bau darah haid dan darah awal kehamilan

Perbedaan bau darah haid dan darah awal kehamilan sulit dideteksi. Darah haid mungkin sedikit lebih berbau ketika haid “sehat” sedang berlangsung. Selama haid, jumlah bau yang muncul juga berfluktuasi.

Haid sehat bisa berbau sedikit berbeda. Bahkan, kamu dapat mendeteksi bau logam yang disebabkan oleh zat besi dan bakteri. 

Cara membedakan bau darah haid dan darah awal kehamilan

Pendarahan selama awal kehamilan atau implantasi relatif umum dan tidak selalu berarti ada masalah – tetapi itu bisa menjadi tanda yang berbahaya. Baunya tidak seperti darah, dan hampir seperti logam namun tidak seintens darah haid atau bahkan tidak berbau sama sekali.

Sebaiknya tanyakan kepada dokter, karena itu bisa menjadi tanda infeksi jika bau pendarahan implantasi kamu berbau tidak sedap, bau amis, atau aroma manis.

Cara lain untuk mengenali kehamilan adalah melalui warna darah. Haid, betapapun berat atau ringannya, umumnya berwarna merah terang dan gelap (biasanya merah lebih gelap), terlepas dari volumenya.

Sementara pendarahan yang terkait dengan implan biasanya dapat dideteksi dalam warna pink muda hingga coklat tua.

Apa Penyebab Darah Haid Sedikit dan Berlendir?

Pendarahan implantasi biasanya terjadi 1-2 minggu setelah pembuahan, yang sering kali terjadi sekitar waktu yang diharapkan seseorang untuk memulai haid. Meskipun pendarahan implantasi biasanya lebih ringan daripada aliran haid, beberapa wanita mungkin salah mengiranya sebagai haid yang sangat ringan.

Berbagai jenis bau haid dan penyebabnya

Berbagai jenis bau darah haid

Darah haid dapat memiliki bau yang berbeda berdasarkan berbagai faktor. Berikut ini adalah bau darah haid yang umum:

Logam 

Darah haid bisa memiliki bau logam, seperti koin tembaga. Ini biasanya karena adanya zat besi dalam darah dan tidak perlu dikhawatirkan. Namun, seharusnya tidak bertahan lebih lama setelah haid berakhir.

Busuk

Seseorang mungkin melihat bau busuk selama haid mereka, yang bisa menjadi tanda masalah. Jenis bau ini sering disebabkan oleh benda asing, seperti pembalut atau tampon, yang secara tidak sengaja tertinggal terlalu lama di vagina.

Manis

Bau manis pada darah haid kemungkinan disebabkan oleh lingkungan asam dan adanya bakteri di vagina.

Bau badan

Seseorang mungkin memperhatikan bau yang mirip dengan bau badan selama periode mereka. Hal ini disebabkan adanya kelenjar keringat apokrin di daerah genital.

Keringat apokrin bercampur dengan bakteri pada kulit untuk menghasilkan bau badan. Kelenjar melepaskan jenis keringat ini selama periode stres atau kecemasan. Berbeda dengan keringat yang hilang saat berolahraga, atau saat suhu tubuh sedang tinggi.

Amis 

Seseorang mungkin memperhatikan bau amis selama periode mereka dan juga di luar menstruasi. Bau ini sering dikaitkan dengan infeksi, seperti vaginosis bakteri atau trikomoniasis.

Vaginosis bakterial adalah infeksi vagina umum yang disebabkan oleh pertumbuhan berlebih bakteri di vagina. Faktor risiko vaginosis bakterial termasuk pasangan seks baru atau ganda dan douching. Vaginosis bakterial menghasilkan bau amis, yang lebih terasa selama menstruasi, karena darah meningkatkan alkalinitas vagina. 

Sementara trikomoniasis merupakan infeksi menular seksual. Trikomoniasis adalah infeksi protozoa yang dapat ditularkan seseorang ke orang lain melalui hubungan seks.

Seseorang dengan trikomoniasis mungkin memperhatikan bau amis yang tidak biasa dari vagina dan perubahan keputihan. Mereka mungkin juga merasakan gatal, terbakar, atau nyeri di area genital.

Baca juga: Perbedaan bau darah haid dan hamil.

13 Penyebab Darah Haid Sedikit dan Hanya 2 Hari, Apakah Berbahaya?

Tips agar darah haid tidak berbau

Terkadang, bau yang tidak biasa selama haid seseorang terkait dengan praktik kebersihan. Umumnya, bau darah haid tidak tercium oleh orang lain.

Agar terhindar dari bau tidak sedap mandilah setiap hari. Selain itu, selama haid, kamu gantilah pembalut setiap kali pergi ke kamar kecil atau mengganti tampon setiap beberapa jam.

Dokter tidak merekomendasikan penggunaan douche untuk membersihkan vagina. Douching dapat mengubah keseimbangan bakteri dan tingkat keasaman di vagina dan menyebabkan penumpukan bakteri berbahaya dan menyebabkan infeksi, seperti vaginosis bakteri atau infeksi jamur. 

Share artikel ini
Reference