cara menghilangkan bruntusan di jidat

Bruntusan merupakan salah satu masalah kulit yang kerap mengganggu penampilan, apalagi jika bruntusan ada di area wajah seperti jidat.

Namun, tidak perlu terlalu khawatir, pasalnya, ada beberapa cara menghilangkan bruntusan di jidat yang dapat kamu coba, baik menggunakan cara alami sampai medis. 

Apa penyebab bruntusan di jidat? 

Ada banyak penyebab bruntusan pada kulit, beberapa penyebab tersebut, yakni:

1. Jerawat

Jerawat merupakan salah satu penyebab bruntusan di wajah. Ada berbagai jenis jerawat yang kerap muncul di dahi dengan bentuk yang kecil sehingga mirip seperti bruntusan. Penyebab masalah kulit yang satu ini adalah penyumbatan pori-pori yang disebabkan penumpukan kotoran, minyak berlebih dan sisa sel kulit mati. 

Penyumbatan ini menyebabkan bakteri berkumpul di bawah kulit. Saat peradangan terjadi, bruntusan pun dapat muncul. Selain itu, penyebab lain dari bruntusan adalah perubahan hormon, kurangnya menjaga kebersihan wajah, hingga stres. 

2. Milia 

Milia merupakan penyebab bruntusan yang selanjutnya. Milia sendiri adalah bintil kecil berwarna putih atau kekuningan pada kulit. Umumnya, milian muncul dalam jumlah banyak. Penyebabnya adalah paparan sinar matahari, penggunaan krim streoid atau akibat menjalani prosedur kecantikan. 

3. Dermatitis kontak

Masalah pada kulit seperti dermatitis kontak juga dapat menyebabkan bruntusan. Penyebabnya adalah paparan zat alergen atau iritasi kulit. Gejala dermatitis kontak meliputi, munculnya bintil kecil, gatal, kulit kering, dan kulit mengelupas. 

4. Biang keringat

Bruntusan di wajah juga kerap disebut dengan biang keringat. Penyebabnya sendiri karena pori-pori yang tersumbat, alhasil, kelenjar keringat tidak bisa bekerja dengan baik. Keringat yang ada di bawah kulit tersebut dapat menyebabkan benjolan kecil berwarna kemerahan, perih dan gatal. 

Cara menghilangkan bruntusan di jidat

Berikut beberapa cara menghilangkan bruntusan di jidat dari alami hingga menggunakan obat:

1. Lidah buaya

Lidah buaya dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Kamu bisa mengoleskan gel lidah buaya langsung pada area wajah yang bruntusan. Kandungan vitamin E, antibakteri dan antiradang yang ada di dalamnya dipercaya menjadi kunci untuk menghilangkan bruntusan.

  1. Lemon

Lemon mengandung senyawa astringent dan antibakteri yang bisa mengelupas sel kulit mati. Selain itu, senyawa ini juga dapat mencegah penyumbatan pori-pori di wajah. Cara penggunaan lemon untuk mengatasi bruntusan adalah bersihkan area wajah yang mengalami bruntusan, lalu oleskan air perasan lemon pada wajah.  Namun, penggunaan lemon dalam jangka panjang tidak disarankan karena dapat menyebabkan iritasi.

3. Teh hijau

Cara menghilangkan bruntusan di jidat selanjutnya adalah dengan menggunakan teh hijau. Kandungan senyawa  polifenol epigallocatechin gallate (EGCG) yang ada pada teh hijau mampu membantu mengatasi kulit berminyak dan bruntusan. 

Cara penggunaannya juga cukup mudah, kamu cukup campurkan air seduhan teh hijau dengan gel lidah buaya atau madu. Setelah itu, oleskan pada dahi yang mengalami bruntusan. Diamkan 10-20 menit. Gunakan masker ini dua kali seminggu. 

4. Tea tree oil

Tea tree oil memiliki kandungan senyawa antimikroba dan antiradang yang membantu mengatasi bruntusan. Cara penggunaannya adalah dengan campurkan teteskan tea tree oil dengan air. Kemudian, oleskan pada area dahi dengan menggunakan kapas.

5. Makanan mengandung zinc

Mengkonsumsi makanan mengandung zinc juga baik untuk menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan, termasuk untuk mengatasi bruntusan. Beberapa makanan yang mengandung zinc adalah telur, kacang-kacangan dan lainnya. 

6. Benzoil peroksida

Selain menggunakan bahan alami, kamu juga bisa menggunakan benzoil peroksida. Obat bruntusan yang satu ini dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Kamu bisa menggunakan produk benzoil peroksida dalam bentuk salep jerawat maupun sabun cuci muka. 

7. Asam salisilat

Asam salisilat juga kerap digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan bruntusan di jidat yang ampuh. Cara kerjanya adalah dengan memecah komedo dan membantu pengelupasan sel kulit mati. 

8. Retinoid

Obat atau produk kecantikan dengan kandungan retinoid juga dapat membantu mengatasi bruntusan. Retinoid dapat mengurangi peradangan dan mencegah jerawat serta mencegah bekas jerawat yang mengganggu penampilan. 

9. Chemical peeling

cara menghilangkan bruntusan di jidat yang satu ini adalah dengan melakukan perawatan peeling wajah. Perawatan ini berguna untuk meremajakan kulit dan mengangkat sel kulit mati. Dokter nantinya akan mengoleskan substansi asam pada permukaan kulit.

Lapisan tersebut nantinya akan diangkat bersamaan dengan lapisan sel kulit terluar. Setelah melakukan perawatan ini, kulit dapat mengalami kemerahan dan pengelupasan selama beberapa hari.

Share artikel ini
Reference