solo travel
Gaya Hidup Hidup Sehat

Perempuan Yang Ingin Solo Travel Wajib Perhatikan 6 Hal Ini!

Imelda Rahmawati | April 11, 2022
Share

Apakah kamu pernah mengalami gagal liburan karena teman atau keluarga yang sibuk sehingga sulit untuk menentukan waktu berlibur? Padahal, liburan gak harus rame-rame, kamu juga bisa liburan sendiri alias solo travel.

Nah, sudah waktunya kamu solo travel nih. Apalagi jadwal cuti bersama dari pemerintah sudah diresmikan dan cukup banyak waktu buat kamu untuk bisa liburan. Liburan sendiri mungkin terdengar cukup ekstrem apalagi untuk kamu yang biasa pergi berlibur dengan orang lain. Padahal, solo traveling bisa menjadi kegiatan yang asyik dan banyak pengalaman baru yang akan kamu dapatkan.

Selama melakukan persiapan yang matang, liburan seorang diri juga aman, kok, bahkan untuk wanita.

Apa itu solo travel?

Seperti namanya, solo travel adalah kegiatan bepergian yang dilakukan seorang diri. Solo traveler adalah orang yang memulai perjalanan secara sendiri.

Ada 3 kategori dasar menjadi solo traveler, yakni:

  • Guided solo traveler. orang yang melakukan perjalanan secara terorganisir namun tidak mengenal siapapun sebelum tiba di destinasi tujuan.
  • Extrovert solo traveler. Seseorang yang melakukan perjalanan dengan penduduk sekitar dan senang berinteraksi dengan mereka.
  • Introvert solo traveler. Seseorang yang melakukan perjalanan seorang diri secara tenang dan tidak menjadikan interaksi dengan penduduk lokal sebagai tujuannya.

Tips solo traveling aman untuk wanita

Tidak bisa dipungkiri, liburan seorang diri memang harus lebih berhati-hati, apalagi untuk wanita. Bukan rahasia lagi jika wanita bisa menjadi sasaran empuk kejahatan saat bepergian ke tempat asing. Namun, tenang saja, beberapa tips berikut ini dapat membantu liburanmu tetap aman.

Jangan mudah percaya dengan orang baru. Di luar negeri, pencopet atau penipu dapat berpakaian dengan sangat rapi sehingga kewaspadaan kamu menjadi berkurang.

Menginap di tempat strategis. Ini akan memudahkan kamu untuk ke rumah sakit atau kantor polisi untuk mendapatkan bantuan.

  • Hindari membawa barang berlebih.
  • Hindari menggunakan perhiasan yang mencolok atau berlebihan.
  • Sembunyikan barang berharga di dalam tas.
  • Bangun komunitas dan pertemanan. Kamu bisa bergabung ke grup traveller di media sosial. Ini akan memudahkan kamu untuk mendapatkan tips dan teman sebagai local guide.

Kegiatan solo travel untuk wanita

Liburan seorang diri bukan hanya menjadi pengalaman yang menarik bagi wanita, namun juga seru karena ada berbagai kegiatan menarik yang bisa dilakukan, seperti:

1. Foto-foto

Saat mengunjungi tempat baru, ada banyak hal menarik yang bisa dijumpai. Baik itu pemandangan alam, arsitektur kota yang memikat atau tempat-tempat indah yang sayang jika tidak diabadikan.

Kamu bisa berpuas hati untuk berfoto di banyak tempat yang kamu inginkan. Selain itu, kamu juga tidak perlu terburu-buru berpindah tempat karena harus melanjutkan perjalanan bersama teman.

2. Kuliner

Ada banyak makanan yang bisa kamu cicipi, ada banyak restoran, cafe, bahkan tempat makan menarik dengan menu lezat yang bisa kamu pilih. Kamu bisa mencoba berbagai makanan lokal sesuai selera tanpa perlu khawatir tak cocok dengan selera orang lain, karena kamu melakukan liburan seorang diri.

3. Cari suvenir

Kurang lengkap rasanya jika tidak membeli suvenir sebagai oleh-oleh untuk teman atau keluarga. Apalagi, kali ini kamu melakukan solo travel. Setiap destinasi wisata memiliki souvenir khas nan unik, misalnya ketika kamu bepergian ke luar negeri penduduk sekitar biasanya menjual miniatur landmark terkenal, seperti Menara Pisa atau Eiffel.

4. Jalan kaki

Jalan kaki bisa menjadi kegiatan seru ketika solo traveling. Kamu akan melihat pemandangan indah, melewati bagunan yang cantik, sampai mencoba street food yang menggiurkan. Selain itu, ini juga bisa menjadi cara berhemat ketika liburan.

5. Ikut festival

Salah satu kegiatan menarik yang sayang untuk dilewatkan adalah melihat festival setempat. Beberapa negara bahkan memiliki festival tahunan, salah satunya adalah Jepang.

Ada berbagai festival yang rutin dilakukan setiap tahunnya, seperti festival Awa Odori, Sendai Tanabata Matsuri, Aomori Nebuta Matsuri dan festival lainnya. Festival tersebut bukan hanya indah, tapi kamu juga bisa melihat budaya setempat. Ini bisa menjadi pengalaman menarik yang takan terlupakan.

Hal yang harus diperhatikan saat solo traveling

Berikut beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat hendak melakukan solo travel:

  • Pastikan kondisi tubuh benar-benar fit karena kamu akan melakukan perjalanan seorang diri.
  • Rencanakan perjalanan dengan baik, dari mulai akomodasi, konsumsi, transportasi dan biaya tak terduga.
  • Pilih penginapan di daerah yang ramai untuk memudahkan kamu menemukan transportasi, makanan dan belanja di malam hari.
  • Pastikan barang yang akan dibawa sesuai dengan kebutuhan dan destinasi wisata yang akan dikunjungi.
  • Simpan barang penting di tempat yang aman.
  • Siapkan semua dokumen penting yang dibutuhkan.

Perlengkapan solo traveling untuk wanita

Tentu saja perlengkapan solo travel seorang wanita akan berbeda dengan pria. Tergantung dari cara liburan kamu, ingin backpacker atau membawa koper, berikut sejumlah perlengkapan yang diperlukan wanita saat solo traveling, yakni:

  1. Pembalut untuk jaga-jaga jika selama liburan ternyata menstruasi kamu datang. Pembalut juga sangat penting karena siapa tahu kamu bepergian ke tempat dengan akses yang cukup sulit ke supermarket.
  2. Perlengkapan mandi dan skincare. Meskipun kamu akan menginap di hotel berbintang saat solo travel, sebaiknya kamu membawa perlengkapan mandi dan skincare kamu sendiri. Menjaga kondisi kulit tetap baik dan tidak iritasi selama berlibur sangat penting. Tenang saja, saat ini sudah cukup banyak skincare dengan kemasan travel yang mungil dan mudah dibawa.
  3. Alat perlindungan diri. Saat bepergian seorang diri, akan lebih baik jika kamu melindungi diri dengan beberapa alat. Kamu bisa membawa pepper spray, gantungan alarm, atau self defense keychain.
Reference
Share