mungkinkah hamil saat minum pil kb

Kontrasepsi merupakan salah satu cara bagi kamu dan pasangan untuk menunda kehamilan. Jenis kontrasepsi sendiri banyak jenisnya, ada yang berupa suntikan dan juga pil minum. Beberapa wanita yang sudah menggunakan pil KB mendapati bahwa mereka mengalami ciri-ciri hamil, salah satunya tidak haid. Seperti apa fakta sebenarnya?

Yoona kali ini mengajak kamu mengetahui fakta sebenarnya tentang munculnya ciri-ciri hamil saat minum pil KB. Cari tahu juga kenapa saat minum pil KB tidak haid dengan menyimak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Ciri-ciri hamil saat minum pil KB

Pil KB adalah salah satu alat kontrasepsi yang dapat digunakan untuk menunda kehamilan. Alat kontrasepsi lainnya yang bisa digunakan untuk menunda kehamilan adalah suntik, IUD, dan spiral. Kontrasepsi yang diminum menjadi pilihan banyak wanita karena penggunannya yang mudah dan tingkat keberhasilannya yang tinggi dalam mencegah kehamilan.

Semua alat kontrasepsi akan memberikan beberapa efek samping pada tubuh. Bahkan beberapa efek samping pil ini pada tubuh mirip seperti ciri-ciri hamil. Ciri-ciri yang dimaksud yaitu:

1. Mual

Ibu hamil biasanya akan sering merasakan mual di masa-masa kehamilannya. Nah, salah satu efek samping dari kontrasepsi pil atau yang diminum sama dengan ciri-ciri hamil yang satu ini, yaitu rasa mual yang disertain dengan rasa ingin muntah.

2. Payudara terasa nyeri dan lembut

Ciri-ciri hamil lainnya yaitu rasa nyeri yang muncul pada payudara. Hal ini juga diikuti dengan rasa lembut pada bagian permukaan payudara. Gejala yang sama pada payudara ini juga akan muncul setelah kamu mengonsumsi kontrasepsi dalam bentuk pil.

3. Sakit kepala

Konsumsi pil kontrasepsi juga akan memberikan efek berupa rasa sakit di kepala. Gejala ini juga biasanya dialami oleh ibu hamil. Rasa sakit kepala yang muncul merupakan akibat dari hormon yang tidak seimbang.

4. Kelelahan

Ibu hamil biasanya juga akan merasa lelah terus-menurus. Ini juga merupakan efek yang akan dirasakan seseorang setelah mengonsumsi pil kontrasepsi. Sama seperti sakit kepala, rasa lelah berlebih merupakan efek dari perubahan kadar hormon.

5. Haid tidak teratur atau tidak haid sama sekali

Efek yang paling sering dirasakan adalah haid yang tidak teratur atau bahkan tidak haid sama sekali. Padahal tidak haid sama sekali merupakan ciri kehamilan yang paling umum. Gejala ini merupakan gejala yang paling banyak dikhawatirkan banyak wanita setelah mengonsumsi pil kontrasepsi karena mengira dirinya hamil.

Cara Minum Pil KB yang Benar untuk Memancing Siklus Haid, Memangnya Ada?

Kenapa saat minum pil KB tidak haid?

kenapa tidak haid saat minum pil kb

Ada berbagai macam hormon yang terkandung dalam pil kontrasepsi. Hormon-hormon ini memiliki efek yang berbeda-beda pada tubuh kamu. Ada yang mengandung progesteron dan ada pula yang mengandung kombinasi dua hormon, yaitu progesteron dan estrogen.

Salah satu efek yang diakibatkan oleh hormon pada pil kontrasepsi adalah berubahnya siklus haid atau bahkan tidak haid sama sekali. Hal ini terjadi karena berubahnya kadar hormon pada tubuh akibat hormon progesteron dan estrogen.

Tidak semua wanita mengalami hal yang sama. Ada yang justru menstruasinya menjadi lebih sering dan darah yang keluar menjadi lebih banyak setelah rutin mengonsumsi pil kontrasepsi. Berubahnya siklus haid biasanya akan berlangsung di 3 bulan pertama konsumsi pertama kali.

Kesimpulannya, tidak haid setelah minum pil KB adalah hal normal. Jika kamu masih khawatir terjadinya kehamilan setelah konsumsi pil kontrasepsi, ada baiknya kamu melakukan tes kehamilan untuk memastikannya.

Jika setelah konsumsi pil KB kamu justru mengalami pendarahan haid berlebih diikuti dengan jangka waktu haid yang lebih lama, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter lebih lanjut. Dokter biasanya akan menyarankan kontrasepsi lain.

Selain konsumsi pil KB, ada banyak penyebab lainnya yang membuat kamu tidak haid. Stres berkepanjangan, berat badan yang turun drastis, aktivitas olahraga yang berlebihan, dan sindrom ovarium polikistik (PCOS) juga bisa menjadi penyebab mengapa kamu tidak haid sama sekali.

Pil KB untuk Mengatasi Jerawat, Apakah Aman?

Itulah penjelasan lengkap tentang ciri-ciri hamil saat minum pil KB dan penyebab kenapa tidak haid saat minum pil ini. Jika kamu tidak yakin kontrasepsi mana yang akan kamu pilih untuk mencegah kehamilan, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Semoga bermanfaat.


Penulis: Tara Anugerah

Share artikel ini
Reference