cara menyibukkan diri agar tidak galau

Perasaan sedih atau galau adalah perasaan yang wajar dimiliki setiap orang. Perasaan ini muncul bisa karena banyak hal, entah karena patah hati, masalah di sekolah atau tempat kerja, atau bahkan hanya galau saja.

Jika rasa sedih atau galau ini dibiarkan terus-menerus, kamu bisa menjadi tidak produktif dalam melakukan pekerjaan sehari-hari.

Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa mencoba menyibukkan diri dengan melakukan berbagai aktivitas yang membuatmu bisa melupakan kesedihan. 

10 Cara Menyibukkan Diri Agar Tidak Galau

kegiatan supaya tidak galau lagi

Berikut ini kami rangkum beberapa kesibukan positif yang membuatmu tidak lagi galau. Yuk, coba!

1. Jalin komunikasi yang baik dengan orang-orang di sekelilingmu

Jangan menjauh dari orang-orang di sekitarmu. Habiskan waktu bersama teman atau keluar karena ini bisa membantu menghapus kesedihan.

Jika kamu sendiri terus, itu akan memperburuk emosi dan memperpanjang kesedihanmu. Pergilah keluar bersama orang lain dan lakukan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan atau sekedar bagikan ceritamu kepada mereka.

2. Lakukan hobimu atau bergabung dengan klub-klub

Jika kamu memiliki minat dalam membaca, klub buku atau kelompok diskusi adalah pikihan yang tepat. Kamu bisa cari klub-klub ini secara offline atau online.

Jika kamu menyukai genre tertentu dan tidak ada klub atau kelompok yang tersedia, pertimbangkan untuk membangun  grupmu sendiri, lalu ajak orang lain untuk bergabung. 

Berdiskusi tentang hal-hal yang kamu minati dapat membantu menjauhkanmu dari kegalauan, lho. 

Apa Itu Cinta Bertepuk Sebelah Tangan? Sadari dan Waspadai Tandanya!

3. Berpartisipasi dalam kegiatan di lingkungan sekitar 

cara merayakan hari bumi dengan seru

Coba cari berbagai kegiatan di lingkungan tempat tinggalmu. Beberapa kegiatan mungkin bukan minatmu, seperti merajut atau menanam pohon, tetapi dengan mencoba melakukan hal-hal ini, kamu mungkin akan menemukan hobi baru.

Lebih penting lagi, kamu akan lebih cepat melupakan kesedihanmu. Di sisi lain, kamu mungkin akan bertemu dengan orang-orang baru. Menarik, ‘kan?

4. Jalan-jalan 

Salah satu cara menyibukkan diri agar tidak galau adalah pergi traveling.

Dengan cara ini, kamu bisa melihat hal-hal baru yang lebih fresh, bertemu orang-orang baru, keluar dari rutinitasmu sementara, bahkan memperluas wawasanmu.

Cobalah kunjungi tempat-tempat menarik yang belum pernah kamu kunjungi sebelumnya, seperti tempat-tempat bersejarah, restoran, gunung atau pantai, bahkan tempat-tempat seperti mall atau coffee shop. Kegiatan ini bisa membantu menciptakan kenangan positif.

Fakta Sindrom Patah Hati Yang Lebih Banyak Dialami Wanita

5. Cari keterampilan baru

Coba mendaftar ke lokakarya komunitas atau mengambil kursus online. Selain itu, kamu juga bisa meminta teman untuk mengajarkan sesuatu yang baru.

Selain keterampilan baru, kamu juga bisa mengumpulkan buku dan literatur untuk memperluas wawasan, atau melakukan hal-hal lain demi mendapatkan keterampilan baru.

Ketika kamu secara aktif mengejar sesuatu yang menarik minatmu, percikan kegembiraan cenderung akan  meredam perasaan galau yang kamu alami.

Apa itu Circle Pertemanan? Ternyata ada Manfaatnya, lho!

6. Ubah rutinitas

membaca buku

Cobalah terbuka terhadap peluang untuk mempelajari satu hal tiap hari, entah hal sekecil apa pun itu.

Cari informasi online untuk menemukan berita terkini, tonton film bersama teman, atau lakukan berbagai kegiatan lain.

Jika kamu terbiasa melakukan hal serupa setiap hari, coba tambahkan sedikit variasi di dalamnya. Misalnya, jika berkendara ke tempat kerja membosankan, cobalah ganti rutenya.

Jika biasanya makan siang sendiri di meja kerja, ajak rekan kerja untuk bergabung, atau lakukan perubahan lain yang masih nyaman untuk kamu lakukan. 

7. Bersih-bersih

Cara menyibukkan diri agar tidak galau lainnya adalah melakukan kegiatan bersih-bersih di rumah.

Kebersihan rumah atau ruang kerja mencerminkan keadaan pikiran seseorang. Jika rumah dan tempat kerja bersih, pikiran juga lebih tenang.

Coba rapikan lemarimu dan donasikan pakaian atau barang-barang layak yang sudah tidak kamu pakai kepada orang lain. Kamu juga akan merasa senang karena telah membantu seseorang. 

8. Ikut kegiatan relawan 

Aktif sebagai relawan dapat melahirkan jiwa sosial yang kuat dan memberi pengalaman yang berharga bagi diri sendiri. Banyak organisasi nirlaba yang memerlukan relawan.

Cari tahu tempat-tempat yang menarik minatmu, dan hubungi koordinator relawan untuk informasi lebih lanjut tentang bagaimana cara bergabung dengan organisasi tersebut. Ingatlah, lakukan semua secukupnya dan jangan terlalu membebani diri. 

Bukan Karena Galau, Ini Penyebab Detak Jantung Cepat Secara Medis

9. Olahraga secara rutin

olahraga

Aktivitas fisik adalah salah satu cara terbaik untuk tetap sibuk dan meningkatkan kesehatan mental.

Olahraga melepaskan endorfin, yang merupakan bahan kimia alami yang membuatmu merasa lebih baik dan dapat membantu mengatasi kesedihanmu.

Kamu tidak perlu melakukan latihan yang intens karena berjalan selama 30 menit pun bisa sangat membantu meningkatkan mood.

10. Meditasi

Coba luangkan beberapa waktu setiap hari untuk

mempraktikkan meditasi. dapat Dengan cara ini, kamu bisa mengurangi stres dan meningkatkan perasaan tenang di dirimu.

Ada banyak sumber yang tersedia untuk belajar meditasi, seperti aplikasi, video youtube, atau bahkan buku.

Nah, itulah beberapa cara menyibukkan diri agar tidak galau yang bisa kamu coba. Selamat mempraktikkan langkah-langkah di atas, ya!

Sapiosexual Adalah Ketertarikan Seksual Yang Unik, Ini Penjelasannya

Share artikel ini