan nutrisi
  • Jenis perawatan
  • Asupan nutrisi

Faktor ini dapat menyebabkan penyembuhana patah tulang memilih durasi yang berbeda yang dapat terjadi selama beberapa minggu.

Penyembuhan yang dilakukan pada patah tulang karena cedera ataupun tulang dipotong pada saat pembedahan mempunyai proses yang hampir sama.

Osteosarkoma: Penyakit Keganasan pada Tulang, Ini Gejala yang Harus Kamu Waspadai!

Tahapan dalam proses penyembuhan patah tulang antara lain:

1. Tahap peradangan

Tahap awal pada penyembuhan patah tulang ini merupakan tahap peradangan yang biasanya terjadi setelah tulang mengalami retak dan ini akan berlangsung beberapa hari.

Peradangan terjadi karena adanya perdarahan pada tulang retak dan terdapat pembekuan darah pada area yang terkena patah tulang.

Beberapa gejala dapat terjadi selama peradangan seperti kemerahan, bengkak pada area patah tulang, hingga nyeri yang dirasakan oleh pasien.

Hal ini merupakan proses penyembuhan alami atau inflamasi yang sering terjadi pada saat peradangan berlangsung. Otak akan menerima sinyal radang dan tubuh akan beristirahat agar menjalani pemulihan.

Potongan tulang yang patah pada tahap ini dapat direkatkan kembali dengan proses pembekuan darah sehingga memberikan kerangka kerja dan produksi pada tulang baru yang mengalami patah tulang.

Pada kondisi ini memang pasien harus banyak beristirahat dan hindari menggunakan anggota tubuh yang mengalami patah tulang.

2. Tahap reparative

Tahapan kedua setelah peradangan yaitu reparative dimana pada tahap nini darah beku akan diganti dengan jaringan bernama fibrosa atau kalus lunak. Biasanya tahapan ini akan berlangsung selama 1 minggu setelah patah tulang.

Jaringan ini akan menyatukan kembali tulang yang patah, rasa nyeri akan semakin berkurang namun belum cukup untuk membuat bagian tubuh kembali dapat digunakan.

Tahapan ini berlangsung sekitar 2-6 minggu dan sebaiknya tidak memberikan tekanan apapun pada bagian yang cedera. 

Kalus yang lunak akan mengeras dan membatu anggota tubuh kembali dapat digunakan dengan perlahan.

Ini Sejumlah Makanan untuk Penderita Pengapuran Tulang yang Bagus

3. Tahap remodeling

Setidaknya setelah 4 minggu patah tulang terjadi, akan ada tahapan penyembuhan atau remodeling dari patah tulang yang dapat berlangsung selama beberapa bulan.

Kalus keras mengalami perubahan dan membentuk tulang asli sehingga memicu sirkulasi darah pada area akan semakin membaik. Kegiatan ringan sudah dapat dilakukan menggunakan bagian tubuh yang terkena cedera tersebut.

Namun jika memang masih terasa sangat nyeri, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter mengenai kapan area tersebut dapat digunakan kembali.

Tulang umumnya membutuhkan waktu sekitar 12 minggu untuk dapat sembuh kembali dan biasanya anak-anak akan lebih cepat mengalami penyembuhan dari orang dewasa. 

Bidai atau gips pada proses ini sangat dibutuhkan sehingga area patah tulang tetap dibantu untuk menahan beban dan dipakai untuk membantu tulang keras baru sekitar 3-6 minggu lamanya.

Proses ini tentu membutuhkan kesabaran dan perawatan yang cukup ekstra karena kondisi patah tulang memang cukup serius jika ingin segera kembali sembuh. Terdapat beberapa ciri patah tulang mulai sembuh yang dapat kamu ketahui dari ulasan berikut ini.

Ciri patah tulang mulai sembuh

ciri ciri patah tulang mau sembuh

Patah tulang dapat dikatakan mulai sembuh jika ada ciri ciri berikut ini:

1. Nyeri berkurang

Ciri umum dari kondisi patah tulang yang semakin membaik adalah nyeri yang berkurang.

Nyeri semakin hilang meskipun tidak lagi mengonsumsi obat pereda nyeri adalah tanda baik saat patah tulang mulai sembuh.

Akan tetapi pada tahap ini tetap harus waspada karena patah tulang belum sepenuhnya sembuh total.

2. Terdapat peningkatkan rentang gerak

Berkurangnya rasa nyeri pada area patah tulang dan gerak rentang yang semakin meningkat dapat menjadi sinyal bahwa patah tulang mulai sembuh.

Jika pada saat patah tulang seseorang tidak dapat menggerakan anggota badan sama sekali, pada tahap ini area cedera sudah dapat bergerak meskipun perlahan dan akan semakin meningkat.

3. Bengkak mereda

Bengkak yang terjadi selama patah tulang dapat menjadi indikasi bahwa ada peningkatan aliran darah agar membantu proses penyembuhan patah tulang.

Pada saat bengkak mulai mereda, maka patah tulang dapat berangsur pulih perlahan dan aliran darah menuju area cedera akan semakin berkurang.

4. Memar berkurang

Ciri patah tulang yang mulai sembih adalah dengan tampilan memar yang semakin pudar. Memar biasanya terjadi pada area cedera dan sekitarnya dan akan semakin hilang saat patah tulang semakin mulai sembuh.

Agar patah tulang semakin cepat sembuh, apa yang harus dilakukan?

Rakitis adalah Kelainan Tulang pada Anak, Yuk Kenali Lebih Lanjut tentang Penyakit Ini!

Cara mempercepat penyembuhan patah tulang

Saat patah tulang, maka kondisi pasien tentu semakin sulit untuk bergerak dan memerlukan perawatan yang intens. Untuk mempercepat penyembuhan, berikut tips yang bisa kamu lakukan di rumah:

  • Konsumsi makanan bergizi. Perbanyak makanan asupan bergizi seperti vitamin dan kalsium untuk membantu tulang sembuh lebih cepat.
  • Waspadai obat tertentu. Waspadai jenis obat tertentu yang diklaim untuk patah tulang. Konsultasi dengan dokter agar mendapat rekomendasi obat nyeri yang tepat.
  • Berhenti merokok. Kebiasaan merokok akan memperlambat penyembuhan karena aktivitas ini akan menghambat aliran darah. Hindari rokok untuk mempercepat penyembuhan patah tulang.
  • Kelola gangguan kesehatan. Lakukan perawatan dan konsultasi jika memiliki gangguan kesehatan agar dapat mempercepat penyembuhan.
  • Istirahat cukup. Banyak istirahat dan jangan terburu-buru untuk menggunakan area tubuh yang cedera agar mempercepat penyembuhan.
  • Waspada infeksi. Kenali gejala infeksi yang terdapat pada area patah tulang sehingga jika terjadi gejala atau tanda tertentu dapat segera mendapat perawatan medis sesuai keluhan.

Banyak perawatan yang dapat mendukung patah tulang dapat semakin cepat sembuh seperti perawatan ultrasound atau stimulasi listrik.

Konsultasikan dengan dokter mengenai jenis perawatan yang tepat untuk mempercepat kesembuhan patah tulang.


Penulis: Nur Azizah

Share artikel ini
Reference